Senin, 12 September 2016

Penyebab dan Cara Menambah tenaga/Kecepatan Motor Honda Bebek 4 Tak Yang Lemah Seperti Supra, Supra Fit dan Astrea Grand


Ini merupakan penjelasan lengkap yang dapat mengarahkan setiap yang mau menambah ilmu tentang Penyebab dan cara menambah tenaga atau kecepatan motor Honda bebek 4 tak yang lemah seperti supra, supra fit dan astrea grand, dan cara yang saya uraikan ini merupakan cara yang sering saya lakukan jika ada motor yang lemah tenaganya dan saya lakukan seperti uraian di bawah ini, jujur saya katakan tidak ada cara lain yang di tutup-tutupin di sini karena saya memang bermaksud supaya setiap pemula yang baru memulai usaha bengkel dan terlebih menjadi mekanik handal dapat mengatasi permasalahan setiap kendaraan konsumen tentang tenaga atau kecepatan motor yang tenaganya lemah.

Penyebab dan Cara Menambah tenaga motor yang lemah
Tentu, anda bertanya terlebih dahulu, bagaimana cara mengetahui kalau motor Honda bebek supra, supra fit dan astrea grand positif di katakan lemah? Saya yakin itu pertanyaan yang benar karena bagaimana kita dapat mengetahui tentang kelemahan dan kerusakan pada tenaga motor sedangkan artikelnya tentang cara menambah tenaga atau kecepatan motor. Berarti anda tidak salah baca sekarang, karena melalui Bengkel sepeda motor kali ini akan memberitahukan juga tentang bagaimana cara mengetahui tentang motor tersebut dalam kondisi tenaga lemah, dan juga bagaimana cara menebak secara pasti kalau kerusakannya itu.

Untuk mengetahui tentang penyebab kerusakan pada tenaga motor yang lemah khususnya motor honda bebek supra, supra fit dan astrea grand maka begini cara mengetahuinya, antara lain:



1. Usahakan untuk pemeriksaan yang pertama dilakukan adalah coba hidupkan motornya jangan di gas, kemudian lihat posisi hidupnya dalam keadaan langsam, jika normal hidupnya berarti bukan disitu permasalahannya dan jika suara mesinnya agak pincang berarti itu salah satu yang harus kita benarkan dan sebetulnya hal ini tidak terlalu banyak pengaruhnya pada tenaga motor, hanya saja untuk pemeriksaan lebih lanjut perlu di setting karburator atau klepnya di stel supaya bisa normal pada posisi langsam.

2. Setelah kita sudah normalkan suara motor tersebut pada posisi langsam, maka kelanjutan pemeriksaannya adalah pada saat motor sedang dicagak dua, Coba digas motor tersebut pada posisi rpm tinggi, jika suaranya plong berarti bukan itu penyebab kelemahan pada tenaga motor tersebut, tetapi jika posisi di gas tinggi dan suaranya merepet maka salah satu penyebabnya adalah karburator kotor, filter hawa banyak debu, pengapian ada yang lemah dan kebanyakan pada umumnya businya sudah mulai lemah atau mati.

3. Jika pada saat di gas tinggi dan suaranya tidak merepet  dengan arti suaranya plong dan bagus maka cara pemeriksaan selanjutnya tenang mengetahui kelemahan pada tenaga motor tersebut adalah tes bawa jalan. Jika pada saat dibawa kendaraan tersebut tenaganya nahan dan melemah walaupun digas tinggi maka ada dua kemungkinan permasalahannya yang merupakan penyebab lemahnya tenaga motor tersebut antara lain Kain kopling dan kopling gandanya.

Untuk lebih lanjut tentang cara mengetahui apakah kain koplingya atau kopling gandanya yang rusak yang diakibatkan tenaga motor tersebut lemah, memang inilah permasalahan yang umum terjadi, untuk itu sengaja saya pisahkan penjelasan detail tentang poin nomor tiga ini di bawah ini.

