Minggu, 11 September 2016

Cara Naik Motor Kopling Di Jalan Tanjakan, Di Jalan Penurunan dan Di Jalan Datar.


Ini adalah Cara naik motor kopling di jalan tanjakan, di jalan penurunan dan di jalan datar yang merupakan cara yang benar mengendarai motor kopling supaya motor kopling yang kita kendarai  tahan lama, awet dan tetap stabil pada saat mengendarainya dan juga melalui blog ini saya akan tunjukkan cara belajar naik motor kopling bagi pemula.

Naik Motor Kopling
Melalui "Bengkel sepeda motor" kali ini, sengaja memberitahukan cara naik motor kopling ini karena sesuai dengan survey yang ada bahwa di Negara tercinta Indonesia dari sabang sampai merauke sangat pesat beredarnya di tanah air dan saya mengakui banyak yang menggemari motor kopling ini karena setiap orang yang mengendarainya terlihat sangat garang dan juga gagah berani. Tetapi walaupun motor kopling sudah lama beredar di Indonesia, tetapi saya yakin masih banyak yang belum memahami secara benar bagaimana cara mengendarai motor kopling tersebut sesuai dengan kondisi di perjalanan, baik di jalan tanjakan, di jalan penurunan dan di jalan datar dan terlebih lagi jika masih ada yang belum mengerti cara mengendarai motor kopling di bawah ini juga saya akan jelaskan cara belajar motor kopling dengan mudah dan benar.

Tentu saya garis bawahi disini, jika dalam posisi mengendarai motor kopling tidak sesuai dengan penjelasan yang saya uraikan dibawah ini nantinya, maka hati-hati karena kendaraan bermotor anda yang memakai kopling tangan tersebut akan secepatnya rusak dan tidak tahan lama, untuk itu, supaya motor kopling anda tetap awet, silahkan mengikuti petunjuk dibawah ini karena saya yakin anda tidak salah baca untuk mengetahui cara yang benar naik motor kopling baik pada saat tanjakan, saat penurunan dan juga di saat jalan datar.

Motor kopling yang sudah beredar di Indonesia pada umumnya adalah motor sport dan yang sudah mendarah daging di Indonesia adalah jenis motor sport  Honda, Yamaha, Suzuki dan kawasaki . Melalui artikel ini, saya tidak sebutkan lagi satu persatu nama-nama motornya karena saya yakin anda sudah bisa membedakan secara kasat mata tentang motor manual dan motor kopling dan untuk mempersingkat waktu, di bawah ini saya akan urutkan satu per satu tentang:

1. Cara belajar naik motor kopling
2. Cara naik motor kopling di jalan tanjakan
3. Cara naik motor kopling di jalan penurunan
4. Cara naik motor kopling di jalan datar.

Uraian Lengkap Cara Naik Motor Kopling dan Sekaligus Cara Belajar Naik Motor Kopling


Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut tentang cara naik motor kopling, ada baiknya terlebih dahulu saya akan jelaskan cara belajar naik motor kopling, karena tidak mungkinkan kita langsung mengendarai motor kopling sesuai dengan situasi jalan tanpa kita sudah mahir terlebih dahulu mengendarai motor kopling tersebut, untuk itu saya uraikan sesuai dengan urutan poin-poin diatas 1 s/d 4, antara lain:


