Minggu, 04 Oktober 2015

Lampu Depan Motor Honda Dalam Rangkaian Pemeriksaan Awal Hingga Bohlam Hidup


 Lampu depan motor Honda
Rangkaian Pemeriksaan Lampu Depan Motor
Setiap kendaraan bermotor sudah pasti harus memiliki lampu depan atau lampu utama, karena tanpa memiliki lampu depan maka kendaraan bermotor tidak bisa mengendarainya pada waktu malam, dan untuk kesempatan kali ini saya akan jelaskan bagaimana lampu depan motor honda dalam rangkaian pemeriksaan awal hingga hidup, supaya bagi siapa saja yang ingin mengecek atau menghidupkan lampu depan motor mengetahui pemeriksaan yang benar dan juga proses urutan rangkaian kelistrikan dari awal hingga lampu tersebut hidup.

Sesuai dengan pengalaman saya, mekanik bengkel sepeda motor tidak semuanya mengetahui rangkaian kelistrikan pada kendaraan bermotor, terkecuali yang khusus menekuni tentang perbaikan kelistrikan pada kendaraan bermotor atau yang sudah berpengalaman dalam sistem rangkaian kelistrikan motor itu sendiri. Untuk itu saya akan menjelaskan mulai dari awal prosesnya hingga sampai selesai dan khususnya untuk saat ini tentang lampu depan motor honda dalam rangkaian pemeriksaan awal hingga hidup karena di Indonesia Jenis kendaraan bermotor khususnya Honda sudah menyatu dengan masyarakat luas, kalau tidak percaya coba di lihat sekitar anda berada saat ini.

Saya yakin dan percaya, dengan mengetahui nantinya lampu depan motor honda dalam rangkaian pemeriksaan awal hingga hidup akan memudahkan anda untuk pemeriksaan pada jenis motor yang lain seperti Yamaha dan Suzuki, karena hanya warna kabelnya saja yang membedakannya namun prosesnya sama.

Baiklah untuk mempersingkat waktu di bawah ini saya akan langsung menjelaskan  lampu depan motor honda dalam rangkaian pemeriksaan awal hingga hidup.




Lampu Depan Motor Honda Dalam Rangkaian Pemeriksaan Awal Hingga Hidup dengan Urutan Selengkap-lengkapnya


satupun tidak saya rahasiakan mulai dari urutan rangkaian kelistrikan pada lampu depan motor dari awal hingga hidup, antara lain:


  • Proses awal rangkaian kelistrikan pada lampu motor honda adalah Spull Lampu, Kabel untuk lampu depan motor dari spull adalah kabel warna Kuning, coba di cek apinya dengan caranya mengengkol(kick starter) kira kira mengeluarkan api atau tidak, kalau ada percikan apinya maka kita lanjutkan ke rangkaian berikutnya dan kalau tidak coba ganti atau periksa kembali spullnya siapa tau rusak.
  • Kalau spullnya bagus proses berikutnya adalah tentang kabel kuning yang dari spull tadi, kabel kuning ini akan mentransfer api dengan kabel kuning cabang dua, kabel kuning yang bercabang dua ini satu yang menuju ke Kiprok(regulator) dan satu yang menuju ke saklar lampu depan motor, kabel kuning yang menuju ke Kiprok(regulator) tujuannya setelah terpasang arus dari spull tadi tidak langsung ke lampu depan tetapi akan di proses arus api tersebut melalui kiprok dan sekaligus Kiprok inilah yang mengatur atau menahan api secara langsung ke lampu depan, dan tanpa ada kiprok pada kendaraan bermotor maka Lampu Depan Motor tidak akan tahan dan Langsung Putus Bohlamnya sewaktu Di Gas dalam tegangan tinggi kendaraan tersebut, itulah fungsi Kiprok yaitu menstabilkan api masuk ke lampu depan dan untuk fungsi berikutnya untuk menCas kembali Batteray supaya tetap stabil kekuatan apinya.
  • Selnjutnya setelah semuanya sudah bagus dan diketahui proses tadi, sekarang kita menuju saklar lampu depan sebelah kanan, saklar lampu depan gunanya untuk mengatur posisi ON OF pada hidupnya Bohlam Lampu depan Motor, dan biasanya untuk motor yang baru sekarang ini, sudah tidak di pakai lagi saklar lampu depan ON OF nya karena motor baru sekarang Motor Hidup Lampu depan Langsung hidup, tetapi untuk motor honda yang lama yang menggunakan saklar lampu depan ON OF memiliki rangkaian warna kabel Kuning, Coklat lis Putih dan Abu-abu, Kabel warna kuning adalah kabel dari Spull, Kabel Warna Coklat lis putih adalah Kabel yang mengalirkan arus api dari saklar tersebut menuju saklar lampu jarak jauh dan dekat dan kabel warna coklat lis putih ini berfungsi setelah tombol saklar lampu dalam posisi ON, dan Kabel Warna Abu-abu adalah Kabel yang mengaliri arus api menuju Lampu belakang atau lampu Stop.
    Saklar Lampu Depan Motor Honda
  • Selanjutnya Rangkaian kabel pada saklar jarah jauh dan dekat pada lampu depan motor Honda, setelah saklar lampu depan pada posisi ON seperti yang saya jelaskan diatas, kabel yang mentransfer arus api  dari saklar sebelah kiri lampu depan adalah ada tiga rangkaian kabel di saklar itu: Coklat lis putih, Kabel warna Biru Untuk Lampu depan motor Honda jarak jauh dan untuk lampu depan motor Honda Jarak dekat adalah kabel warna Putih dan usahakan Kabel massa sudah posisi terpasang pada Piting Lampu depan motor tersebut dan warna Kabel Massa Pada Motor Honda dan juga pda lampu depan motor Honda adalah Kabel Warna Hijau,
  • Dan setelah semua proses tadi sudah benar dan sudah mengerti, sekarang saya ucapkan selamat buat anda, karena anda telah berhasil menghidupkan bohlam lampu depan motor Honda.
Demikianlah Artikel dalam penjelasan secara lengkap lampu depan motor honda dalam rangkaian pemeriksaan awal hingga hidup, mudah-mudahan bermanfaat bagi setiap pembaca.

Sekian dan Selamat mencoba      
  1. Thanks brother atas ilmunya, semoga bermanfaat buat kami yang mau belajar..

    BalasHapus
  2. trimakasih banyak sudah berbagi ilmu yang sangat bagus

    BalasHapus
  3. Ada yg tau masang HID untuk Vixion lama ga? Biar idup lampu jarak jauh dekat nya , dan aki ga tekor???

    BalasHapus
  4. Ada yg tau masang HID untuk Vixion lama ga? Biar idup lampu jarak jauh dekat nya , dan aki ga tekor???

    BalasHapus
  5. Gan,knalpot motor saya berasap saat baru dinyalakan. Tapi setelah mesin panas asap tidak keluar lagi. Saya sudah ganti ring piston dan mesin sudah di bubut. Apa penyebab nya? Dan apakah bermasalah? Motor saya Megapro tahun 2008.

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!