Proses selanjutnya tentang penyebab dan cara menambah tenaga atau kecepatan motor Honda bebek 4 tak yang lemah seperti supra, supra fit dan astrea grand.


Tentu sekarang kita masuk pada pembahasan poin nomor 3 yaitu cara mengetahui salah satu kelemahan atau keduanya pada saat motor tersebut kita tes bawa jalan tetapi tenaganya lemah atau nahan walaupun posisi sudah kita gas tinggi dan seperti yang telah saya jelasakan diatas bawah ada dua kemungkinan permasalahan yang ada sehingga dapat mengakibatkan tenaga motor tersebut lemah antara lain:


A. Kain Kopling
Cara mengetahui kalau yang menjadikan penyebab motor kita tersebut lemah tenaganya khususnya tentang rusak tidaknya kain kopling adalah
1. Pada saat kita bawa jalan dengan posisi kecepatan kendaraan +40 km/jam ke atas tetapi tenaganya tidak nambah
2. Suaranya tinggi tetapi tenaganya hilang/nahan
3. Suaranya meraung
4. Perubahan pada bahan bakar minyak yang semakin boros
5. Mesin cepat panas

Jika itu yang terjadi pada motor anda yang menyebabkan lemah tenaga motor anda, maka jangan pikir lama lagi, segera ganti kain koplingnya. Kain kopling untuk motor Honda bebek 4 tak seperti supra, supra fit dan astrea grand ada 4 keping kain koplingnya dan sama bentuknya untuk jenis motor ini.

B. Kopling Ganda
Cara mengetahui kalau yang menjadi penyebab motor kita tersebut lemah tenaganya khususnya tentang rusak tidaknya kopling ganda adalah:
1. Pada saat masuk gigi satu dan dibawa jalan, ini belum ketahuan ya!!
2. Pada saat masuk gigi porsneling di dua disitu baru jelas apalagi jika masuk pada gigi tiga dan empat sangat jelas.
3. Pada saat sedang jalan dan masuk gigi dua dan turun gas dan kemudian kita gas kembali tidak langsung ngangkat tenaganya justru ngeraung dan seperti kehabisan bensin kayak nyendat-nyendat tetapi bukan karena habis bensin ya.
4. Apalagi jika pada gigi tiga dan gigi 4 tambah parah ngaungnya dan seperti nyendat-nyendat gitu deh.
5. Minyak boros
6. Mesin cepat panas

Jika hal demikian yang terjadi pada motor anda dan tenaganya lemah maka segera ganti koling gandanya ya. Untuk kopling ganda jenis motor supra dan astrea grand sama sedangkan untuk kopling ganda pada motor supra fit berbeda tetapi kopling gandanya sama dengan Honda astrea legenda.

Itulah cara mengetahui penyebab dan cara menambah tenaga/kecepatan motor  Honda bebek 4 tak yang lemah seperti supra, supra fit dan astrea grand, mudah-mudahan penjelasan ini dapat membantu anda pada proses pemeriksaan baik tentang penyebab dan juga cara menambah tenaga motor tersebut. Saya juga telah menulis artikel tentang cara yang benar mengganti oli mesin dan oli gardan motor matic, jangan lupa untuk membacanya ya!!

Bagaimana menurut anda tentang penyebab dan cara menambah tenaga/kecepatan motor Honda bebek 4 tak yang lemah di artikel ini??, jika ini bermanfaat silahkan bagikan informasi ini kepada yang lain dan jika ada komentarnya silahkan melalui link yang telah saya sediakan ya!!
Demikianlah artikel tentang penyebab dan cara menambah tenaga/kecepatan motor Honda bebek 4 tak yang lemah, sampai jumpa di lain kesempatan.

Terimakasih.

2 komentar:

  1. Bang Zega jelasin donk knp motor suzuki smash dari gigi 2 tiba tiba prei,sangat berbahaya bang.malu juga di lampu merah tiba tiba meraung raung.di tunggu ya bang zega.

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!