Selasa, 13 Oktober 2015

Penyebab Motor Berasap Putih Khususnya 4 Tak dan Cara Memperbaikinya


Melalui artikel saya kali ini, akan menjelaskan kepada setiap pemilik kendaraan dan sekaligus bagi mekanik bengkel sepeda motor tentang Penyebab motor berasap putih khususnya 4 tak dan cara memperbaikinya, supaya memiliki pemahaman dalam menyimpulkan apa yang harus di lakukan kalau terjadi pada kendaraan bermotor tersebut.

Dan penyebab yang saya uraikan ini semuanya berlaku pada motor 4 tak tidak terkecuali karena memiliki
Penyebab Motor Berasap Putih
kesamaan dalam proses kerja mesin baik kelemahan yang terjadi dan sekaligus cara memperbaikinya, yang membedakan satu sama lain adalah perbedaan bentuk alat yang di pergunakan.

Untuk mengetahui Penyebab motor berasap putih khususnya 4 tak saya akan jelaskan satu per satu di bawah ini supaya ada kepastian bagi setiap pembaca dan terlebih bengkel sepeda motor mengetahui kelemahan pada motor tersebut dan sekaligus cara memperbaikinya, dan untuk mempersingkat waktu saya langsung jelaskan selengkap-lengkapnya tentang penyebab motor berasap putih khususnya motor 4 tak dan cara memperbaikinya.

Beberapa Hal Penyebab Motor Berasap Putih Khususnya 4 Tak dan Cara Memperbaikinya


Secara garis besar setiap sebab pasti ada akibat dan begitu juga sebaliknya dimana setiap akibat yang terjadi pasti ada penyebabnya dan itulah yang saya jelaskan yaitu sebab dan akibat dan juga cara memperbaikinya, antara lain:

  • Pengaruh Knalpot, jika knalpot mengeluarkan asap putih pada motor 4 tak berkemungkinan knalpot tersebut telah di semprotkan oli, dengan memiliki alasan supaya knalpot tidak mudah kropos atau awet dan tahan lama, sehingga disaat motor tersebut di hidupkan mengeluarkan asap putih dan sebetulnya penyebab yang satu ini tidak beresiko pada mesin kendaraan bermotor kita, untuk memastikan bahwa asap putih terjadi karena di akibatkan knalpot maka coba di buka Knalpotnya dan setelah di lepas selanjutnya Mesin motor di hidupkan dan langsung perhatikan di saat hidup apakah masih mengeluarkan asap putih setelah di buka knalpot atau tidak, kalau tidak mengeluarkan asap putih setelah di buka knalpot saat posisi mesin motor di hidupkan maka tidak menjadi hal karena mesin motor tidak memiliki kelemahan atau kerusakan yang mengakibatkan asap putih atau makan oli, tetapi jika setelah dilepas knalpot dan posisi motor dalam keadaan mesin hidup masih mengeluarkan asap putih maka ada kerusakan yang harus di perbaiki pada kendaraan tersebut.
  • Piston dan Ring piston, Jika tahap pertama telah di proses dan masih mengeluarkan asap putih pada motor 4 tak tersebut dan oli selalu kurang saat waktu mengganti oli mesin, maka Piston dan ring piston melemah atau aus sehingga terjadi kebocoran Oli pada sela-sela dinding Silinder(Blok motor) di saat mesin berputar Sehingga Oli akan merembes ke ruang bakar dan ikut terbakar. Inilah yang membuat asap yang keluar dari knalpot berwarna putih. Dan cara memperbaikinya adalah Silinder motor tersebut harus di buka dan setelah di buka coba buka ring pada piston dan masukkan satu per satu
    Penyebab Motor Berasap Putih
    ring tersebut pada silinder, jika ring tersebut memiliki jarak sambungan masih dalam posisi rapat (Maksimal 0,20mm) maka ring bukan menjadi penyebab terjadinya berasap putih, tetapi jika jarak ring tersebut memiliki kerenggangan yang melebihi dari ukuran maksimal dari 0,02mm maka ring tersebut harus di tukar dengan yang baru. Begitu juga dengan pistonnya, setelah di buka ring dari piston, coba piston yang tanpa ring tersebut masukkan ke silinder (blok), seandainya piston yang kita masukan masih pada maka piston tersebut masih bagus dan bukan menjadi penyebab motor mengakibatkan asap putih, tetapi jika di saat kita masukkan piston tersebut ke silinder dan tanpa kita tekan ke silinder (bloknya) sudah jatuh atau tidak padat atau kemungkinan piston tersebut cacat/baret maka Piston harus di ganti dan cara memperbaikinya Silinder tersebut harus di Ganti yang baru bersamaan dengan Piston ring Kit atau cara lain memperbaikinya adalah Silinder tersebut di Boring dengan mengganti botol pada silinder tersebut dan cara yang lain lagi adalah di Corter/Lemar (Piston ringnya yang baru diperbesar menjadi ukuran oporsize 25, 50, 75,100).
  • Botol Klep, penyebab berikutnya jika terjadi asap putih pada motor 4 tak tersebut adalah karena Botol klep yang lobok/longgar atau tidak padat saat di pasang payung klep, cara memperbaikinya harus di ganti yang baru botol klepnya supaya memiliki kepadatan pada posisi pemasangan payung klep. dan usahakan harus tepat pemasangannya, karena jika botol klep tidak duduk pada posisi yang tepat akan mempersulit kita pada saat menyekir klep.
  • Tiang payung klep aus, penyebab berikutnya terjadinya asap putih pada motor 4 tak adalah karena tiang payung klep yang aus, cara pemeriksaannya adalah setelah di lepaskan kuku klep dan per klep coba masukkan tiang klep tersebut ke botol klep dan setelah masuk coba goyangkan kiri kanan, jika padat dan tidak goyang kiri kanan maka klepnya bagus tetapi jika longgar dan kemungkinan bisa di goyang ke kiri dan ke kanan maka klep tersebut sudah harus di ganti dengan yang baru.
  • Klep bocor, Penyebab berikutnya adalah klep bocor, ini biasanya karena kerak yang sudah menumpuk di bibir klep. atau bisa juga karena klep sudah tidak rata. cara memperbakinya adalah dengan cara menyekir klep dengan mengikisnya dengan alat bantu amplas cair(amrile) untuk meratakan kembali posisi klep dengan seteing klep.
  • Seal Klep, penyebab yang paling rawan terjadinya asap putih pada motor 4 tak adalah karena seal klep Keras/mati atau tidak padat pada tiang klep, dan hal ini saya wajibkan untuk mengganti seal klep tersebut setiap melakukan perbaikan motor dalam posisi berasap karena seal klep inilah yang sering rawan terjadinya asap putih pada motor 4 tak.
jika sudah mengetahui penyebabnya maka selanjutnya bisa dibaca di sini tentang
3. Cara Pasang rantai keteng motor honda
Demikianlah penjelasan tentang penyebab motor berasap putih khususnya 4 tak dan cara memperbaikinya, mudah-mudahan bermanfaat bagi setiap yang ingin memperbaiki sepeda motor dalam kondisi motor tersebut berasap.

