Jumat, 30 September 2016

Beberapa Penyebab Mesin Sepeda Motor Cepat Panas dan Sekaligus Proses Pemeriksaannya


Sesuai dengan pengalaman saya di bengkel sepeda motor, ada beberapa penyebab mesin sepeda motor cepat panas yang wajib diketahui oleh mekanik bengkel dan tidak menutup kemungkinan untuk menambah pengalaman bagi pengendara sepeda motor, dan sekaligus melalui artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara proses yang benar pada pemeriksaannya dari penyebab mesin motor cepat panas tersebut supaya kembali normal seperti sedia kala pada saat baru membeli dari dealer motor.

Jujur saya katakan, saya menulis artikel ini, karena banyak pertanyaan-pertanyaan yang telah saya terima, untuk itu melalui blog "Bengkel sepeda motor" kali ini, akan menjelaskan secara rinci tentang penyebab-penyebab mesin sepeda motor cepat panas, dan saya menyimpulkan bahwa bukan hanya satu permasalahan yang menyebabkan mesin sepeda motor cepat panas, tetapi ada beberapa yang menjadi penyebab yang sudah saya alami dan rasakan selama saya menggeluti dunia perbengkelan sepeda motor.

Penyebab Mesin Sepeda Motor Cepat Panas
Penyebab Mesin Sepeda Motor Cepat Panas
Semua yang saya uraikan nanti dibawah ini, itulah yang sebenarnya yang menjadi penyebab mesin sepeda motor cepat panas dan sekaligus biar lebih jelas lagi saya akan tunjukkan cara pada proses pemeriksaannya supaya bisa dipastikan bahwa itulah penyebabnya.

Oke, untuk tidak menunda lagi, kita langsung saja pada inti pembahasannya, supaya dapat menambah ilmu pengenalan dan pengetahuan tentang permasalahan yang ada tentang beberapa penyebab mesin sepeda motor cepat panas,dan sekaligus proses pemeriksaannya.

Uraian Lengkap Tentang Beberapa Penyebab Mesin Motor Cepat Panas


Kemungkinan-kemungkinan yang ada yang menjadi penyebab mesin sepeda motor cepat panas, antara lain:


1. Pengaruh Oli Mesin
2. Salah Satu Pengapian Lemah
3. Pengaruh Busi
4. Bahan Bakar Minyak Keiritan
5. Kekencangan setelan Klep
6. Kompresi Lemah
7. Tenaga Motor Lemah
8. Air Radiator Kekurangan

Penjelasan pada Proses Pemeriksaannya Setiap Poin Di Atas Yang Menjadi Penyebab Mesin Sepeda Motor Cepat Panas


Dibawah ini saya akan uraikan satu per satu dari poin di atas dari mulai poin 1 sampai dengan poin 8 tentang proses pemeriksaan dari setiap kemungkinan penyebab yang ada, antara lain:

1. Proses pemeriksaan yang disebabkan oleh pengaruh oli mesin
Setiap sepeda motor ada takaran oli standar yang sudah ditentukan oleh pabrik motor dan saya yakin telah disampaikan kepada setiap konsumen pengendara sepeda motor waktu membeli motor tersebut, pada umumnya motor mempergunakan oli mesin yang 0,8 liter dan 1 liter tergantung jenis motornya. Supaya dapat memastikan bahwa pengaruh oli mesin yang menyebabkan atau tidaknya mesin sepeda motor cepat panas, saran saya “jangan lebih dari takaran yang sudah ditentukan dan jangan kurang dari takarannya”

