Sabtu, 01 Agustus 2015

Cara Memulai Usaha Bengkel Sepeda Motor Yang Tepat


 Usaha Bengkel Sepeda Motor
Contoh Usaha Bengkel Sukses
Melalui Blog Bengkel sepeda motor kali ini saya akan menjelaskan Tips yang perlu dipahami untuk memulai usaha bengkel sepeda motor, Dimana kita melihat semakin banyaknya penduduk indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor, ini merupakan peluang terbaik untuk Pembisnis usaha bengkel sepeda motor, karena tidak dapat dipungkiri orang yang mengendarai sepeda motor lebih banyak dari pada orang yang mengendarai mobil, dan mungkin saja bisa kita membandingkannya di lingkungan sekitar kita orang lebih banyak memiliki kendaraan sepeda motor karena harganya lebih murah dan terjangkau di kalangan masyarakat pada umumnya dibandingkan dengan harga mobil, jadi seperti keterangan saya diatas tadi bahwa Usaha bengkel sepeda motor sangat bagus untuk dijadikan bagi yang mau membuka usaha.

Karena banyaknya pengguna sepeda motor, menjadi ide terbaik bagi sobat yang ingin membuka usaha yaitu usaha bengkel sepeda motor, karena setiap orang yang memiliki kendaraan sepeda motor pasti suatu saat kendaraan tersebut mengalami kerusakan ringan maupun kerusakan berat, dan tentu saja para pengendara sepeda motor mencari Bengkel sepeda motor untuk memperbaikinya dan otomatis yang memiliki usaha bengkel motor disanalah kendaraan mereka di perbaiki.

Untuk itu melalui postingan saya ini, saya akan uraikan kepada sobat tips untuk memulai usaha Bengkel sepeda motor supaya tidak salah melangkah dalam memulainya karena tanpa kita mengetahui hal-hal yang perlu dipahami dalam menjalankan usaha bengkel sepeda motor. Dan untuk mempersingkat waktu dibawah ini saya akan berikan penjelasan secara mendetail tentang hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuka usaha bengkel sepeda motor.

Tips atau hal-hal yang perlu dipahami untuk membuka usaha bengkel sepeda motor


Ada beberapa hal yang perlu sobat tahu disaat memulai usaha bengkel sepeda motor supaya lancar dan berkembangan pesat antara lain:


1. LOKASI, MARKET & KOMPETITOR.
Lokasi adalah salah satu penentu lancar tidaknya usaha bengkel sepeda motor, untuk itu usahakan cari lokasi yang bagus dengan catatan bisa dengan mudah di jangkau oleh masyarakat atau konsumen dan masyarakat di daerah tersebut banyak memiliki kendaraan sepeda motor.
Market/Calon pelanggan,
Usaha Bengkel sepeda motor ada tiga jenis untuk mengetahui market/calon pelanggan yaitu usaha bengkel sepeda motor resmi, usaha bengkel sepeda motor umum dan usaha bengkel sepeda motor tune up. penjelasannya antara lain:
  • Usaha bengkel sepeda motor resmi
Untuk usaha bengkel sepeda motor resmi, keterangan lebih lanjut dapat menghubungi kantor service center merk yang diinginkan seperti Dealer Honda, Dealer Yamaha, Dealer Suzuki dan Dealer Kawasaki ini bisanya kita akan diminta syarat-syarat tertentu tergantung perusahaan pemberi lisensi.
  • Usaha bengkel sepeda motor umum
Untuk usaha bengkel sepeda motor umum adalah usaha bengkel sepeda motor yang terkhusus pada pengguna motor biasa, yang pada umumnya  penyedia pelayanannya adalah service standar, penggantian sparepart dan perbaikan kecil.
  • Usaha bengkel sepeda motor Tune up
Untuk usaha bengkel sepeda motor Tune up adalah spesialis usaha bengkel sepeda motor yang memodifikasi motor menjadi tidak standar, biasanya ini tergantung permintaan pelanggan untuk merubah kecepatan/akselerasi motor, memiliki sasaran market yang lebih sempit, untuk market ini biasanya posisi atau tempat lokasi tidak berpengaruh atau strategis, karena pelanggan pada usaha bengkel sepeda motor Tune up ini biasanya didapat dari promosi mulut ke mulut.
Kompetitor/Persaigan, hal yang perlu di perhatikan jika memulai usaha bengkel sepeda motor adalah tentang berapa banyak pesaing yang telah membuka usaha bengkel sepeda motor di daerah lokasi tersebut itulah yang disebut kompetitor atau dengan kata lain usaha bengkel sepeda motor yang sudah ada di sekitar lokasi rencana investor membuka bengkel harus di selidiki. Jadi sebagai investor harus mempunyai visi dan misi untuk berebut pelanggan dengan kompetitor pada saat menjalankan usaha bengkel sepeda motor tersebut.

