Sabtu, 31 Oktober 2015

Cara Memperbaiki Shockbreker Depan Motor Yamaha Vega R Yang Bocor


 Cara Memperbaiki Shockbreker Depan Motor
Cara Memperbaiki Shockbreker Depan Motor
Ini adalah artikel lengkap tentang cara memperbaiki shockbreker depan motor yamaha Vega R yang bocor. Dan sebelum saya jelaskan lebih lanjut perlu saya beritahukan bahwa setiap kendaraan bermotor sudah pasti memiliki Shockbreker depan, dan fungsi dari shockbreker tersebut untuk menstabilkan kondisi kendaraan bermotor pada saat kita mengendarainya baik di jalan yang bagus terlebih lagi di jalan buruk, karena jika shockbreker tersebut tidak berfungsi maka kendaraan bermotor yang kita pakai tidak akan nyaman saat kita mengendarai.

Bengkel pada umumnya banyak yang mengetahui apa sebab dan akibat shockbreker depan motor rusak atau bocor, tetapi bagi yang masih baru merintis atau baru belajar tentang bengkel sepeda motor akan bingung tentang penyebab dan akibat yang terjadi pada kerusakan shockbreker motor tersebut. Sebelum saya jelaskan lebih lanjut tentang cara memperbaiki shockbreker depan motor Yamaha Vega R yang bocor, ada hal-hal yang menyebabkan terjadinya kerusakan atau bocor shockbreker motor tersebut antara lain:
1. Kebanyakan mengendarai motor di jalan yang berlubang-lubang/jalan rusak/jalan buruk/jalan kriting.
2. Kebanyakan dipakai untuk muatan beban berat.
3. Karena usia kendaraan bermotor yang sudah lama.
Dan akibat dari penyebab yang terjadi diatas adalah Oli shockbreker akan bocor dan rusak dan jika terjadi kebocoran pada shockbreker yang diakibatkan oli shockbrekernya depan dan terlambat kita memperbaikinya akan merusak As shock depan menjadi cacat dan otomatis semakin banyak biaya yang di butuhkan untuk memperbaiki shock breker depan motor tersebut karena as shock yang sudah cacat tidak bisa kita pasang kembali saat menggantinya karena akan mudah dan cepat bocor kembali jika seal shocknya saja yang kita perbaiki.

Video Lengkap Cara Memperbaiki Shockbreker depan motor

Dan untuk itu jika setiap mekanik motor yang baru belajar dan ingin memperbaiki shockbreker depan yang rusak tersebut, maka jangan lewatkan artikel ini karena saya akan menjelaskan secara lengkap proses cara memperbaiki shockbreker depan motor Yamaha Vega R yang bocor, dan jika anda mengikuti setiap tahapan yang ada pada artikel ini saya yakin anda akan mahir dalam proses memperbaiki shockbreker depan motor yang bocor tidak ada pengecualian pada jenis motor apa saja.

Proses Membuka Pada Cara memperbaiki shockbreker depan motor Yamaha Vega R yang bocor


Tahap-tahap yang dibuka untuk proses cara memperbaiki shockbreker depan motor Yamaha Vega R yang bocor dengan mengganti seal shockbreker depannya adalah:

  • Terlebih dahulu Buka kap motornya bagian depan (kap hidung depan)
  • Buka/lepaskan Baut bintang di kedudukan discpad cakram depan (kepala babi cakram) dan juga baut penahan tali rem cakram yang ada di tabung shockbreker depan tersebut.
  • Buka/lepaskan roda depan.
  • Buka/lepaskan spakbord depannya.
  • Buka/lepaskan Mur yang menutup as shockbreker depan bagian atas biasanya pakai Kunci L 10mm.
  • Buka/lepaskan Baut yang mengunci as shockbreker depan yang lengket di segitiga kedudukan stang stir, bautnya ada 4 (dua kiri dan dua kanan), membuka bautnya dengan memakai kunci ring yang ukuran 14mm.
  • Buka/lepaskan shockbreker tersebut dari motor.
  • Buka/lepaskan baut pengunci tabung shockbreker paling bawah supaya bisa kita lepaskan as shockbreker dari tabung shockbreker, dan cara membukanya dengan memakai kunci L ukuran 6mm.
  • Keluarkan as shockbreker dari tabung shockbrekernya.
  • Buka/lepaskan karet tutup sealshockbreker depan yang ada di tabung shockbreker depan tersebut.
  • Buka/lepaskan sklip/spi penahan seal shockbreker bagian dalam yang ada di tabung shockbreker tersebut.
  • Buka/lepaskan seal shockbreker yang bagian dalam tersebut.
  • Dan untuk tahap membukanya selesai.