Sekian dan selamat mencoba.
  1. Mas..spedamotor saya tidak ,mengeluarkan asap.tali kok ,makan oli ya?

    BalasHapus
  2. ada beberapa alternatif lain jika motor makan oli tapi tidak berasap, kemungkinan ngerembes oli di seal-seal mesin seperti seal oporan gigi, seal as gir, seal engkol dan sekalian perpaknya juga di cek kemungkinan oli ngerembes dari sela-sela perpak, dan saran saya lakukan pergantian oli setiap 1500 km.

    BalasHapus
  3. mas motor saya keluar asap putih di knalpot nya,saya pernah masukin oli di knalpot nya..apa itu penyebab knalpot keluar asap putih???..
    terus gimana cara ngilangin asap nya??..

    tolong di jawab
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika asapnya hanya di sebabkan oleh oli yang dimasukin di knalpot maka mesin tidak rusak mas gunawan, biasanya dalam beberapa minggu setelah dimasukin oli akan hilang sendiri asap putihnya, untuk memastikan motor tersebut berasap atau makan oli coba di cek oli mesinnya pada saat ganti oli berkurang atau tidak, jika berkurang maka berarti motornya makan oli. solusi kedua untuk memastikan motor tersebut berasap adalah coba di lepas knalpot dari mesinnya kemudian hidupkan mesinnya, kalau disaat hidup asap putihnya keluar maka berarti motornya sudah makan oli dan jika tidak keluar asap putihnya saat dihidupkan pada posisi knalpot di lepas berarti hanya knalpotnya yang bermasalah.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  4. MAs mari usu zega,,Motor saya vega r new tahun 2008, sdh seminggu ini di knalpot saya saat motor diam posisi nyala dan tidak di gas mengeluarkan asap putih..
    tapi ketika digas asapnya hilang, saat posisi di jalankan juga tidak mengeluarkan asap,,,

    itu apanya ya yg rusak mas?
    Mohon penjelasan,,
    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mas motor saya juga seperti itu kalau pertama dinyalakan tidak keluar tapi kalau sudah panas kalau berhenti juga kluar asap putih tapi pas jalan tidak

      Hapus
    2. Iya mas sama motor saya juga baru beres andreyen 1 hari kemudian pas langsam keluar asep putih tpi agak ke abuan pas di jalankan ga keluar

      Kenapa iya
      Mohon jawabannya mas

      Hapus
    3. Klo motor sya bwa ngebut 80 km dia keluar asap tebal mas.