2. TEKNISI dan MANAJEMEN BENGKEL
Seandainya sudah kita perhatikan hal-hal yang saya sebutkan tentang tips usaha bengkel sepeda motor di poin pertama berikutnya adalah sobat harus harus menentukan kualitas teknisi, karena ibarat rumah makan, teknisi adalah koki, jadi kualitas teknisi pada usaha bengkel sepeda motor salah satu yang dapat menentukan masa depan usaha bengkel sepeda motor kita, ini tentu kita harus bisa memuaskan konsumen dalam hal fasilitas pelayanan. Manajemen bengkel dalam pengertian yang luas adalah menentukan pelayanan dan kenyamanan pelanggan, kerapian bengkel, administrasi usaha bengkel sepeda motor, dan sebagainya. Hal ini perlu dipersiapkan, terutama untuk administrasi keuangan bengkel, yaitu tentang menentukan biaya jasa yang akan dikenakan untuk pelanggan, perkiraan target pemasukan, sistem gaji, dan sebagainya. Sehingga anggaran dan target investasi / waktu modal kembali dapat diperhitungkan secara keseluruhan pada usaha bengkel sepeda motor yang sedang kita jalankan.

3. PERALATAN & PERLENGKAPAN KERJA
Tentang Usaha bengkel sepeda motor, tahap ini yang paling sering dibicarakan dan dipertanyakan, tetapi pada postingan saya sebelumnya telah diuraikan mengenai peralatan usaha bengkel sepeda motor hal ini dijadikan tahap yang paling akhir pada pemahaman usaha bengkel sepeda motor, karena untuk suatu investasi, yang paling penting adalah pada tahap pertama dan kedua. Mengingat saat ini banyak sekali pilihan jenis, merk dan kualitas peralatan usaha bengkel sepeda motor, untuk itu saya sarankan bagi investor pemula yang akan terjun pada usaha bengkel sepeda motor untuk memilih peralatan basic/standar terlebih dahulu. Untuk mengetahui peralatan dan perlengkapan kerja lebih rinci, dapat menghubungi  toko toko peralatan yang terbaik di tempat sobat supaya di kemudian hari investasi pada usaha bengkel sepeda motor dinilai berhasil, baru melakukan penambahan/penggantian peralatan yang sudah dimiliki. Sehingga dapat menghemat anggaran untuk peralatan bengkel pada usaha bengkel sepeda motor yang sedang ditekuni.

Jangan lupa untuk membaca tentang artikel berikutnya yang berkaitan dengan usaha bengkel sepeda motor, antara lain:
1. Tips Tentang Peralatan bengkel Sepeda Motor
2. Tips Tentang Manajemen Bengkel Sepeda Motor
3. Tips Tentang Nama Alat dan Harga Peralatan Bengkel Sepeda Motor
4. Tips Tentang kursus Gratis Bengkel Motor

Demikian postingan Tips dan hal-hal yang perlu diperhatikan atau dipahami  untuk membuka usaha Bengkel sepeda motor, dan berikutnya saya akan uraikan tentang proposal usaha bengkel sepeda motor, selamat membaca dan semoga bermanfaat bagi yang mau menjalankan bisnis usaha bengkel sepeda motor.

Terimakasih dan salam sukses.

9 komentar:

  1. Mantap gan sangat membantu bagi yang mau buka usaha bengkel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih telah meluangkan waktu membacanya, semoga bermanfaat ya gan

      Hapus
    2. Bagi rekan2 yang mau buka usaha bengkel motor atau toko sparepart motor silahkan kunjungi www.usahabengkelsparepartmotor.com

      Hapus
  2. buat yang ingin usaha bengkel, ada aplikasi untuk management biar rapih dan ga sulit, murah lagi. bisa lihat di http://www.adiputra.web.id/produk/aplikasi-pos-untuk-bengkel/

    BalasHapus
  3. buat yang ingin usaha bengkel, ada aplikasi untuk management biar rapih dan ga sulit, murah lagi. bisa lihat di Aplikasi Bengkel

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!