Jumat, 07 Agustus 2015

Solusi dan Cara Memperbaiki Sepeda Motor yang Mogok


 Cara Memperbaiki Sepeda Motor Yang Mogok
Cara Memperbaiki Motor Mogok
Tips Bengkel sepeda motor yang saya rekomendasi untuk sobat ialah Jika sobat mengalami kejadian motornya secara tiba-tiba mogok disaat sedang berjalan ataupun disaat baru kita hidupkan tetapi tidak ada tanda-tanda untuk hidup, saya akan memberikan tips jitu bagaimana Cara memperbaiki sepeda motor yang mogok,  ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu: pembakaran, pengapian, kompresi, ketiga hal ini menjadi rumus jitu hidupnya suatu kendaraan apapun dan mesin apapun juga, karna kalau salah satu tidak berfungsi maka otomatis sepeda motor sobatpun saya jamin tidak akan hidup dan hal ini juga bisa di terapkan pada mesin-mesin yang lain.

Sesuai pengalaman saya, disaat orang yang mengendarai kendaraan sepeda motor secara tiba-tiba mogok di tengah jalan ataupun di rumah, mereka langsung kebingungan dan panik karena mereka tidak tau apa penyebab motor bisa mogok, dan pada umumnya tidak mengerti bagaimana cara memperbaiki sepeda motor yang mogok tersebut sehingga tanpa mencoba untuk menghidupkan kendaraan tersebut mereka langsung membawa kendaraan mereka ke bengkel sepeda motor terdekat untuk memperbaikinya.

Untuk itu melalui artikel saya ini, akan saya jelaskan kepada sobat tentang tips yang harus dilakukan jika mengalami kejadian sepeda motor sobat mogok dan bagaimana cara memperbaiki sepeda motor yang mogok tersebut dan tips ini juga berlaku pada setiap yang memiliki usaha bengkel sepeda motor.

Oke kita langsung saja pada penjelasan lebih lengkap di bawah ini tentang cara memperbaiki sepeda motor yang mogok dan hal apa saja yang perlu diperhatikan!!

Tiga alternatif motor bisa mogok dan bagaimana cara memperbaiki sepeda motor yang mogok tersebut


Seperti yang saya jelaskan diatas ada tiga hal yang perlu diperhatikan pada saat memeriksa sepeda motor yang mogok, antara lain:

1. Pembakaran
Kendaraan bermotor untuk bisa hidup harus memiliki pembakaran, dan bahan bakar yang dipakai adalah bahan bakar minyak yaitu Bensin dari Pertamina, Kalau di tangki motor sobat ada bahan bakar lanjutkan dengan pemeriksaan saluran bahan bakar yang mengalir ke karburator, seandainya lancar salurannya lanjutkan ke pemeriksaan karburatornya, dalam arti servis karburatornya siapa tau ada kotoran, masuk air atau ada jarum spuyer dalam karburator yang tersumbat.