      Hapus
  5. mas motor berasap gara2 dimasuk kan oli,tempat lubang busi.apakah itu bisa menimbulkan kerusakan

    BalasHapus
  6. Mas motor saya kok keluar asepnya banyak banget kayak asap rokok itu dia tolong infonya

    Tolong di jawab ya

    BalasHapus
  7. Mas saya jg udah ganti blok udah ganti head udah ganti stang kok msih berasap abu2 tipis asapnya terus pedas kena mata kira2 apa mas masalah nya

    Tolong mas tnks

    BalasHapus
  8. Mas saya jg udah ganti blok udah ganti head udah ganti stang kok msih berasap abu2 tipis asapnya terus pedas kena mata kira2 apa mas masalah nya

    Tolong mas tnks

    BalasHapus
  9. Solusi ny gimana kalu makan oli mas

    BalasHapus
  10. Solusi ny gimana kalu makan oli mas

    BalasHapus
  11. mas motor saya pas panas itu berasap mas, klw gk panas gk brasap, g mna mas?

    BalasHapus
  12. Klo udah turun mesin tpi masih tetep keluar asap putih.itu masalah nya pada bagian apa ya mas??

    BalasHapus
  13. thx info nya bisa belajar banyak nih dari post nya :D

    mgmcash88

    BalasHapus
  14. Trima kasih infonya mas,sungguh sangat berguna bagi bangsa pengguna motor yg ingin servis sendiri motor kesayanganya.good luck......

    BalasHapus
  15. Heueuh atuh balas da batur teh hayang apaleun naon kira-kira penyebabnya. lain kitu lur....

    BalasHapus
  16. Mas kalau motor metik suzuki setiap ganti oli ,banyak asap putih yang keluar setiap digas. Jadi apa masalahnya

    BalasHapus
  17. Mas kalau motor metik suzuki setiap ganti oli ,banyak asap putih yang keluar setiap digas. Jadi apa masalahnya

    BalasHapus
  18. Pak mau tanya .motor saya mx ni kalo gas nya d stelan stasioner itu gak ngebul . tapi kalo gas e di naikin kok baru ngebul putih itu kenapaa yaa??

    BalasHapus
  19. Mas saya punya mp 2009.padahal seker,bureng baru..semua normal tapi mengapa masih mengeluarkan asap putih.

    BalasHapus
  20. Mas motor saya Yamaha MX, knalpot keluar asap putih, tapi sekali2, itu knapa y mas?

    BalasHapus
  21. Mas motor saya Yamaha MX, knalpot keluar asap putih, tapi sekali2, itu knapa y mas?

    BalasHapus
  22. Berapa ya kalo saya mau benerin ke dealer yamahanya langsung mas?

    ditunggu jawabannya ya mas

    BalasHapus
  23. Mas punyaku sepeda motor honda grand udah di besarin boringnya piston set udah ganti,klep udah di cek aman semua tapi saat mesin panas knalpot keluar asap putih saat mesin dingin knalpot gak keluar asap putih,mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
  24. Mas motor saya suda ganti piston tpi ko' masi berasap puti saat di kasi nyala tpi kalau suda di gas full hilang asapnya kira kira apa solusinya itu mas

    BalasHapus
  25. Mas motor saya suda ganti piston tpi ko' masi berasap puti saat di kasi nyala tpi kalau suda di gas full hilang asapnya kira kira apa solusinya itu mas

    BalasHapus
  26. Piston/liner/silinder yg aus/baret bisa dg mudah diperbaiki tanpa perlu bongkar/turun mesin dengan aplikasi Revitalizant XADO.co.id
    Produk revitalizant XADO punya teknologi yg mampu dg segera menambal metal yang aus karena gesekan. Hasil langsung segera terlihat setelah aplikasi. Jauh lebih hemat krn tanpa turun mesin.

    BalasHapus
  27. Mas, motor saya kmrin brasap ngebul dari knalpot nya, tapi sekarang asap nya hilang, pdahal ga saya apa2in, kira2 itu knpa ya mas.
    Mhon dijawab

    BalasHapus
  28. mas motor aya jupiter mx tanpa kopling berasap putih kalau speed 60 ke atas dalam artian kalau dibalap makin parah asapnya itu apanya ya mas

    BalasHapus
  29. Mas motor saya keluar asap merah dan hijau gimana solusinya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah bagus om, jarang yg bisa keluar warna gitu lho? mau tanya emang untuk olinya pake apa ya?

      Hapus
  30. Mas motorku vixion baru 3 bulan ganti ring tp kok skrg ud ngebul lagi , kira* apa ya penyebabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan pistonya juga om, ganti sekalian sama pistonnya

      Hapus
  31. Bang kenapa motor mio ane pas ganti karbu king terus keluar asap putih mohon pencerahanya ??

