Senin, 24 Agustus 2015

Solusi Memperbaiki Motor Mati Mendadak Saat Panas dan Penyebabnya


Motor Mati Mendadak
Penyebab Motor Mati Mendadak
Banyak hal yang menyebabkan kenapa motor mati mendadak saat panas, dan mungkin salah satu kendaraan anda mengalami hal yang serupa tiba-tiba terjadi hal demikian disaat sedang mengendarai sepeda motor. Dan setiap yang mengalami kendaraan mereka mati mendadak, langsung panik dan bingung bertanya apa yang menyebabkan terjadinya motor mati mendadak saat panas dan apa solusi untuk memperbaikinya?

Melalui Bengkel sepeda motor kali ini, saya akan jelaskan kepada sobat apa hal-hal yang menyebabkan motor mati mendadak dan tentunya setiap jenis kendaraan bermotor berbeda-beda jenis permasalahannya, tetapi kalau kita mengetahui secara detail kemungkinan penyebabnya maka sangat gampang untuk mengetahui solusi untuk memperbaikinya sekaligus mencegahnya.

Seperti yang saya jelaskan diatas ada beberapa hal yang perlu diperiksa disaat motor mati mendadak saat panas antara lain;


1. Kekurangan Oli
Kekurangan oli ini disebabkan karena kendaraan tersebut sering jalan jauh yang menyebabkan terjadinya uap panas yang bisa mengakibatkan oli bisa keluar melalui pori-pori endapan mesin.
penyebab kekurangan oli berikutnya karena lemahnya piston ring yang mengakibatkan motor mengeluarkan asap putih melalui knalpot (motor 4T) sehingga Busi dibasahi oleh oli mesin dan kemungkinan Busi tidak tahan lama dan akibatnya mesin makan oli dan otomatis olinya kurang terus sehingga disaat mengendarai kendaraan pada temperatur panas mengakibatkan mati mendadak bahkan bisa mengakibatkan ngejem.

2. Pengapian lemah
kemungkinan kedua motor mati mendadak saat panas adalah ada salah satu pengapian yang lemah, menurut pengalaman saya pengapian yang sering lemah atau tidak tahan panas adalah spool apinya melemah sehingga disaat mesin pada posisi panas langsung mati secara tiba-tiba ini diakibatkan spool tersebut sudah dimakan usia atau bisa juga diakibatkan oleh spoolnya ada yang cacat sehingga beradu api antara yang satu dengan yang lainnya, cara ngeceknya adalah coba langsung periksa kabel hitam list merah dari spool bawah, caranya tempelkan ke bagian mesin kabelnya dengan sambil memutar mesin dengan cara mengengkol, di situ langsung terbukti apakah ada api atau tidak.
Kemungkinan kedua dari pengapian adalah CDI, ini juga sering Rawan jika posisi motor mati mendadak saat panas, jadi langsung cek benar-benar kondisi kuat tidaknya CDI tersebut.
Kalau Koil kemungkinan sangat kecil karna menurut pengalaman saya jika diantara dua yang saya jelaskan tadi tentang lemah tidaknya pengapian masih posisi bagus maka jika juga permasalahnnya belum ketemu yang diakibatkan pengapian otomatis Palak busi mungkin longgar atau basah atau bisa jadi sudah rusak dan jika posisinya bagus maka jangan panik lagi langsung Tukar Busi yang baru.

3. Saluran Bahan bakarnya
Kemungkinan ketiga jika motor mati mendadak saat panas ini diakibatkan karena Saluran bahan bakar bensin yang masuk ke karburator terjadi penyumbatan sehingga minyak tidak lancar, ini diakibatkan karena ada kotoran dibagian selang minyak yang mengaliri bensin ke karburator sehingga minyak masuk tidak normal atau bahkan tidak mengalir.
Dan kemungkinan kedua adalah adanya kotoran dalam karburator, ini biasanya kotoran tersebut berasal dari tangki minyak motor, sehingga bisa mengakibatkan jarum spuyer dalam karburator tersumbat dan motor bisa mati mendadak karena tidak normalnya proses perjalanan minyak yang dari karburator tersebut.

Dari ketiga jenis permasalahan tersebut kalau sudah diproses setiap tahap saya yakin kendaraan motor mati mendadak saat panas dapat di atasi dengan mudah dengan mengetahui penyebabnya seperti yang saya jelaskan diatas.

Solusi untuk memperbaiki motor mati mendadak saat panas


Sebetulnya saya mengatakan gampang atau mudah disaat motor mati mendadak saat panas, tetapi dengan catatan setelah mengetahui penyebab seperti yang saya jelaskan diatas mengenai proses pemeriksaan pada tiga poin yang saya jelaskan, misalnya:


1. Kekurangan Oli, setelah mengetahui olinya berkurang langsung beli oli di bengkel sparepart motor untuk mengganti oli atau menambah oli sebelum ada perbaikan lebih lanjut ke bengkel sepeda motor.

2. Pengapian lemah, setelah mengetahui salah satu pengapian seperti yang saya uraikan diatas terbukti itu yang lemah, langsung ganti dengan membeli alat yang baru.

3. Saluran bahan bakarnya, ini memiliki proses yang agak rumit tetapi terkecuali yang membaca postingan saya ini sudah biasa servis karburator, jadi coba cek benar-benar selang saluran minyak yang masuk ke karburator kalau ada kotoran yang tersumbat coba dibersihkan, tetapi kalau penyakitnya di karburator mohon dibawa kebengkel terdekat, karena cara memperbaiki karburator sangat sensitif bisa-bisa kalau salah kita memperbaikinya bukan tambah bagus malah tambah rusak. saya bukan.

