Kamis, 01 Oktober 2015

Dua Cara Menyetel Klep Motor Sesuai Dengan Kondisinya


Cara Menyetel Klep Motor
Sesuai dengan judul artikelnya, Saya akan menjelaskan satu per satu bagi setiap pembaca Dua cara menyetel klep motor sesuai dengan kondisinya, supaya setiap yang melakukan penyetelan klep motor mengerti dan memahami teknik cara menyetel klep yang benar dan tepat dengan melihat situasi atau kondisi motor disaat menyetel klep motor tersebut.

Sebagai Bengkel sepeda motor, ada dua hal yang harus di perhatikan sebelum kita menyetel klep pada sepeda motor tersebut, karena kalau kita tidak memahami hal ini maka otomatis kita masih belum menjiwai cara kerja pada sepeda motor tersebut. Saya bukan menyombongkan diri atau sok pintar, tetapi saya memang benar- benar ingin memberikan saran yang benar supaya tidak bingung dalam cara menyetel klep motor supaya tepat dan pas dalam penyetelan klep pada motor tersebut, dan saya beritahukan hingga saat ini masih sering saya lakukan dengan melihat kondisi motor seperti apa dengan melakukan salah satu dari dua cara menyetel klep motor sesuai dengan kondisinya.

Mungkin Anda saat ini penasaran dan bertanya apa ya kira-kira dua cara menyetel klep motor sesuai dengan kondisinya dan penyetelan ini berlaku untuk motor apa ya? Jangan kuatir saya akan jelaskan dibawah ini tentang dua cara menyetel klep motor untuk menghilangkan rasa penasaran anda.


Ada dua cara menyetel klep motor yang tepat dan pas dengan melihat kondisinya


Dua cara tersebut adalah bagaimana menyetel klep pada motor yang masih baru pemakaiannya dan bagaimana menyetel klep pada motor yang sudah lama pemakaiannya, Baiklah saya akan jelaskan satu per satu, antara lain:


1. Cara Menyetel kep pada motor yang masih baru pemakaiannya.
Menyetel klep pada motor yang masih baru pemakaiannya tentu kita melakukannya dengan menyetelnya pada posisi Top, maksudnya seperti ini kita langsung pada prakteknya saja dalam tahap awal mau menyetel klepnya:
  • Buka tutup klep motor tersebut atas dan bawah
  • buka tutup yang ada di bak magnit, itu biasanya ada di bagian tengah bak magnit dan juga dibagian atas bak magnit motor, bentuknya bulat, besar dan kecil dan bukanya pakai obeng biasa.
  • Setelah terbuka posisikan Piston pada posisi TMA (titik mati atas) dan Noken as pada posisi netral, caranya putar magnit dengan berlawanan arah jarum jam dengan sambil mengamati atau melihat silinder atas dalam arti piano klep pada posisi menekan tiang klep, pada proses putaran piano klep menekan tiang payung klep usahakan piano klep menekan tiang klep bagian api terlebih dahulu atau klep yang mengarah ke knalpot, kemudian putar lagi magnitnya sampai piano klep menekan tiang payung klep atas yaitu klep minyak dan kemudian lihat posisi Tanda TOP yang di magnit biasanya ada garis disebelah huruf "T"  itu berarti Posisi Piston pada TMA dan Noken As Posisi netral, saya harap anda sudah mengerti semua ya!!
  • Kemudian coba di goyang klepnya kiri kanan dan atas bawah, kira kira kalau agak longgar coba di kencagin dengan mengendorin baut stelan klep dan memutarkan baut stelan klep untuk memposisikan jarak yang sesuai, usahakan ada selah prey sedikit karena kalau baut stelan klepnya terlampau menekan tiang klep maka kemungkinan motor tersebut susah hidup karena kompresinya bocor atau payung klep sudah terbuka duluan.
  • Ukuran jika kita memakai alat ukur Fuller adalah pada motor Bebek 0,03 s/d 0,05 mm dan untuk motor sport 0,07 s/d 0,10 mm dan untuk motor Satria FU ukurannya 0,10 s/d 0,15 mm dan di fuller tersebut ada keterangan tentang ukuran mm nya.
  • Itulah cara menyetel klep pada motor yang masih baru pemakaiannya dan saya rasa tepat untuk dilakukan pada motor yang semuanya baru atau motor tersebut baru berkisar umur setahun paling lama.
2. Cara Menyetel Klep pada motor yang sudah beberapa tahun pemakaian atau sudah lama
Pada cara menyetel klep motor yang kira-kira umur 3 tahun keatas, saya menyetel klepnya tidak melakukannya dengan memposisikan pada posisi TOP seperti yang di atas karena tidak akan sempurna hasilnya, karena semuanya alat-alat mesin seperti noken as dan piano klep berkemungkinan sudah haus di makan oleh waktu jadi sangat tidak layak kalau kita stel klep dalam posisi TOP, Berikut Tips penyetelan klep pada motor yang lama, antara lain:
  • Setelah di buka tutup klep pada motor, selanjutnya kita masuk ke cara menyetel klepnya yaitu Stel Curi atau stel maling.
  • Putar magnit berlawanan arah jarum jam dan posisikan piano klep menekan salah satu tiang payung klep pada motor tersebut dan jika disaat kita memutar magnit klep api dalam posisi terbuka maka stel klep minyaknya dan jika disaat kita memutar magnit piano klep dalam posisi menekan tiang klep bagian klep minyak yang arah ke karburator maka yang di stel klepnya adalah klep api dan sesuaikan jarak kerenggangannya supaya gampang hidup dengan arti jangan kekencangan,
  •  Dan lihat hasilnya, pasti suaranya akan menjadi halus kembali dan suara tik-tik-tik-tik akan hilang.
Demikian penjelasan dalam artikel ini tentang Dua cara menyetel klep motor sesuai dengan kondisinya, mudah-mudahan bermanfaat bagi setiap yang seprofesi dengan saya pada bengkel sepeda motor.