    BalasHapus
  32. Permisi om. . Motor ane jupiter mx 135 makan oli. Asap putih sih gax ada. Tapi kalo posisi netral di gas kluar tuh asap putih nya. . Tu knp ya om n solusi nya gmn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yg ane malah kebalikannya, pas gak di gas asap putig gak ada di gas ada -_- hadeh

      Hapus
  33. Misi om..mau tanya, motor saya kalo posisi sdh dingin/dlm keadaan baru dinyalakan jika dihidupkan mengeluarkan asap warna putih, tp kalo sdh dipanaskan sekitar 5 menit asap putih nya hilang dan dijalankan pun motor nya asap putih nya ilang, jd cuma dlm keadaan motor dingin saja kalo mau dihidupkan mengeluarkan asap warna putih. Itu knp ya om motor saya kira2? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Om, motor sy juga seperti itu kendalanya. Motor sy Megapro. Kira2 dikarenakan apa ya Om? Mohon bagi pengalaman nya . Makasih

      Hapus
  34. Misi min..apakah jenis oli juga berpengaruh ?

    BalasHapus
  35. Motor saya keluar asap terus mas, langsam atau di gas tetap sama, keluar terus tu asap, baunya wangi,
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .Btw motor saya f1z-r :v

    BalasHapus
  36. Ass. Mas motor saya jupiter mx135 belakangan ini saya ganti oli, kurang terus asap putih g ada keluar, tp dalam keadaan netral jika di gas kuat keluar asap putih mas, t apa penebabya mas tolong di bantu mas trimakasih wsslam

    BalasHapus
  37. Mas motor saya new mx ngluarin asap putih di knalpot.. kalo lagi diem gak trlalu kliatan kalo lagi ngebot baru kliatan.. itu kenapaa ya

    BalasHapus
  38. Mau tanya dong , motor sy vega r new , 3 hari lalu ganti seher sama ring
    Kok masih keluar asap putih ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti dinding blok mesinnya udh kropos mas krna haus akibat gesekkan dari sehernya itu dikarenakan krna tidak pernah ganti oli

      Hapus
  39. Mw tanya mas motor saya satria du 2006
    Motor bru ajah turun mesin
    Ud naik oversize gnti seal klep.shim shiman tetapi mesin panas bgt mengeluarkan asap putih asal mesin ya dingin tdk sama sama sekali knp ya mas??
    Padahal ud ganti ini itu smpe pusing saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti blok mesinnya mas, jgn dibubut blok mesin lamanya

      Hapus
  40. Mas motor saya hilang hayoh tanggung jawab

    BalasHapus
  41. Mas,saya ga punya motor,tlong beliin mas, brg panas pun gpp, asal lmgkp bpkb sma stnk nya, bruakakakaak

    BalasHapus
  42. Saya punya jupiter.z dari bbrp hari yang lalu kalo jalan/pas masuk gigi baru dy berasap..
    Tapi kalo posisi netral dia nggak ngasep walaupun di gas full.
    Itu gimana ya solusinya.
    Yang tau mohon solusi dong

    BalasHapus
  43. Lam kenal om., mio saya susah d'hidupin (dingin\panas), bbm boros, elektroda busi hitam. Cmn aneh'ny kl udh hidup enak bwt lari (g ngempos/brebet). Mgkn'kah klep bocor? Makasih

    BalasHapus
  44. Mas saya mau nanya motor saya kan lama tidak pernah nyala terus sekali saya nyalakan eh tiba" berasap sebelumnya gk pernah ngasap itu kenapa ya

    BalasHapus
  45. Mas mau nanya boleh?mas motor says Jupiter mx 135 lc tahun 2008,,motor saya berasap di knalpot nya itu knp ya?? Udh lama ga ganti oli mas,, terms sesudah saya ganti oli kok tiba2 berasap knalpot nya? To long mas di jawab kerusakan nya serial terimakasih

    BalasHapus
  46. Mas mau nanya mtor saya kalo dingin keluar asap putih.tp pas sudah panas dikit hilang asap putihnya.kira2 apanya yaa

    BalasHapus
  47. Mau tanya. Mas kok saya setelah ganti rantai keteng. Motor saya jadi ngasap putih n gak mau di kick stater tangan ya. ??

    BalasHapus
  48. Ada..maaf mas mau tnya Jupiter MX saya pas di panasin keluar asap putih pas LG jln malah ngebul kaya asapnya bnyak kaya kebakaran kenapa ya??

    BalasHapus
  49. Selamat pagi mas.saya mau tanya mas.motor Jupiter MX king 150 saya baru ganti blok dan piston,tapi kenapa susah hidup dan berasap putih mas?

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!