1.1. Penjelasan karena Kebanyakan/kelebihan oli mesin motor
misalnya jika motor tersebut memakai oli mesin 0,8 liter dan kebetulan kita mengisi oli mesin motor kendaraan kita tersebut lebih dari 0,8 liter maka saya pastikan itulah penyebabnya karena oli mesin jika kebanyakan akan susah bergerak putaran mesin dan ujungnya ada pemaksaan pada mesin motor tersebut untuk bekerja, itu bisa saya ibaratkan seperti kita sebagai manusia jika kekenyangan maka akan susah bernafas dan terlebih untuk bergerak, jadi mohon diperhatikan hal ini supaya bisa menyesuaikan dengan ketentuan oli mesin yang telah ditetapkan. 
1.2. Penjelasan karena kekurangan oli mesin motor
Begitu juga jika oli mesin motor kurang dari takaran yang telah ditentukan dari pabriknya, maka akan menyebabkan mesin sepeda motor cepat panas, karena mesin jika kekurangan oli maka akan menyebabkan pelumasan pada setiap rangkaian mesin sepeda motor tersebut sehingga dapat mengakibatkan suara mesin yang kasar karena olinya kurang dan bisa dan kemungkinan waktu kendaraan tersebut kita kendarai bisa bisa ngejem jika ada pembiaran terlalu lama mesin motor kekurangan oli, Jadi mohon jangan abaikan jika oli mesin motor kurang dari takarannya krena akan menyebabkan mesin sepeda motor cepat panas dan bisa-bisa ngejem.
1.3. Oli mesin kurang lancar ke bagian rangkaian alat mesin yang ada di kepala silinder motor
Apabila oli mesin sewaktu kita hidupkan dan apalagi kita motor tersebut kita kendarai oli mesin tidak bekerja atau kurang tendangan oli yang menuju ke bagian alat mesin yang ada di kepala silinder, maka ini salah satu penyebab mesin sepeda motor cepat panas, untuk mengetahui lancar tidaknya oli mesin tersebut ke bagian kepala silinder, maka hidupkan mesin motor dan kemudian buka tutup klep luar paling atas persis pada tutup klep minyak, jika lancar maka bukan itu penyebabnya mesin motor cepat panas, tetapi jika sewaktu dihidupkan dan di bagian tutup klep yang telah kita buka tadi tidak lancar dan tidak nyembur keluar oli mesinnya maka itulah penyebab mesin sepeda motor cepat panas, untuk mengatasinya adalah jika motor tersebut memakai filter oli maka saran saya mohon di bersihkan atau apabila sudah 10.000 km perjalanan mohon di tukar dengan yang baru, kemungkinan berikut penyebab oli mesin motor kurang lancar adalah saluran oli tersumbat oleh pakingnya, coba perhatikan jika ada ngerembes oli di sela-sela paking silinder dan paking deksel yang menuju ke bagian kepala silinder, dan terakhir kemungkinan permasalahan yang ada yang menjadikan oli mesin motor tersebut kurang lancar adalah pompa olinya. Jadi mohon salah satu diperiksa hal tersebut supaya ada kepastian dari kelemahan yang ada sehingga oli mesin motor kurang lancar.
Penyebab Mesin Sepeda Motor Cepat Panas
Penyebab Mesin Sepeda Motor Cepat Panas
2. Proses pemeriksaan yang disebabkan oleh salah satu pengapian ada yang lemah
Pada mesin motor pasti memiliki pengapian, tetapi jika salah satu dari rangkaian pengapian tersebut ada yang lemah maka bisa dipastikan bahwa itulah penyebab mesin sepeda motor cepat panas. Untuk memastikan bahwa salah satu pengapian motor ada yang lemah, caranya buka busi motor supaya ringan untuk mengengkolnya kemudian kabel Coil coba di cek percikan apinya jika percikan apinya putih dan mencapai minimal dengan jarak 1cm maka berarti pengapian normal dan bukan itu penyebab mesin motor cepat panas, tetapi jika waktu pengetesan percikan api tidak mencapai 1cm dan terlebih lagi percikan apinya agak kemerah-merahan dan putus-putus maka bisa dipastikan itulah penyebab mesin sepeda motor cepat panas, dan saran saya periksa salah satu kelemahan pengapian yang ada seperti Spool api, CDI, Kiprok(regulator) dan Coil, saya yakin ada salah satu yang lemah diantara itu.

3. Proses pemeriksaan yang disebabkan oleh Pengaruh Busi
Busi memiliki fungsi yang sangat berguna pada mesin sepeda motor, karena Busi inilah yang mentransfer percikan api bertemu dengan bahan bakar minyak dan kompressi pada mesin motor, jadi busi jangan diabaikan pada sepeda motor karena jika busi ini tidak normal dan apalagi kalau asal-asalan kita memasang busi tanpa mengetahui rapat renggangnya busi tersebut maka dapat menyebabkan mesin sepeda motor cepat panas, jika busi kerenggangan maka ada pemaksaan percikan api untuk bekerja sempurna dan begitu juga jika kerapatan, dan apalagi waktu pemeriksaan pengapian melalui busi kebetulan percikan api yang keluar dari busi tersebut bercabang, maka itu dipastikan businya sudah lemah atau rusak, jika itu permasalahannya maka bisa dipastikan bahwa penyebab motor tersebut cepat panas adalah karena pengaruh busi yang tidak normal pengapiannya. Mohon jangan lupa memperhatikan hal ini jika mesin sepeda motor anda cepat panas.

