Senin, 12 September 2016

Cara Yang Benar Mengganti Oli Mesin Dan Oli Gardan Motor Matic


Ini adalah cara yang benar mengganti oli mesin dan oli gardan motor motic yang dapat menjadikan motor kesayangan anda tetap awet dan tahan lama, panduan ini sangat terbukti hasilnya karena ini adalah trik yang saya lakukan sejak saya memiliki kendaraan bermotor matic sejak tahun 2009 hingga saat ini, saya mengakui bahwa kendaraan saya tersebut hingga saat saya menulis artikel ini tidak ada saya rasakan kelemahan dan kekurangan pada motor matic saya karena saya selalu menerapkan cara yang benar mengganti oli mesin dan oli gardan motor matic sesuai dengan panduan di bawah ini.

Cara Mengganti oli mesin motor matic
Dan sebelum saya lebih lanjut menjelaskan tentang cara yang benar mengganti oli mesin dan oli gardan motor matic, ada baiknya saya memberitahukan bahwa untuk mengganti oli motor matic saran yang baik menurut pengalaman saya jangan melewati jarak tempuh lebih dari 1500KM dan bila mesin anda ingin selalu awet dan tahan lama dalam mengendarainya , saya menyarankan untuk mengganti oli mesin motor pada saat mencapai jarak tempuh 1200KM. Dan pada oli gardan motor matic usahakan jika sudah mencapai jarak tempuh 2500Km harus ganti, karena jika kita terlambat mengganti oli gardan pada jarak tempuh seperti yang saya jelaskan diatas, maka akan berakibat suara gigi transmisi gardan belakang akan berubah suaranya seperti suara dengung atau seperti suara nangis. Dan sesuai pengalaman yang saya alami dilapangan adalah jika kita normalkan suaranya kembali dan kalau hanya salah satu gigi transmisi tersebut kita ganti maka kemungkinan peluang untuk sempurna seperti semula jarang balik normal dengan catatan baru bisa normal kembali setelah gigi transmisi tersebut kita ganti komplit. Untuk itu mohon selalu di control tentang oli mesin dan oli gardan ini ya!! Jangan sampai terlambat menggantinya sesuai dengan ukuran pasti jarak tempuh yang telah saya jelaskan diatas.

Baiklah, melalui "Bengkel sepeda motor" kali ini, akan menjelaskan secara lengkap dan mudah dipahami serta gampang penerapannya pada motor anda secara pribadi walaupun anda tidak mahir tentang bengkel motor yang saya rangkum sesuai judul artikelnya adalah cara yang benar mengganti oli mesin dan oli gardan motor matic.

Penjelasan lengkap tentang cara yang benar mengganti oli mesin dan oli gardan motor matic


Ini adalah urutan kerja cara yang benar mengganti oli mesin dan oli gardan motor matic yang dapat membuat motor matic anda selalu awet dan tahan lama, antara lain:


    Cara mengganti oli gardan motor matic
  1. Sebelum anda membuka baut tutup oli bawah matic dan juga baut tutup oli bawah gardan, ada baiknya motor matic tersebut dikondisikan dalam keadaan dingin, karena ada banyak kelemahan yang sering terjadi jika kita buka baut tersebut dalam posisi mesin panas, kelemahannya adalah baut tutup oli mesin dan oli gardan pada umumnya kepala baut bisa dol dan drat/suri di bak mesin bisa rusak dan akibatnya jika kita pasang kembali baut oli bawah mesin dan gardan tidak akan kencang lagi disaat kita kunci kembali, dan kemudian jika dalam posisi masih mesin panas kita langsung ganti oli tentu saja oli yang masih ada di bagian kepala silinder dan di sela-sela gi mesin belum sempat mengalir kebawah secara keseluruhan. Jadi saran saya mohon dinginkan dulu mesin minimal satu jam setelah di pakai kendaraan tersebut.
  2. Setelah satu jam buka baut tutup oli mesin dan juga baut tutup oli gardannya, setelah itu biarkan beberapa jam supaya oli secara keseluruhan keluar.
  3. Mohon jangan di semprot, apalagi memakai kompressor, karena jika angin kompressor terlampau lama di tabung kompressor kebanyakan mengandung air yang dihasilkan dari embun dalam tabung kompressor tersebut.
  4. Setelah 2 jam paling tidaknya, pasang kembali baut tutup pembuangan oli mesin bawah dan juga baut tutup pembuangan oli gardan bawah, dan sebetulnya sesuai yang saya lakukan di motor matic saya yaitu saya buka malam dan isi oli baru pada pagi hari sebelum saya memakai kembali kendaraan tersebut.
  5. Dengan melakukannya sesuai yang saya uraikan diatas, maka perawatan motor anda terkhusus pada cara yang benar mengganti oli mesin dan oli gardan motor matic telah sukses anda lakukan dan saya yakin motor anda akan selalu awet dan tahan lama.
Demikianlah cara yang benar mengganti oli mesin dan oli gardan motor matic kesukaan anda, dan untuk sobat semua, saya kembali bertanya, bagaimana menurut anda tentang artikel ini, apakah kira kira bermanfaat? Jika ini bermanfaat silahkan beritahukan cara ini kepada yang lain dan tidak menutup kemungkinan jika ada komentar anda, silahkan menyampaikannya, karena saya senang berbagi ilmu. Artikel judul lain yang telah saya ulas penjelasannya ada di bawah ini, jangan lupa membacanya ya, antara lain:
1. penyebab sekaligus cara memperbaiki oli mesin motor yang tidak naik ke kepala silinder
2. Perawatan motor matic yang baik dan benar agar tetap awet dan prima
3. Penyebab motor berasap putih khusus 4 tak dan cara memperbaikinya
4. Cara memasang stiker motor yang mudah, baik dan benar

Harapan saya, artikel tentang cara yang benar mengganti oli mesin dan oli gardan motor matic yang saya buat ini mudah-mudahan bermanfaat bagi setiap pembaca.

Terimakasih, dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!