Rabu, 07 September 2016

Penyebab Sekaligus Cara Memperbaiki Oli Mesin Motor Yang Tidak Naik Pada Bagian Atas Kepala Silinder


Hallo sobat semua...., anda tidak salah baca karena artikel ini akan membantu anda untuk mengetahui dengan lengkap penyebab sekaligus cara memperbaiki oli mesin motor yang tidak naik pada bagian atas kepala silinder, dan tentu saja saya sangat menghargai jika anda berhasil mengatasi dan sukses memperbaiki oli mesin yang tidak naik ke kepala silinder tetapi jangan berputus asa bagi yang belum berhasil mengetahui dan memperbaiki motor yang buntu oli mesin dan tidak bisa naik ke bagian klep atau ke kepala silinder motor tersebut, karena melalui blog "bengkel sepeda motor" kali ini akan memberikan pedoman yang sangat berarti untuk dijadikan panduan dalam mengatasi masalah tentang oli mesin yang tidak naik ke kepala silinder pada kendaraan bermotor dan saya yakin anda akan berhasil menyelesaikannya dengan hanya mengikuti apa yang saya uraikan nantinya di bawah ini.



Jenis Pompa Oli Motor
Tentu sebelum saya lanjutkan untuk mengetahui penyebab sekaligus cara memperbaiki oli mesin motor yang tidak naik pada bagian atas kepala silinder, ada yang perlu saya garis bawahi bahwa setiap mekanik bengkel sepeda motor memiliki kelebihan dan juga kekurangan dalam memperbaiki kendaraan bermotor dengan catatan ada yang bisa hal yang satu dan belum tentu dia bisa memperbaiki permasalahan yang lainnya pada kendaraan tersebut, tetapi ada juga yang memang benar-benar sudah master dalam reperasi motor dan selalu sukses dengan kata lain mekanik tersebut telah menguasai ilmu perbengkelan dari segala segi permasalahan kendaraan bermotor yang ada.

Seperti salah satu permasalahan pada oli mesin motor yang tidak naik pada bagian atas kepala silinder, mungkin bagi para mekanik yang sudah master, pasti dengan mudah mengetahui penyebab yang ada dan apalagi cara memperbaikinya, tetapi kemungkinan bagi sobat yang masih awam menjadi mekanik motor dan apalagi jika baru belajar bengkel, jangan patah semangat, sebab saya akan tunjukkan dibawah ini ilmunya.

Baiklah, kita langsung saja pada penjelasan lengkapnya tentang penyebab sekaligus cara memperbaiki oli mesin motor yang tidak naik pada bagian atas kepala silinder.


Beberapa penyebab sekaligus cara memperbaiki oli mesin motor yang tidak naik pada bagian atas kepala silinder


Saya akan uraikan sesuai dengan urutan kerja pemeriksaannya supaya dapat memudahkan anda untuk menemukan penyebab sekaligus cara memperbaiki oli mesin yang buntu pada kendaraan tersebut yang tidak naik olinya pada bagian atas kepala silinder, antara lain:

Pompa Oli Motor
1. Pengaruh oli mesin
Penyebab: Maksudnya adalah oli mesin pada kendaraan bermotor tersebut kurang dari takarannya, biasanya untuk oli mesin motor bebek pada umumnya 0,8 liter dan untuk motor sport memakai oli yang 1 liter, jangan ada hal pengabaian pada oli mesin motor anda karena jika kendaraan bermotor tersebut kekurangan oli maka bagaimanapun bagusnya motor anda saya jamin olinya tidak akan bisa naik di bagian kepala silinder dan dapat mengakibatkan hal-hal yang fatal seperti noken as aus, pelatuk klep aus, suara mesin kasar, piston cacat, dan banyak yang lainnya dan jika tidak segera diatasi maka dapat mengakibatkan mesin motor tidak dapat berputar/mati total(Ngejem).
Cara memperbaikinya: jika pengaruh oli mesin kurang yang menjadi penyebabnya maka Gantilah oli mesin kendaraan tersebut sesuai dengan waktunya setiap #1000KM, dan kemudian periksalah pada bagian mesin motor tersebut kemungkinan ada yang bocor perpaknya atau oil seal mesinnya yang di as engkol, oli seal yang di as porsneling,oli seal yang di as gir depan dan juga yang di oring karet tutup klep. Jangan lupa menggantinya jika ada yang mgerembes di salah satu bagian tersebut.