Inilah yang bisa saya jelaskan tentang solusi cara memperbaiki motor mati mendadak saat panas mudah-mudahan bermanfaat bagi setiap pembaca!!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.  

26 komentar:

  1. Motor saya sering mati jika perjalanan jauh.di bengkel karbu'y udah di bersihin,busi udah di ganti,saluran bahan bakar sudah di cek bahkan bensin sudah di kuras dan di ganti sama yg baru pertamax.pada saat motor mogok saya buka busi danpengapian bagus.
    Kira2 apa'y lagi ya?tolong info'y

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya, ganti motor anda dengan yang baru, hehe

      Hapus
    2. pengalaman sy ada di CDI ... panas mati diganti CDI dah kgk lg..

      Hapus
    3. sumpah mmg benar sy jg alamin panas mati ganti cdi baru sdh tak mati2 lg

      Hapus
  2. yang ketinggalan belum di kontrol Olinya mas uknown, kemungkinan tinggal sedikit, dan thx mas arman telah memberi solusi lainnya, Salam kenal!!

    BalasHapus
  3. Pulsar saya pada saat di gas pos kenapa mati? Lalu say tekan kopling langsung nyala lagi. Knpa itu ya bro?

    BalasHapus
  4. Pulsar saya pada saat di gas pos kenapa mati? Lalu say tekan kopling langsung nyala lagi. Knpa itu ya bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo pulsar emg ada limiter nya gan, ketika dia ada di rpm yg sudah rawan dengan putaran mesin melebihi kapasitas dia akan mati dengan sendiri nya..
      Salam P180

      Hapus
    2. Klo pulsar emg ada limiter nya gan, ketika dia ada di rpm yg sudah rawan dengan putaran mesin melebihi kapasitas dia akan mati dengan sendiri nya..
      Salam P180

      Hapus
  5. Gan udah ganti sdi ,sma sepul tapi masih suka macet apa solusinya

    BalasHapus
  6. Tolong solusi. Motor ane motor vega r. Udah pakai kopling, karbu pe28.
    Motor saya pada saat mesin udah panas meati mendadak, sewaktu diengkol hidup kembali

    BalasHapus
  7. Pada prinsipnya, kalo bensin ketemu api di ruang bakar ya meletus. Jadi kemungkinan2 diantara 2 itu, bensin tidak lancar atau pengapian tidak lancar.
    Bensin tidak lancar, bisa mulai dr tangki kotor, filter kotor, karbu tersumbat, injector tersumbat, dan relay atau fuel pump bermasalah.
    Sedang listrik pengapian tidak lancar, bisa mulai dari aki lemah/drop, pengisian aki tidak bagus (cek dinamo) jg bikin aki lemah, coil bermasalah, kabel busi yg sudah tinggi ohm-nya, distributor (cdi) bermasalah, sampai terakhir busi.

    Harus dicek, step by step.

    BalasHapus
  8. di LEM BIRU aja / lempar yang lama ganti yang baru

    BalasHapus
  9. motor mio sya lajunya tersendat sendat dan stlh itu matii..
    trus d kick stater,pas d turunin dri stndr 2 lngsung mati ..
    tpi klw pas d stndr dua lncar d diemin jg ttp hidup ..
    apa nya ya ?
    mnta bntuanya

    BalasHapus
  10. mas minta tolong ,knpa mtor saya ga mau jalan padahal mesin normal putaran iddlenya pun sesuai.
    apakah kekurangan bensin salah satu penyebabnya?

    BalasHapus
  11. Mas bro.. saya pake cbr 150 old,kalo udah panas mati trs di tunggu 10 menit bisa nyala lg.. n kadang mati lg .. apa y penyakitny ?

    BalasHapus
  12. Biasanya mesin panas lalu mbrebet dan mati kemungkinannya adalah spol dan cdi

    BalasHapus
  13. Punten bade naros kang, abi gaduh satria 2tak nahnya ga idup pengapiannya naik turun kang

    BalasHapus
  14. Motor fu injeksi sy mati mendadak pada kondisi stanby sehabis d stater. Klau d gas gak mati, tp klau dk d gas langsung mati. Tmpt service resmi y kata y dk ada mslh. It gmn?

    BalasHapus
  15. Motor fu injeksi sy mati mendadak pada kondisi stanby sehabis d stater. Klau d gas gak mati, tp klau dk d gas langsung mati. Tmpt service resmi y kata y dk ada mslh. It gmn?

    BalasHapus
  16. Om...mohon bantuannya kenapa ko motor mio gt ane ko kalo di bawa jarak jauh sering ngadat² ya

    BalasHapus
  17. motor saya jupiterz,kalo panas tiba tiba mati,tg dingin2 baru nyala lagi.karbu-busi udah cek bagus.solusi guru.mkasih

    BalasHapus
  18. om mau tanya nih,suzuky sky drive ane awalnya nyala tapi lama kelamaan mesin brebet trus tiba2 pengapian hilang,dan gk bisa nyala lg,tapi klo udh adem bisa nyala lagi,kira2 apanya ya om minta pencerahannya.trims

    BalasHapus
  19. oh iya om awalnya dr lampu depan sering putus trus,lalu tiba2 hilang peñgapiannya

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!