Selasa, 20 Oktober 2015

Penjelasan Ganti Ring Piston Motor 4 Tak Secara Lengkap



 Ring Piston Motor 4 Tak
Cara Ganti Ring Piston Motor 4 Tak
Pada dasarnya semua jenis motor pasti memiliki Ring Piston, untuk itu melalui artikel saya kali ini, saya akan memberikan Penjelasan ganti ring piston motor 4 Tak secara lengkap, supaya bagi setiap yang mau memasang ring piston mengerti dan memahami tentang bagaimana cara yang sebenarnya untuk memasang ring piston pada motor tersebut.

Sebelum saya memberikan penjelasan ganti ring piston 4 tak secara lengkap ada hal-hal yang perlu di ketahui terlebih dahulu sebagai bengkel sepeda motor yaitu bahwa prinsip kerja mesin motor 4 tak sama prinsip kerjanya mesin pada mobil hanya saja yang membedakannya adalah jumlah silinder yang di gunakan, dan prinsip kerja mesin 4 tak (4 langkah) dapat di ketahui seperti berikut:
  • Langkah isap (Suction Stroke), yang artinya katup masuk terbuka, katup buang tertutup, yang mana kita harus ketahui bahwa piston bergerak dari ttitik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB).
  • Langkah Kompressi (Compression Stroke), yang artinya katup masuk dan katup buang tertutup atau dengan kata lain piston bergerak dari TMB ke TMA.
  • Langkah usaha (Power Stroke), yang artinya katup masuk dan katup buang masih tertutup atau dengan kata lain piston bergerak dari TMA ke TMB.
  • Langkah Buang (Exhaust Stroke), yang artinya katup masuk tertutup dan katup buang terbuka atau dengan kata lain piston bergerak dari TMB ke TMA. itulah secara ringkas pengertian prinsip kerja motor 4 tak atau 4 Langkah pada proses kerja mesinnya.
Ring piston Set pada motor 4 tak ada 5 (lima) lapis antara lain 2 ring tebal, 1 ring cacing dan 2 ring tipis, penjelasan tentang arti ring ini antara lain:
  • Ring piston tebal pada motor 4 tak, ada dua jenis, yang Pertama ialah Ring kompressi 1(satu) ciri-cirinya: agak tebal, warnanya hitam kelabu dan pada pinggir ring sebelah luar berwarna putih dan sekaligus pada ujung ring terdapat tanda merk 1N/1T atau 1R, dan ini di posisikan pemasangannya paling teratas di parit piston. Dan Ring Kedua ialah Ring kompressi 2(dua) ciri-cirinya: agak tebal, warnanya hitam kelabu polos dan pada ujung ringnya terdapat tanda merk 2N/2T atau 2R, dan pemasangan ring ini di parit piston urutan kedua.
  • Satu Ring Oli dan 2 Ring tipis pada motor 4 tak, ring oli bentuknya seperti ulir atau seperti cacing dan ini di pasang di bagian tengah antara ring tipis yang dua dan pemasangannya di parit piston urutan terakhir atau paling bawah sekali.
Sekarang kita masuk pada penjelasan ganti ring piston motor 4 tak secara lengkap, karena saya yakin akan semakin mudah pemahamannya setelah saya jelaskan tentang prinsip kerja mesin motor 4 tak dan juga tentang arti ring piston motor 4 tak dan juga susunan sewaktu pemasangannya secara berurutan.

Penjelasan Ganti Ring Piston Motor 4 Tak Secara Lengkap pada Cara Pasang Yang Benar


Untuk mempersingkat waktu saya langsung jelaskan, antara lain:
  • Lingkaran ring piston pada motor 4 tak membentuk 360 derajat dan pada setiap ujung ring tersebut terputus sambungan dengan tujuan supaya ada kemudahan disaat memasang pada piston, karna kalau tidak terputus sambungannya maka bukan Ring Piston motor namanya, HAHAHAHAHA.
  • Karena Ringnya Memiliki sambungan yang terputus, inilah yang perlu di perhatikan tentang bagaimana cara yang benar memposisikan letak ring piston dengan mengetahui jarak antara satu dengan yang lainnya.
  • Diantara ring yang akan di pasang ke Piston harus memiliki jarak yang seimbang, dan jarak ring piston antara satu dengan yang lainnya adalah 72 derajat, tujuannya adalah supaya memiliki ketahanan yang akurat pada sepeda motor tersebut dengan mempersulit Oli bisa tembus langsung yang mengakibatkan motor berasap, itulah tujuan yang paling utama pada jarak ring piston yang saya uraikan ini. Untuk Penjelasan lebih detail tentang jarak ring pada piston lihat gambar di bawah ini:

Jarak Ring Piston Motor 4 Tak
Penempatan jarak ring piston motor 4 tak
Demikianlah penjelasan ganti ring piston motor 4 tak secara lengkap dengan pengaturan jarak antara yang satu dengan yang lainnya, semoga bermanfaat bagi setiap pembaca dan terlebih pada setiap yang seprofesi dengan saya.
Sekian dan Selamat mencoba.

5 komentar:

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!