1. Cara Belajar Naik Motor Kopling yang Benar.
    Gigi porsneling motor kopling
  • Dalam posisi urutan cara belajar naik motor kopling ini, saya sudah menganggap anda sedang berencana membeli motor kopling ya atau anda sudah membelinya tapi masih belum tau cara memakainya.
  • Jika motor kopling tersebut sudah anda punya, maka langkah pertama otomatis harus dihidupkan motornya dulu dong.
  • Setelah motor sudah hidup, tentu sekarang anda posisi naik di tempat spesial tempat duduk kendaraan bermotor
  • Sebelum kita masukan gigi porsneling, terlebih dahulu tekan kedalam tangkai kopling, biasanya tangkai kopling tersebut berada pada posisi stang stir sebelah kiri, maksud dari kita menekan tangkai kopling tersebut, supaya posisi kain kopling di mesin renggang dan otomatis kopling dalam posisi tidak berfungsi dan jika kita lepas tangkai kopling yang kita tekan tadi pada posisi normal, maka kain kopling berfungsi, dan saran saya hati-hati jika dalam posisi bebas tangkai kopling, karena jika kita masukkan gigi porsneling, motor akan jalan dan loncat dan kemungkinan kita akan jatuh terluka jika tidak siap. Hati-hati Ya….
  • Setelah kita tekan kedalam tangkai kopling maka selanjutnya masukkan gigi, kemudian gas pelan-pelan bersamaan dengan pelan-pelan melepas tangkai kopling yang telah kita tekan tadi, saya menyarankan tangkai koplingnya jangan sekaligus di lepas bebas, karena jika gas terlampau tinggi RPMnya maka motor tersebut akan loncat.
  • Pada saat melepas tangkai kopling yang kita tekan, usahakan Rpm Gasnya jangan terlampau tinggi dan jangan terlampau rendah, saran saya usahakan posisi rpmnya di amper motor tepat pada angka 10 di jarum rpmnya.
  • Dan jika semuanya sesuai dengan yang saya jelaskan diatas maka untuk naik motor kopling dan mengendarainya sudah siap berjalan.

Itulah cara belajar naik motor kopling yang memudahkan setiap pengendara terlebih bagi pemula yang ingin mengendarai motor kopling kesukaan anda.

2. Cara Naik Motor Kopling Di Di Jalan Tanjakan
Pada saat kita mengendarai kendaraan bermotor tentu jalan tidak selamanya datar pasti ada jalan tanjakan dan ada jalan saat penurunan, dan supaya motor tetap awet dan tahan lama, ada trik-trik mengendarainya, misalnya seperti pada saat naik motor kopling di jalan tanjakan, maka trik yang harus kita lakukan adalah pada saat sebelum jalan tanjakan dan mau menuju jalan tanjakan usahakan turunkan kecepatan kendaraan dengan sambil ngerem dan merendahkan gas, kemudian kurangi gigi porsneling dari gigi 5 ke 4, 4 ke 3 dan 3 ke 2, dan setelah itu pada posisi gigi porsneling di 2 maka lanjutkan perjalanan pada jalan tanjakan tersebut dan sesuaikan dengan keadaan,  jika tanjakan tidak terlampau tinggi maka bisa di tambah gigi tiga dan menurut saya itu bisa ketahuan pada situasi jalan, dengan catatan gas jangan di paksa Ya…., itulah cara yang benar dan membuat awet motor anda walaupun banyak jalan tanjakan di setiap perjalanan yang anda tempuh.

3. Cara Naik Motor Kopling Di Jalan Penurunan
Dan jika pada saat naik motor kopling di jalan penurunan, tentu beda caranya dengan naik motor kopling pada saat tanjakan. Cara naik motor kopling dijalan penurunan adalah usahakan posisi gigi porsneling di gigi terakhir, jika giginya ada 5 maka posisikan gigi tersebut di gigi 5, dan jika sudah berjalan kendaraan tersebut di penurunan maka saran saya bisa di lepas bebas tangkai koplingnya pada posisi normal, supaya kecepatan dapat terbantu menahan kecepatan motor. Dan jika jalan penurunan tersebut terlampau jauh maka untuk mengurangi kecepatan bisa di gigi 4 dan bahkan di gigi 3 dan saya mengharap, anda bisa sesuaikan dengan keadaan jalan. Dan jika terlampau nahan kecepatan kendaraan tersebut, boleh sekali-sekali menekan tangkai kopling dan melepaskannya lagi. Itulah cara terbaik naik motor kopling di jalan penurunan.