Sekian dan Selamat mencoba      
  1. Itu yg no 2 tiang klep dua 2 nya?? maksudnya yg atas ap yg bawah ya bro?? Motor ane astrea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Klep atas(minyak) yang distel maka payung klep api dalam posisi terbuka habis dan begitu juga sebaliknya jika klep bawah(api) yang di stel maka posisi klep minyak dalam keadaan terbuka habis.

      Hapus
  2. Trz sblm nyetel nya posisi mesin harus dalam keadaan dingin? Bner ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mas, supaya tidak rusak ulir baut stelan klepnya.

      Hapus
  3. ada kemungkinan piston mengahantam klep nggak pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau motor baru stel klepnya dengan posisi Top karena mesinnya masih normal, tapi kalau motornya sudah berusia 3 tahun keatas lakukan dengan stel klep dengan cara curi dan usahakan setiap klep distel harus memiliki kerenggangan antara 0,03-0,05mm, saya jamin piston tidak akan menghantam klep(numbur Klep)

      Hapus
    2. mtor sy udh 3thn..cara stel klep yg benar gmna mas.tlong ksh tau ya....

      Hapus
    3. Kerenggangan 0.03 -0.05 untuk semua motor?
      Atau berbeda

      Hapus
  4. terima kasih pak, sangat membantu, sudah tak coba di scorpio z.cara kedua dan jitu. sekali lagi terima kasih

    BalasHapus
  5. Pengaruhnya apa ya pak kalau setelannya kurang pas. Misal terlalu longar atau terlalu kencang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau terlalu longar brisik, terlalu kencan susah hidup

      Hapus
  6. Hanya untuk info tambahan, untuk roda tiga appktm setel klepnya in 0.10 dan ex 0.20. Smoga bermanfaat.

    BalasHapus
  7. Mas sya mw nanya ! Mtor saya new jupiter z 2010 .

    Pertnyaan ny : motor saya kan dah saya rombak kopling ,dn saya da ngikutin cara ke 2 'pas d hdup kan memang halus mas suara ny tapi pas jlan kok kasar ya mas ?? Kira" ap ny ya mas ,teming ny saya cek gk kendur , mhon pncrahan ny !!

    BalasHapus
  8. mas mau tanya , motor saya scorpio , apakah jarak renggang klep 1 dan klep 2 itu sama ya ,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Coba bantu pak Mari usu zega menjawab:
      Semua mesin baik mobil,motor,bus bahkan genset jelas beda jarak kerenggangan antara klep in dan ex nya,nilai kerenggangan klep in lebih kecil dari klep ex

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Mas mau tnya. Motr sya shogun udah bore up semi drag sebaiknya pakai langkah yg no 1 apa no 2 diatas. Mohon djawab, slm srbaya.

    BalasHapus
  11. Mas, saya masih belum mengerti penjelasannya untuk cara ke-2 dipoin kedua."Putar magnit berlawanan arah jarum jam dan posisikan piano klep menekan salah satu tiang payung klep pada motor tersebut dan jika disaat kita memutar magnit klep api dalam posisi terbuka maka stel klep minyaknya dan jika disaat kita memutar magnit piano klep dalam posisi menekan tiang klep bagian klep minyak yang arah ke karburator maka yang di stel klepnya adalah klep api dan sesuaikan jarak kerenggangannya supaya gampang hidup dengan arti jangan kekencangan,"
    Mohon dibantu lebih rinci mas. Terimakasih.

    BalasHapus
  12. Penyetelan katup bisa saja mempengaruhi kinerja mesin, jika kita salah perhitungan bisa menyebabkan RPM mesin tidak karuan. Tapi ada banyak hal lain yang menyebabkan katup tidak standar, nice post,, sangat membantu.

    BalasHapus
  13. mau tanya pak.. motor saya honda beat tahun 2010 . . saat mesin dingin diputar gas angkatan mau jalan seperti kehabisan bensin.. vakum udah diganti, busi udah diganti, karbu sudah diservis.. tapi gejala seperti itu masih ada setiap hari.. mohon pencerahannya pak, apa yang perlu di seting.. terimakasih.

    BalasHapus
  14. Mau tanya motor vario 110 fi di lepas gan ada suara letupan kecil dari knalpot kenapa ya? Busi baru

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!