Sabtu, 24 Oktober 2015

Proses Pemeriksaan Dan Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak


Proses dan Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak
Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan proses pemeriksaan dan cara memperbaiki starter motor yang rusak, supaya bagi setiap yang memiliki kendaraan sepeda motor atau bengkel sepeda motor memahami dan mengetahui secara lengkap bagaimana proses cara pemeriksaan starter motor yang rusak dan juga bagaimana cara memperbaiki starter motor tersebut supaya berfungsi kembali atau hidup.

Sebelum saya berlanjut kepembahasan tentang proses pemeriksaan dan cara memperbaiki starter motor yang rusak ada bagusnya perlu dipahami bersama bahwa Kendaraan bermotor mempunyai dua cara proses untuk menghidupkannya, dengan memakai kick starter(engkol) dan juga dengan memakai tombol starter. Tentu semuanya sudah mengerti apa maksudnya dan bagaimana perbedaan kemudahan pada saat menghidupkan motor antara memakai kick starter(engkol) dan juga dengan memakai tombol starter, dan saya garis bawahi dengan memakai tombol starter akan sangat simpel disaat kita menghidupkan motor karena tidak mempergunakan tenaga dalam arti tenaga kaki untuk mengayun kick starter(engkol) pada saat menghidupkan motor tersebut.



Dan tentu Starter motor tidak selamanya berfungsi atau bagus, ada saatnya pasti akan rusak atau tidak berfungsi lagi starter motor pada kendaraan tersebut, dan pada saat ini saya akan jelaskan proses pemeriksaan dan cara memperbaiki starter motor yang rusak, dan proses penjelasan ini semuanya sama prosesnya pada pemeriksaan starter motor apa saja dan begitu juga penjelasan yang akan saya uraikan tentang cara memperbaiki starter motor semuanya sama prosesnya pada kendaraan bermotor apapun.

Baiklah untuk mempersingkat waktu kita langsung saja pada pembahasan pokok/inti yaitu proses pemeriksaan dan cara memperbaiki starter motor yang rusak supaya ada kemudahan bagi setiap yang mau memperbaiki starter motor dan terlebih khususnya bagi bengkel sepeda motor yang sama profesinya dengan saya.

Tahap-tahap proses pemeriksaan dan cara memperbaiki starter motor yang rusak yang benar


Sebelum saya lanjutkan pada proses pemeriksaan berkelanjutan, hal yang paling utama terlebih dahulu adalah:

  • Aki/Batteray, aki adalah hal yang terutama untuk menghidupkan atau berfungsi starter pada kendaraan bermotor, tanpa aki/batteray maka starter tidak bisa berfungsi dan juga tanpa Aki/Batteray dalam kondisi yang baik dan kuat tegangan apinya maka proses pemeriksaan untuk mengetahui kelemahan pada rangkaian menghidupkan starter motor tidak akan bisa, untuk itu mohon yang pertama sekali posisikan Aki/Batteray dan keadaan Bagus dalam arti apinya kuat atau tegangan aki/bateray mengeluarkan percikan api yang sangat kuat, inilah proses pemeriksaan sebagai cara memperbaiki starter motor yang rusak pada setiap kendaraan bermotor.
  • Skring (penghubung api dari aki ke kunci kontak), Jika aki/batteray dalam kondisi bagus, maka proses pemeriksaan jika kunci kontak dalam posisi "ON" tapi api dari aki tidak tertransfer maka coba periksa Skringnya jika bagus coba cek percikan api pada kabel warna merah yang ada di colokan kabel Kunci kontak, jika mengeluarkan percikan api di kabel warna merah tersebut berarti jalur aki yang menuju ke kabel merah yang ada di colokan kabel kunci kontak berarti bagus tapi kalau tidak mengeluarkan api di kabel tersebut coba periksa kabel warna merah tadi dari aki menuju ke colokan kabel kunci kontak, saya yakin ada yang putus tengah kabelnya. itulah proses pemeriksaan dan cara memperbaiki starter motor yang rusak.