4. Cara Naik Motor Kopling Di Jalan Datar
Saya sengaja menjadikan urutan nomor terakhir tentang cara naik motor kopling di jalan datar, karena jika anda mengetahui trik dan cara naik motor kopling di jalan tanjakan dan juga di jalan penurunan maka tidak akan sulit lagi mengetahui bagaimana cara yang benar mengendarai motor kopling di jalan datar, karena sesuai dengan kebiasaan kita mengendarai motor kopling, maka saya yakin anda tidak susah lagi mengetahui triknya, hanya saja saran saya, jangan terlampau banyak di gantung tangkai koplingnya, karena akan mengakibatkan kampas kopling cepat habis dan efeknya tenaga motor anda akan berkurang dan lemah.

Okey sobat semua, itulah yang bisa saya uraikan tentang cara naik motor kopling dengan situasi perjalanan, Bagaimana menurut anda? Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada yang lainnya, dan harapan saya semoga bermanfaat bagi setiap pembaca. Saya Juga telah menulis artikel tentang cara menghidupkan motor supra atau honda yang rusak kunci kontaknya, jangan lupa membacanya ya!!

Demikianlah cara naik motor kopling di jalan tanjakan, di jalan penurunan dan di jalan datar, semoga dapa memberikan makna yang berguna bagi setiap pengendara motor kopling, baik yang sudah mengerti naik motor kopling dan terlebih bagi yang baru belajar naik motor kopling. 

14 komentar:

  1. Mau tanya pak, kalau di Turunan & Tanjakan rekomendasi pakai rem depan/belakang.?
    Mksih pak..

    BalasHapus
  2. Usahakan untuk menyesuaikan mas, kalau untuk aman dalam perjalanan harus lebih banyak difungsikan rem belakang karena akan stabil untuk memperlambat kecepatan dan tidak goyang kendaraannya saat di rem

    BalasHapus
  3. Untuk membuat poisisi netral, apa tangkai tuas dilepas atau ditekan? *Posisi motor dalam keadaan berhenti*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misal dari gigi 1 , jika dalam keadaan berhenti pasti kan ditekan tuas nya karena jika tidak mesin mati. Jadi sambil ditekan di naikkan setengah...

      Hapus
    2. Trima kasih brother Infonya

      Hapus
  4. Mas,klau lg diam ditanjakan cara nahan motornya gmna??

    BalasHapus
  5. cari aman sih tekan kopling sama rem depan lalu turun dan nyalakan mesinya lgi (kopling nya jangan dulu di lepas) pa. udah nyala baru lepas pelan pelan sambil gas..

    BalasHapus
  6. Om kalo mau ngejalani yang di lepas koplingnya dulu pelan2 sembari di gas apa gas dulu sembari melepas kopling, soalya sya belum mahir naik mtor kopling manual. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalamanku sih kalo ada dijalanan yang datar, biasanya aku lepas kopling dulu sedikit2 krn motor otomatis akan jalan dan sembari kita tarik gas juga pelan2 dgn Rpm diatas 10km/h biar mesin tetap hidup. Lebih aman lagi, biasakan bersamaan pas lepas kopling sama tarik gasnya untuk melatih feeling berkendara yang aman.

      Hapus
  7. Kalo lg keadaan macet, padat merayap, polisi tdr.. rekomendasi pke gigi brp ya.. mtr sya mati mulu setiap ngadepin area td? Soalnya sya bru pnya mtr kopling... trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat yg sudah mahir pki Gigi 1 dengan mainin gas & kopling serta dikondisikan dgn rem jk kecepatan terlalu tinggi, tp klu buat pemula pki 2 dgn mainin gas & kopling serta dikondisikan dgn rem jk kecepatan terlalu tinggi.
      Kenapa pki gigi 2 buat pemula ? karena gigi 1 hentakan kedepan lebih cepat dr pd gigi 2 ketika mulai awal motor berjalan, apalagi saat macet.

      Hapus
  8. Kalau turunan kopling pencet gak bang

    BalasHapus
  9. Saya biasa turusan menekan full kopling dan membiarkan motor saya ngeloyor... Apakah itu bisa merusak mesin??

    BalasHapus
  10. Cara tersebut dapat menghemat bbm

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!