2. Pengapian
Setiap Kendaraan bermotor pasti memiliki pengapian, dan pada jalur pengapian tersebut seperti Motor jenis (Honda Astrea Grand, Supra, Win, GL Pro, Revo lama yang bodynya ramping, Tiger 2000 Lama), Motor Jenis (Suzuki Jet Collet/RC, Tornado, Satria 2T) dan Motor jenis (Yamaha Fiz R, Crypton, Vega R Lama, RX King) kita harus mengawali pemeriksaan pengapiannya mulai dari Spull/Stator Assy, dan warna kabel dari spull tersebut wana hitam-merah kalau apinya ada berarti bagus tetapi kalau tidak ada berarti spullnya rusak. Jika pengapian dari spull ada kita teruskan untuk memeriksa jalur api yang keluar dari CDI, jika motornya Honda warna kabelnya hitam-kuning, jika motornya Suzuki warna kabelnya Orange dan jika motornya Yamaha warna kabenya juga orange, coba di cek api kabelnya tersebut siapa tau itu yang rusak, dan jika jalur pengapian dari CDI Bagus lanjutkan dengan memeriksa api keluar dari COIL, kalu juga bagus terakhir cek BUSInya dan saya yakin kalu semuanya bagus dan normal maka pengapian bukan permasalahan pada mogoknya suatu kendaraan bermotor. Catatan untuk di ingat jangan sampai lupa untuk memeriksa kunci kontaknya. 
Dan seperti Motor jenis Honda Kharisma, Supra X 125, GL Pro Revo absolut, Revo Fit, Blade, Neotech, Mega Pro New, New Mega Pro, Jenis Honda Matic dan seluruh jenis motor Honda yang baru mulai dari keluaran tahun 2011 ke atas, Motor jenis Suzuki Shogun, Smash, Shogun 125, Thunder, FU,, Axelo, jenis suzuki Matic dan seluruh jenis motor suzuki yang baru mulai dari keluaran tahun 2007 ke atas, dan Motor jenis Yamaha Vega R New, Jupiter, Vega ZR, Scorpio, Vixion, jenis Yamaha Matic dan seluruh jenis motor Yamaha yang baru mulai dari keluaran tahun 2006 memiliki perbedaan sistem pengapiannya, perbedaannya terletak pada Spull/Stator Assy, Fungsi spull pada motor ini hanya membantu pengecasan pada aki yang di transfer melalui Kiprok/Regulator dengan catatan motor ini tergantung pada bagus tidaknya Aki/Batree, Warna kabel spull yang mentrasfer api ke kiprok adalah Putih dan untuk Lampu warna Kuning (semua motor sama warna kabelnya), Kalau Kabel warna putih dari spull setelah di periksa bagus pengapiannya maka kita lanjut ke Kiprok/Regulator, kita cek warna kabel Merah yang ada di colokan Kiprok, kabel merah ini yang berfungsi untuk ngecas Aki, Kalau ada periksa Akinya bagus atau tidak dan kalau semuanya bagus sampai pemeriksaan terhadap Aki maka selanjutnya untuk pemeriksaan berikutnya seperti CDI, COIL, BUSI, dan Kunci Kontak sama proses pemeriksaanya seperti  yang saya jelaskan diatas. Dan catatan untuk Motor Yamaha Matic Mulai dari Pengeluaran Yamaha MIO J Dan Matik Yang Baru sekarang ini Aki usahakan Bagus dan Kuat untuk Stater karna pada motor ini sangat berpengaruh Aki untuk Bisa hidup.

3. Kompresi
Ini berbicara tentang Mesin Kendaraan Bermotor, Dimana Kompresi ini adalah penentu terakhir jika pemeriksaan sobat pada Poin Pertama dan poin Kedua semuanya Bagus. Hal yang harus diperiksa pada kompresi adalah setelah kita membuka Busi pada kendaraan kita, coba tutup lubang busi dengan jari telunjuk kita kemudian di stater/engkol, kalau tendangan kompresinya kuat berarti mesinnya tidak bermasalah, tetapi kalau lemah berarti salah satu alat mesin kita ada yang rusak. ada beberapa kemungkinan Kompresi kendaraan kita lemah adalah kekencangan stelan klep, bocor klep, Bengkok klep, Piston ring lemah dan otomatis bawalah motor anda ke bengkel sepeda motor terdekat untuk memperbaikinya.

Demikianlah artikel tips Bengkel sepeda motor tentang cara mengetahui kerusakan kendaraan kita di saat mogok dan jangan lupa untuk membaca artikel tentang Cara memperbaiki Motor injeksi semoga bermanfaat.

Terimakasih dan Salam Sukses

27 komentar:

  1. admin saya punya mtr smas.kalo nanjak suka gk kuat.trs langsung ngampos dan mogok...udh d bwa kbengkel resmi ny....v masih ga kuat...kira2 apanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu di bawa ke bengkel resmi, apa yang di perbaiki atau alat apa yang sudah di tukar mas? karena ada beberapa kemungkinan permasalahannya mas.

      Hapus
    2. berikut kumpulan-kumpulan artikel yang menarik disini:

      Hapus
  2. Bos sya punya motor suzuki tornado tapi sering betul ganti busi! Kira2 apanya yg perlu diperbaiki tu bos?

    BalasHapus
  3. Bos sya punya motor suzuki tornado tapi sering betul ganti busi! Kira2 apanya yg perlu diperbaiki tu bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa kemungkinan kelemahannya mas
      1 Minyak terlalu boros jadi mohon di setting jarum gassnya untuk di iritin sedikit.
      2 Oli samping terlalu besar, jadi mohon di iritkan sedikit.
      3 Piston ringnya sudah lemah, biasanya suara mesin kasar dan agak susah hidup kalau mesin dingin dalam arti kompressi mesin sudah tidah padat.
      4 stelan angin karburator terlampau kedalam pada umumnya jika salah mengatur stelan angin maka minyak boros dan otomatis makan busi, dan terakhir
      5 Pengapian tidak normal / lemah.
      itulah salah satu kemungkinan yang rusak mas, coba di cek kembali diantaranya!

