Rabu, 26 Oktober 2016

Penyebab Motor Mati Langsung Saat Dimasukkan Gigi 1


Bengkel sepeda motor – Jika anda ingin mengetahui penyebab motor mati langsung saat dimasukkan gigi 1, sangat tepat pencarian anda dan telah menemukan blog ini karena melalui blog ini saya akan berikan penjelasan yang benar untuk mengetahui penyebab motor mati langsung saat dimasukkan gigi satu. Saya yakin setiap pengendara sepeda motor dan tidak menutup kemungkinan bagi setiap mekanik bengkel sepeda motor pasti akan merasa panik dan bingung jika kendaraan sepeda motor setelah dihupin dan dimasukkan gigi 1, ternyata langsung lompat dan mati, sehingga akan mempersulit untuk kita bisa jalankan kendaraan tersebut pada posisi sempurna seperti biasanya.

Penyebab Motor Mati Saat Dimasukkan Gigi 1
Penyebab Motor Mati Saat Dimasukkan Gigi 1
Dan sebenarnya, penyebab motor mati langsung saat dimasukkan gigi 1 ini terjadi pada motor kopling manual yang masih memiliki kopling ganda pada kendaraan bermotor. Saya yakin jika ini terjadi pada kendaraan anda tentunya lucukan, karena tidak ada angin tidak ada hujan, eh…. Tau-taunya kejadian deh… yang tidak diduga-duga saat kita masukkan gigi 1 langsung lompat dan mati.
Saya yakin setelah membaca artikel ini, tidak akan terkejut lagi karena saya akan beritahukan penyebab motor mati langsung saat dimasukkan gigi 1 pada motor Honda, Yamaha, Suzuki, dan pasti anda temukan jawabannya yang tepat disini.

Di bawah ini nantinya, saya akan bahas satu per satu penyebab motor mati langsung saat dimasukkan gigi 1 pada setiap kendaraan anda, dan sekaligus cara pemeriksaan dan juga cara memperbaikinya. Sebab sesuai pengalaman saya, setiap motor ada perbedaan permasalahan dan ada perbedaan dalam proses memperbaikinya terkhusus pada penyebab motor mati langsung saat dimasukkan gigi 1.


Penyebab dan Proses Mengetahui Kerusakan Motor Mati Langsung Saat Dimasukkan Gigi 1 Pada Jenis Motor.



Jenis Motor Honda.
Jenis motor Honda yang mengalami kejadian motor masuk gigi 1 langsung mati adalah A Star, A Prima, Grand, Supra, Legenda, Surpra Fit, Karisma, Supra X 125 dan semua permasalahan pada penyebab motor mati langsung saat dimasukkan gigi 1 sama dan jawabannya pun hanya satu dan semua berlaku pada motor Honda tersebut yaitu terletak pada bagian komponen alat motor yang ada dikopling ganda.
Kemungkinan kerusakannya antara lain:



  • Kopling ganda sudah lengket duluan ke manggkok sprocket kopling ganda, yang artinya tidak ada selah prei saat belum kita masukkan gigi 1, kopling ganda tersebut tidak berfungsi secara normal seakan-akan seperti sedang kita memakai motor yang memakai kopling tangan. Jadi jangan bingung, langsung buka bak kopling motor tersebut dan periksa kopling ganda motor tersebut lengket atau tidak, jika lengket, maka coba perbaiki Ya, usahakan setelah di kunci Mur pengunci sprocket kopling luar harus ada prei salah satu mangkok sproketnya.
    Penyebab Motor Mati Saat Dimasukkan Gigi 1
    Penyebab Motor Mati Saat Dimasukkan Gigi 1
  • Per sepatu kopling ganda yang tiga, salah satunya ada yang lepas atau putus. Kemungkinan ini bisa dilakukan jika tahap poin nomor 1 masih bagus.
  • Jadi intinya, penyebab motor mati langsung saat dimasukkan gigi 1 pada motor Honda terletak pada kopling gandanya dan jawabannya adalah tersebut diatas. Jangan ragu lagi untuk memperbaikinya karena itulah penyebabnya.

Jenis Motor Yamaha.
Jenis motor Yamaha yang mengalami kejadian motor mati langsung saat dimasukkan gigi 1 adalah Crypton, Vega, Jupiter, Vega zr dan semuanya sama permasalahannya pada penyebab motor mati langsung saat dimasukkan gigi 1.
Kemungkinan kerusakan yang terjadi sama seperti penjelasan di jenis motor Honda diatas dan ditambah dengan kemungkinan masalah lainnya adalah cage & pin dowel & boss mangkok kopling ganda(otomatis kopling ganda), sesuai pengalaman saya, yang sering terjadi masalahnya adalah pada cagenya atau plastic kedudukan kacang-kacang kopling ganda hancur. Mohon diperiksa di bagian kopling gandanya saja dang anti alat yang rusaknya.

Jenis Motor Suzuki.
Jenis motor Suzuki yang mengalami kejadian motor mati langsung saat dimasukkan gigi1 adalah RC 100, Tornado, Shogun R, Smash, Shogun 125 manual, semua penyebabnya sama dan proses pemeriksaan dan juga memperbaikinya sama persis seperti jenis motor Yamaha diatas.

Semua yang saya jelaskan diatas, tidak akan ada peluang penyebab yang lain kerusakan jika terjadi motor anda, karena penyebab motor mati langsung saat dimasukkan gigi 1 sesuai pengalaman saya itulah penyebabnya dan itulah proses menemukan permasalahannya.

Artikel lain yang mungkin dapat membantu anda, telah saya persiapkan, antara lain:
1. Cara Membuka dan Memasang Kampas Kopling Motor Honda Bebek 
2. Cara Pasang Rantai Keteng Motor Honda Astrea Grand
3. Penyebab Motor Berasap Putih

Demikianlah informasi ini, mudah-mudahan dapat membantu anda dalam menemukan jawabannya dan juga memperbaikinya kembali tentang penyebab motor mati langsung saat dimasukkan gigi 1, apabila artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk beritahukan informasi ini kepada yang lainnya.

Selamat Mencoba dan mempraktekkannya.

4 komentar:

  1. Kopling megapro sy tiba2 lengket setelah sy parkir beratapkan langit selama satu bulan. Tadinya sangat normal, apalagi baru ganti kabel kopling set.
    Mungkin harus di bongkar dulu ya..

    BalasHapus
  2. Bro,, motor saya satria Fu 2011 setiap pagi setelah di panasin mo jalan masuk gigi 1 loncat mati tp kalo sdah sekali kaya gitu ga lagi. Setiap pagi pasti masalahnya gitu trus tu knapa ya?
    NB sdah ganti kampas kopling

    BalasHapus
  3. kenapa kopling motor turbo saya kalo handle kopling di lepas ga mati sama gigi 3 selip

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!