  • Kunci Kontak, Kalau proses pemeriksaan diatas semuanya bagus sepeti akinya bagus, skring bagus dan kabel warna merah yang ada di colokan kabel kunci kontak mengeluarkan percikan api aki, maka untuk proses pemeriksaan berikutnya adalah Kunci Kontak, proses pemeriksaan kunci kontak bagus atau tidak caranya coba posisikan kunci kontak dalam posisi "ON" dan setelah itu periksa kabel di colokan kunci kontak yang warna Hitam kalau motor Honda, warna Coklat kalau motor Yamaha dan warna Orange kalau motor Suzuki, jika keluar percikan api aki dari warna kabel di colokan kunci kontak tersebut berarti Kunci kontaknya bagus tetapi kalau tidak maka otomatis kunci kontaknya rusak atau minta di ganti dengan yang baru. Itulah proses pemeriksaan dan tahapan cara memperbaiki starter motor yang rusak.
  • Saklar starter, saklar starter adalah alat yang di pergunakan untuk menghidupkan starter, jadi pemeriksaan tombol starter dilakukan setelah proses hal yang saya uraikan diatas semuanya bagus dan jika tidak berfungsi tombol starter yang ada di saklar maka ada dua alternatif kerusakan yaitu arus api yang dari aki tidak masuk ke kabel yang ada di tombol starter dan alternatif kedua adalah tombol starter atau saklar starternya tidak berfungsi alias sudah rusak jadi jika tombol starter atau saklar starter masalahnya maka alangkah bagusnya kalau saklar starter tersebut di ganti dengan yang baru, itulah proses pemeriksaan dan tahapan pada cara memperbaiki starter motor yang rusak.
  • Switch starter (otomat starter), saya mengharap proses yang saya jelaskan di atas semuanya pada kondisi yang baik dan tidak rusak, sekarang proses pemeriksaan pada switch starter. Switch starter memiliki merupakan alat yang menghubungkan api dari aki menuju ke dinamo starter, dan ada 4 kabel yang tersambung pada switch starter tersebut antara lain:
    Switch Starter Motor
  1. Kabel warna hitam untuk motor honda, kabel warna coklat untuk motor yamaha dan kabel warna orange untuk motor suzuki dan pastikan bahwa kabel warna tersebut yang ada di switch starter mengeluarkan percikan api jalur aki.
  2. Kabel warna kuning list merah semua motor sama warna kabelnya, kabel inilah yang menghubungkan tombol starter yang ada di saklar starter, yang mana kabel ini berfungsi sebagai kabel masa setelah di tekan tombol starter yang ada di saklar karena kabel di tombol starter ada dua, yang satu kabel nunggu warna hijau di motor honda, kabel warna hitam di motor yamaha dan kabel warna hitam lis putih di motor suzuki, itulah makanya kabel kuning list merah yang ada di switch starter tersebut menjadi kabel masa.
  3. Kabel merah yang isi tembaganya tebal, kabel ini adalah kabel dari aki yang langsung menuju ke switch starter dan
  4. Kabel merah yang isi tembaganya tebal juga, ini adalah kabel yang dari otomat starter menuju dinamo starter sebagai penghubung api aki melalui switch starter.
Setelah semuanya sudah di mengerti tentang warna kabel tersebut selanjutnya proses pemeriksaan jika starter motor juga tidak berfungsi dan bagaimana proses cara memperbaiki starter motor yang rusak jika permasalahannya di switch starter. Proses pemeriksaanya adalah coba hubungkan secara langsung kabel yang dua berwarna merah tebal yang isi tembaganya banyak atau tebal, jika setelah di hubungkan dinamo starter tidak berputar maka switch starternya masih bagus dan jika kabel tersebut di hubungkan dan dinamo starter berfungsi atau berputar maka Switch starternya rusak dan otomatis harus ganti dengan yang baru Switch starternya, itulah proses pemeriksaan dan cara memperbaiki starter motor yang rusak jika switch starternya yang rusak.
  • Dinamo starter, dinamo starter ini adalah suatu alat yang dapat memutar mesin motor untuk hidup, jika semua proses pemeriksaan di atas sudah benar maka yang terakhir yang harus di periksa adalah dinamo starter, dinamo starter terdiri dari beberapa rangkaian alat antara lain rumah dinamo starter, maghnit dinamo starter, anker dinamo starter dan cool starter. untuk pemeriksaannya periksa satu per satu dan biasanya yang sering rusak pada dinamo starter ini adalah cool starternya aus, atau anker starternya rusak, saya yakin setelah di perbaiki salah satu dari alat yang rusak tersebut maka starter motor akan berfungsi, itulah proses pemeriksaan dan cara memperbaiki starter motor yang rusak supaya berfungsi lagi.   
  • Pelor Stater (kacang-kacang starter), Jika proses pemeriksaan seperti yang saya jelaskan diatas semuanya bagus dan dinamo starternya juga berfungsi dan bagus maka proses pemeriksaan yang terakhir adalah pelor starter, permasalahan yang terjadi pada pelor starter adalah jika di starter dan dinamonya berputar tetapi mesin tidak berputar karena ngelos atau bablas starternya dalam arti tidak gigit, maka pelor starter yang menjadi kesalahan/kerusakan terakhir. Jadi usahakan ganti pelor starter dengan yang jika seperti itu permasalahan pada kerusakan starter motor tersebut.
Demikianlah Proses pemeriksaan dan cara memperbaiki starter motor yang rusak mudah-mudahan setelah membaca artikel ini maka akan membantu anda dalam proses pemeriksaan dan cara memperbaiki starter motor yang rusak dengan tepat.

Sekian dan Selamat mencoba

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!