2. Pengaruh pompa oli
Penyebab: Jika kemungkinan bukan poin pertama yang menjadi permasalahannya,oli mesin tersebut tidak naik pada bagian atas kepala silinder maka poin kedua ini kemungkinan besar penyebabnya.karena pompa oli pada kendaraan bermotor merupakan alat yang dapat memutar rotasi oli dari mesin bawah yang berfungsi untuk menyalurkan oli mesin tersebut naik kebagian atas kepala silinder, cara mengetahui pompa oli motor ini tidak berfungsi adalah dengan memeriksa pompa olinya, jika pompa oli sudah aus giginya maka otomatis oli mesinnya tidak bakalan naik, dan jika anda lebih pasti dalam menyimpulkan kepastian rusak tidaknya pompa oli tersebut, buka kepala silinder dan blok silinder dan setelah semuanya terbuka selanjutnya engkolin dan sambil menarik rantai keteng supaya tidak berbelit waktu di engkol dan pada saat di engkol beberapa kali, lihat lubang kecil saluran oli yang ada di bak mesin tengah bagian depan dekat tiang blok silinder jika oli tidak nyembur keluar di lubang bak mesin tersebut maka berarti pompa oli atau gigi pompa olinya rusak, tetapi jika keluar dan nyembur olinya maka berarti pompa olinya berfungsi dan masih bagus, itulah cara memastikan pompa oli rusak tidaknya pada kendaraan bermotor.
Cara memperbaiki: ini tidak ada cara terbaik memperbaikinya pada pompa oli ini jika memang itu yang rusak,hanya ada dua peluang memperbaikinya yaitu cara pertama, bersihkan pompa olinya karena kemungkinan ada kotoran yang tersumbat dan cara kedua ganti pompa olinya atau gigi pompa olinya.

3. Pengaruh saluran oli naik ke kepala silinder buntu/tersumbat
Seperti yang saya jelaskan di poin no 2 bahwa di bak mesin tengah bagian depan tiang blok silinder ada lubang kecil special yang merupakan lubang saluran oli yang di alirkan ke bagian atas kepala silinder yang cukup besar fungsinya, jia lubang ini buntu atau tersumbat karena kotoran oli maka otomatis tidak akan nyembur oli mesin dari bawah ke atas, dan kepastian ini saya asumsikan pompa olinya bagus ya!! Dan kemudian perpaknya sudah rusak dan menutup lunag saluran oli tersebut dan juga yang di tiang blok, coba perksa dengan teliti dan yakinkan anda bahwa bahwa karena itu penyebabnya Ya!!.
Cara memperbaikinya: Jika lubang saluran olinya yang buntu maka bersihkan dengan tendangan angin compressor dan jika perpaknya yang menyebabkan buntu/tersumbat maka ganti perpaknya.

4. Oli mesin kekentalan
Kemungkinan terakhir yang terjadi jika oli mesin motor tidak naik ke saluran bagian atas kepala silinder adalah oli mesin yang tidak sesuai kekentalan dengan mesin tersebut, mohon sesuaikan saja dengan oli yang dianjurkan oleh dealer motor resmi karena setiap SAE  yang ada pada oli mesin motor berbeda-beda kekentalannya.

Itulah penyebab penyebab sekaligus cara memperbaiki oli mesin motor yang tidak naik pada bagian atas kepala silinder, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini dapat membantu anda menemukan jawaban untuk segera mengatasi permasalahan pada kendaraan bermotor yang memiliki masalah tentang oli mesin tidak naik ke bagian kepala silinder.Jangan lupa untuk baca selanjutnya tentang penjelasan ganti ring piston motor 4 tak secara lengkap.

Demikianlah yang bisa saya uraikan, mudah-mudahan dapat menjadi solusi bantuan anda dalam memperbaiki motor yang oli mesinnya tidak naik ke bagian kepala silinder.

12 komentar:

  1. sangat membantu bro, terima kasih

    BalasHapus
  2. Alo boleh TW kira kira berapa biayanya perbaikan Alo mesin mati akibat oli mesin tidak naik ato kurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy 2 kali dlm sebulan ganti noken as dan sepatu klep,, selalu rusaknya yg sama.. stlah perbaik normalnya cmn 2 mingguan trus oli tdk naik lg.. ongkosnya tkp sy di flores 500 an. klo di jawa mngkn di bawah itu. smpai skrg rusaknya yg sama

      Hapus
  3. mantaf gan ilmu bermanfaat....

    BalasHapus
  4. Saya ada kasus , oli udah naek ke silinder atas dan lancar piston ,blok stang seher klahar as skrup udah d ganti semua pake yg ori ,tetapi kasus ny tetap timbul yaitu motor ngejem piston dan blok baret ,itu kira" apa y penyebab ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disebebkan karena Piston tidak tahan panas (ngembang/mekar) kalau kena panas sehingga ngejam kalau piston mekar. solusinya coba ganti dengan Piston Forged misalnya Wiseco. Tq

      Hapus
    2. .coba cek bearing cranksaft

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. you are in reality a excellent webmaster. The site loading speed is incredible. It kind of feels that you're doing any unique trick. Moreover, The contents are masterpiece. you have performed a excellent job on this matter! all of craigslist

    BalasHapus
  7. Gan ane punya motor bebek Mio soul masalah nya kenapa ke klep atas tidak mau nyembur oli nya terus ngeritik apanya ya gays mohon bantuannya

    BalasHapus
  8. kira2 pompa oli apa yang cocok ke gl 100 ya?
    mega pro cocok gk mas?

    BalasHapus
  9. Kalau uda di ganti pompa oli nya g naik juga. Dan di kompresor lubang oli nya g buntu. Tpi g naik juga oli nya. Gimna dong

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!