      Hapus
    2. mas. saya punya motor suzuki smash, itu kalau saya isi bensin selalu menetes alias gak keluar mas..itu kira2 apa yg harus diganti mas?

      Hapus
    3. mas. saya punya motor suzuki smash, itu kalau saya isi bensin selalu menetes alias gak keluar mas..itu kira2 apa yg harus diganti mas?

      Hapus
  4. malam mas , saya punya thunder 125 masih bisa jalan , namun permasalhannya , oli yang selalu keluar dari body mesin , apakah mas bisa menangani dan memperbaikinya , sebab cape juga di ganti paking fullset tapi masih kaya gitu juga bocor2 terus olinya , kalau bisa diperbaiki juga bagian dalam mesin biar enak laju jalanya trim

    BalasHapus
  5. Saya punya revo fit mesin mbrebet dan busi pecah pas motor. Nanjak

    BalasHapus
  6. Mlm mas sya punya mtor honda revo fit mesin mbrebet busi baru pas nanjak budi langsung pcah knapa

    BalasHapus
  7. thx info nya bisa belajar banyak nih dari post nya :D

    sbobet judi bola indonesia

    BalasHapus
  8. Saya punya motor grand pak, apa penyebab settingan angin karburatornya tidak berfungsi, maksud saya.. biasanya kan kalau kita putar sekrupnya searah jarum jam, mesinnya kan akan mati, tapi ini tidak pak.. padahal mutarnya udah sampai mentok..

    BalasHapus
  9. Mau info tindak lanjut Gan.
    Karisma 125D sudah 3 bulan tidak jalan dan sekarang susah untuk diengkol, tolong pencerahan gan. Oil. Benson dn Busi kayak semuanya arti kata sebelumnya 3 bulan tersebut sudah di ganti

    BalasHapus
  10. malam mas... sya punya motor shogun 125 RR, tpi sering mogok pada saat mesinnya kepanasan, setelah suhu mesinnya kmbli normal trus bisa nyala lagi tpi stlh lama kelamaan dalam perjalanan mogok lagi. klu di priksa businya masih oke

    BalasHapus
  11. Bos.. saya memiliki honda win 2004, jika dinaiki pas tanjakan terasa agak berat dan pindah gigi terasa ngleler.. gimana solusinya

    BalasHapus
  12. Bos.. saya memiliki honda win 2004, jika dinaiki pas tanjakan terasa agak berat dan pindah gigi terasa ngleler.. gimana solusinya

    BalasHapus
  13. Mas motor saya smash titan smua udh ganti baruu tapi kok masih gak ada api nya ya kira2 permasalhn nya di mana mas

    BalasHapus
  14. Saya punya motor honda kirana susah dihidupkan terus kalau sudah hidup gak mau di gas langsung mati terus kalau hidup dihidupkan dalam keadaan rpm tinggi menghasilkan panas berlebih sampai2 kenalpot merah menyala padahal pengapian dan kompresi bagus kira2 permasalahan apa ya mas

    BalasHapus
  15. Mas mau tanya, motor sy suzuki shohun 125 fi injeksi, kendalanya kalau lampu motor sy dinyalakan mesin langsung mati, sen ga kedip dan lampu redup, sy coba tanya ke bengkel resmi kata mekanik nya itu spull nya yg kena, dan harga spull nya lumayan mahal jg sekitar 430rb blm termasuk ongkos pasang, kira2 bener ga ya itu yg kena spull nya? trims sblmnya

    BalasHapus
  16. Mas mau tanya, motor sy suzuki shohun 125 fi injeksi, kendalanya kalau lampu motor sy dinyalakan mesin langsung mati, sen ga kedip dan lampu redup, sy coba tanya ke bengkel resmi kata mekanik nya itu spull nya yg kena, dan harga spull nya lumayan mahal jg sekitar 430rb blm termasuk ongkos pasang, kira2 bener ga ya itu yg kena spull nya? trims sblmnya

    BalasHapus
  17. Minta solusinya bang,saya punya motor yamaha FizR pengapiannya tetap ada dibusi walaupun posisi starter kontaknya off. Mohon solusinya bang!!!thanks

    BalasHapus
  18. Mas mau tanya, saya punya sepeda motor suzuki jetcooled.sayangnya tiap digenjot mau dipakai selalu susah, harus dibongkar dulu karburatornya.d iutak atik baru nyala, utk lampu depan,lampu sign masih oke. Starter mati Krn aki mati.trimakasih

    BalasHapus
  19. berikut kumpulan-kumpulan artikel yang menarik disini:

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Berikut ini adalah kumpulan kumpulan artikel menarik disini:

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!