Jumat, 07 Agustus 2015

Petunjuk dan Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok


 Cara memperbaiki motor injeksi yang mogok
Cara Memperbaiki Motor Injeksi Mogok
Melalui Blog ini saya akan tunjukkan Rahasia Bengkel sepeda motor kepada sobat ialah Setiap Motor pasti suatu saat Mogok dan tidak terkecuali pada motor sistem injeksi, untuk itu melalui artikel saya kali ini saya akan memberitahukan cara memperbaiki motor injeksi yang Mogok, supaya dapat membantu sobat untuk menghidupkannya kembali sebagai alternatif sebelum kita memperbaikinya di bengkel sepeda motor terdekat. Dan sesuai pengalaman saya(montir) dalam usaha bengkel, tidak semua bengkel yang bisa mengatasi motor injeksi yang mogok, saya bukan takabur atau sombong tetapi memang kenyataan di lapangan yang membuat saya untuk bisa menyimpulkannya.

Sebelum saya menjelaskan kepada sobat bagaimana cara memperbaiki motor injeksi yang mogok, ada hal yang perlu saya jelaskan bahwa motor sistem injeksi di indonesia sudah menjamur dan sangat digemari oleh masyarakat pada umumnya, karena motor dengan sistem injeksi ini memang memiliki keunggulan diantaranya adalah irit bahan bakar dan ramah lingkungan karena sistem kerja mesin injeksi yang terdapat dalam mesin motor tersebut memang di buat dengan teknologi yang canggih dan juga desain yang sangat membuat setiap pecinta kendaraan bermotor langsung jatuh cinta jika melihatnya dan terlebih lagi banyak keunggulan-keunggulan lainnya yang membuat kita untuk harus memilikinya, untuk itu saya tidak heran jika banyak yang menggemari motor dengan sistem injeksi ini.

Ada beberapa kemungkinan bila motor sistem injeksi sobat mogok atau tidak bisa hidup, dan banyak kejadian yang saya alami pada motor injeksi ini dan tentu  tidak heran lagi jika motor injeksi anda tiba-tiba mogok atau tidak bisa hidup dan terlebih lagi jika mengalami kondisi gas yang tidak stabil saat mengendarainya, dan jika terjadi hal seperti ini pada motor injeksi sobat jangan langsung Bingung atau panik karena pada saat ini saya akan memberitahukan apa penyebabnya terjadinya dan bagaimana Cara memperbaiki motor injeksi.

Untuk mempersingkat waktu di bawah ini saya akan jelaskan kepada sobat semuanya cara memperbaiki motor injeksi yang tiba-tiba mogok atau kondisi gas yang tidak stabil.


Penyebab dan cara memperbaiki motor injeksi yang Mogok


Ada beberapa hal yang harus di periksa jika motor injeksi anda Mogok antara lain:
1. Aki.
Hidupnya motor sistem injeksi memiliki ketergantungan pada Kuat tidaknya pengapian dari aki, karena tanpa aki atau akinya lemah maka motor injeksi tersebut tidak bisa hidup, untuk itu periksa aki motor injeksi anda tetapi jika tiba-tiba mendadak mogok karena tidak berfungsi aki sama sekali coba diperiksa penghubung skring mungkin bisa jadi skringnya putus atau alternatif lain yaitu kunci kontaknya, itulah cara jika permasalahannya di aki. tetapi setelah di perbaiki pengapian dari aki tersebut tidak berfungsi juga maka akinya minta di ganti atau bawa ke bengkel sepeda motor terdekat.

2. Minyak.
Penyebab berikutnya yang sering terjadi mogoknya motor sistem injeksi adalah terjadinya penyumbatan pada bagian mesin terutama pada bagian filter injektor, injektor dan filter mesin. Penyumbatan ini terjadi akibat adanya penumpukan kotoran pada mesin sehingga menyebabkan aliran bensin ke ruang bahan bakar menjadi tidak lancar dan inilah yang membuat motor injeksi sobat kondisinya tidak stabil pada waktu di Gas atau mengendarainya. Cara memperbaiki motor injeksi yang kasusnya seperti ini adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian-bagian mesin tersebut. Bukalah mesin motor dan cek bagian tersebut jika benar terdapat kotoran pada bagian-bagian tersebut maka kotoran tersebut harus dibuang. Pembuangan kotoran ini harus dilakukan dengan hati-hati yaitu menggunakan bensin dan injektor cleaner yaitu dengan cara disemprotkan atau dengan mengguncang mesin dengan cairan tersebut hingga kotoran yang mengganggu mesin dapat dikeluarkan. Jika kotoran sudah keluar dari mesin maka pasang kembali rangkaian mesin tersebut dan masalah mesin injeksi motor ini pun teratasi,  usahakan jangan sampai salah metode kita karena kalau terjadi kesalahan bukan jadi bagus malah tambah Rusak, kalau sudah berusaha masih juga tidak hidup maka bawalah ke bengkel sepeda motor terdekat.

Artikel yang mungkin bermanfaat, telah saya siapkan dan jangan lupa membacanya, antara lain:
1. Perawatan motor matic yang baik dan benar agar tetap awet
2. Cara mengganti oli mesin dan oli gardan yang benar
3. Petunjuk cara menyetel klep dengan dua cara sesuai kondisi motor

Catatan bagi pengendara sepeda motor sistem injeksi, jika motor anda mogok atau Rusak atau terlebih memperbaiki sepeda motor berkelanjutan setelah kita sudah mencoba beberapa cara seperti yang saya uraikan di atas, pesan saya bawalah ke bengkel Resmi karena mereka memiliki peralatan yang lengkap, sebab motor mesin injeksi memiliki bagian-bagian tertentu yang memang sangat sensitif sehingga jika tidak dilakukan dengan hati-hati maka dapat merusak mesin.

Demikianlah artikel tentang cara memperbaiki motor injeksi yang mogok atau rusak yang saya jelaskan dalam blog Bengkel sepeda motor, semoga bermanfaat bagi setiap pembaca.

Terimakasih dan salam sukses

9 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya gan.... artikelnya sangat bagus dan sangat membantu...
    ST3Telkom

    BalasHapus
  2. This is a very good site.for more visit
    http://YouthToEarn.com/?ref=590844

    BalasHapus
  3. terimakasih sangat membantu wow pokokelah

    BalasHapus
  4. Nih boleh tambah referensi buka Blogger ane http://tipsmotorinjeksingadat.blogspot.com/2016/08/tips-menangani-motor-injeksi-ngadat.html
    Itu yang saya alamin selama 3thn pke mtor injeksi

    BalasHapus
  5. Motor injeksi saya berebet2 kalou digas mati Dan susah hidup apa apa penyebabnya

    BalasHapus
  6. blog ini sangat bagus detail dan gampang di di mengerti mksh

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!