Proses Memasang Pada Cara Memperbaiki Shockbreker Depan Motor Yamaha Vega R Yang Bocor



Sebelum kita memasang pada proses cara memperbaiki shockbreker depan motor Yamaha Vega R yang bocor usahakan terlebih dahulu harus di cuci atau dibersihkan rangkai alat motor shockbreker depan yang telah kita buka/lepaskan tadi supaya tidak ada sisa-sisa kotoran seperti pasir yang lengket di bagian tabung shockbreker depan dan juga as shockbreker depan. Dan jika sudah bersih dan tidak ada kotoran pasir, maka tahap proses memasang pada cara memperbaiki shockbreker depan motor Yamaha Vega R yang bocor sudah bisa kita lanjutkan, antara lain:

  • Ambil tabung shockbreker depannya.
  • Pasang seal shockbreker yang baru, ukuran seal shockbreker depan pada motor Yamaha Vega R adalah: 26*37*10.5.
  • Pasang sklip/spi penahan seal shockbreker yang ada di bagian dalam tabung shockbreker depan tersebut.
  • Pasang karet/seal yang menutup di bibir tabung shockbreker depan motor tersebut bagian atas.
  • Setelah itu kita lanjutkan kebagian as shockbreker depan motor tersebut.
  • Jika cacat as shockbrekernya, harap ganti As shonkbrekernya dengan yang baru, tetapi jika As shockbreker depannya masih bagus dan tidak cacat maka masih saya sarankan untuk memakai/memasang kembali As shockbrekernya.
  • As shockbreker depan yang kita pasang kembali memiliki rangkaian alat yang ada di as shockbreker tersebut Pen panjang yang gunanya untuk menyatukan kembali tabung shockbrekernya dengan as shocbreker depan memiliki Ulir atau drat pada pen tersebut, dan sebelum kita satukan antara tabung dan as ada per berukuran pendek yang fungsinya untuk meredam hentakan mainan shockbreker depan itu pada waktu kita memakai kendaraan di jalan yang berlubang, dan jangan sampai lupa memasangnya ya!!
  • Setelah terpasang per peredam dan pen panjang yang ada ulir/drat dalm as shockbreker, maka masukkan as shocknya ke tabung shockbreker dengan memasang dan mengunci kembali bautnya dengan memakai kunci L 6mm, dan posisi bautnya tepat berada di paling bawah shockbreker depan.
  • Pasang Per shockbreker yang berukuran panjang.
  • Selanjutnya Isi Oli shockbrekernya, usahakan memakai oli shockbreker spesial untuk oli shockbreker.
  • Selanjutnya pasang/masukkan schockbrekernya ke segitiga kedudukan stang stir dengan mengunci kembali bautnya (baut 14) yang 4 biji (dua kiri dan dua kanan) dan usahakan kuat mengunci bautnya.
  • Pasang mur penutup as shockbreker depan yang paling atas dengan memakai kunci L 10mm kembali.
  • Dan sesudah itu selesai sudah cara kita memasangnya shockbreker depan motor, dan untuk selanjutnya lengkapilah pemasangannya seperti spakbord depan, roda depan, kedudukan discpad cakram, kap hidungnya,
  • Dan selamat untuk Anda karena telah sukses pada  proses cara memperbaiki shockbreker depan motor Yamaha Vega R yang bocor.
Demikianlah artikel tentang  proses cara memperbaiki shockbreker depan motor Yamaha Vega R yang bocor, mudah-mudahan anda menjadi mahir dan terbiasa saat memperbaiki shockbreker motor dengan jenis kendaraan motor apa saja.

Sekian dan Selamat Mencoba!!

2 komentar:

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!