4. Proses pemeriksaan yang disebabkan oleh pembakaran (BBM)
Ukuran bahan bakar minyak pada setiap kendaraan bermotor pada umumnya telah disesuaikan oleh pabriknya, jadi mohon jangan kita rubah-rubah, jika BBM yang di transfer melalui karburator ke mesin motor keiritan bahan bakar minyak , maka itulah salah satu penyebab mesin sepeda motor cepat panas, mohon jangan pintar-pintaran memaksa untuk irit BBM karena jika salah setingannya maka jadi kepirit.

5. Proses Pemeriksaan yang disebabkan oleh kekencangan setelan klep
Kemungkinan lainnya yang menyebabkan mesin sepeda motor cepat panas adalah karena menyetal klep yang kekencangan, mohon jangan sembarangan untuk menyuruh mekanik atau terlebih lagi bagi orang awam untuk mencoba-coba menyetel Kelp motor yang pada umumnya masih belum berpengalaman, karena jika  pada saat menyetel klep kerapatan klepnya maka akan mengakibatkan kompresi lemah karena sudah terbuka dulauan paying klepnya dan akibatnya mesin terpaksa hidup tetapi tidak normal, ini juga salah satu penyebab mesin sepeda motor cepat panas, saran saya untuk menyetal klep harus memiliki jarak pada motor bebek 3-5mm dan motor sport 8-10mm dengan memakai alat fuller.

6. Proses pemeriksaan yang disebabkan oleh Kompressi lemah
Sesuai dengan poin no 5 diatas itu merupakan salah satu penyebab kompressi motor lemah dan kemungkinan yang lain adalah bocor klep dan piston ring lemah. Untuk memastikan bahwa kompressi motor tersebut lemah, bisa melalui waktu kita mengengkol(kick starter) jika tendangannya lemah maka berarti kompressinya lemah dan merupakan salah satu penyebab mesin sepeda motor cepat panas, apalagi jika motornya sudah berasap putih (makan oli), itu bisa dipastikan bahwa itulah penyebab mesin motor cepat panas.

7. Proses pemeriksaan yang disebabkan oleh tenaga mesin motor yang lemah
Kemungkinan terakhir yang menyebabkan mesin sepeda motor cepat panas adalah karena tenaga motornya lemah, itu bisa kita ketahui pada saat kita mengendarai sepeda motor, apabila suara mesin motor meraung tetapi tenaga motor tidak ada maka berarti Kampas koplingnya aus/habis, dan bisa dipastikan bahwa itulah penyebab mesin sepeda motor cepat panas.

8. Proses Pemeriksaan Yang disebabkan oleh air radiator yang kekurangan
Jika motornya memakai radiator maka salah satu penyebab mesin sepeda motor cepat panas adalah karena kekurangan air radiator, atau kipas pendingin radiator tidak berfungsi atau juga pomp radiator yang aus, jadi jangan lupa untuk selalu memeriksa hal tentang radiator pada motor anda.

Artikel terkait bisa anda baca di bawah ini, antara lain:
1. Ada Dua Cara Menyetel Klep Motor
2. Proses Pemeriksaan Pengapian Motor
3. Fungsi Filter Oli pada sepeda motor dan cara merawatnya
4. Penyebab dan Cara Menambah Tenaga Motor Yang Lemah

Dari penjelasan kedelapan poin di atas bisa saya pastikan bahwa ada salah satu diantaranya dari beberapa yang menjadi penyebab mesin sepeda motor cepat panas, dan harapan saya mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi setiap pembaca, dan jika artikel ini berguna, jangan lupa bagikan informasinya dengan yang lainnya.

Akhir kata mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenaan di hati anda karena saya hanya manusia biasa yang banyak kekurangan.

Sekian dan terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!