Sabtu, 29 Oktober 2016

Cara Mengetahui Kiprok Rusak Tidaknya Pada Sepeda Motor


Bengkel sepeda motor – Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan Cara mengetahui kiprok rusak tidaknya pada sepeda motor. Kiprok(Regulator) adalah salah satu komponen alat sepeda motor yang berfungsi sebagai terminal penyaring dan yang menstabilkan arus pengapian dari spool api kelistrikan sebelum menyebar aliran api ke seluruh rangkai kabel, dan terlebih lagi fungsi yang paling dibutuhkan dari kiprok ini merupakan sebagai  Alat motor yang berfungsi untuk mengecas aki supaya tetap kuat pada saat motor dikendarai.

Cara Mengetahui Kiprok Rusak Tidaknya Pada Sepeda Motor
Cara Mengetahui Kiprok Rusak Tidaknya Pada Motor
Melalui Blog Bengkel sepeda motor, akan memberitahukan secara detail proses pemeriksaan sekaligus memastikan dengan benar apakah kiprok pada motor tersebut rusak tidaknya. Dan tentu saya yakin pada saat ini anda mencari informasi tentang cara mengetahui kiprok rusak tidaknya pada sepeda motor anda karena itulah yang sedang ada masalah pada motor anda saat ini, dan saya yakin anda tidak menyesal membaca sampai habis artikel ini, karena semuanya saya akan beritahukan tahap demi tahap proses pemeriksaan untuk memastikan apakah kiprok motor tersebut rusak atau tidak.

Jujur saya katakan, masih banyak yang masih meraba-raba, menebak apakah kiproknya yang rusak atau tidak ya? Tapi saya maklum karena mungkin anda baru terjun kedunia bengkel sepeda motor atau juga sebagai orang awam yang ingin mencoba untuk mengetahuinya secara pasti untuk menambah pengalaman, terlebih lagi dalam proses menebak rusak-tidaknya kiprok motor tersebut tanpa melalui proses pemeriksaan setiap tahap-tahapnya. Dalam arti jika seperti yang saya ungkapkan diatas bahwa proses menebak apakah memang rusak kiprok tersebut atau tidak, saya yakin bahwa tanpa melalui proses dan hanya sekedar menebak bisa saya katakan bahwa ada yang kebetulan benar tebakannya dan kebanyakan tidak benar tebakannya karena tanpa melalui proses pemeriksaan tahap demi tahap.



Baiklah, saya langsung saja untuk memberitahukan cara mengetahui kiprok rusak tidaknya pada sepeda motor tahahap demi tahap dari mulai proses mengenal alasan kiprok tersebut sasaran untuk kita fokus pada permasalahannya.

Tahap-tahap Proses pemeriksaan Cara Mengetahui Kiprok Rusak Tidaknya Pada Sepeda Motor


Untuk kita langsung mengarah pada permasalahan tentang cara mengetahui kiprok rusak tidaknya pada sepeda motor, tentu harus terlebih dahulu mengetahui akibat yang ada pada kendaraan motor tersebut. Biasanya akibat kita melakukan proses pemeriksaan pada kiprok motor adalah antara lain:


1. Aki tidak mengecas
Kebanyakan pada kendaraan bermotor, apabila aki/batteray sering soak,atau lemah dan walaupun diganti dengan aki yang baru dan selalu dengan hanya beberapa waktu antara 1 minggu hingga 1 bulan akinya sudah soak atau lemah, itu berarti salah satu penyebabnya adalah kiproknya tidak berfungsi.

Cara Mengetahui Kiprok Rusak Tidaknya Pada Sepeda Motor
Cara Mengetahui Kiprok Rusak Tidaknya Pada Sepeda Motor
2. Cahaya lampu motor Redup
Apabila pengapian dari spool pengapian bagus, warna kabel kuning dan warna kabel putih dari spool kuat percikan apinya keluar tetapi cahaya lampu utama motor redup Jelas salah satu penyebabnya adalah kiprok.

3. Di gas langsung terang tak terbatas
Pada umumnya akibat di gas tinggi dan tau-taunya waktu dihidupkan lampu utama dan saat digas tinggi cahaya lampu langsung terang dan mengakibatkan putus bola tersebut, salah satu penyebabnya adalah kiprok.

4. Bola lampu sering putus
Sama dengan poin no. 3, bola lampu depan dikit-dikit putus, terlebih waktu digas tidak nahan cahayanya maka berarti salah satu penyebabnya adalah Kiprok rusak.

Untuk memastikan hal tersebut diatas, tentang apa yang menjadi penyebabnya, sekarang kita masuk pada proses pemeriksaannya. Setelah kita mengetahui bahwa spool api lampunya bagus, dan terbukti memang seperti poin-poin diatas akibat yang terjadi, maka langsung kita masuk ke proses pemeriksaan kiprok. Pada proses ini, ada beberapa yang harus diperiksa, antara lain:

  • Usahakan sekarang sudah mengetahui bentuk kiprok pada semua motor ya….!!
  • Setelah sudah mengetahui, dimana letaknya dan bentuknya seperti apa, sekarang cabut colokan kabel kiprok.
  • Kemudian coba cek percikan api di colokan kabel kiprok, kabel  tersebut warna waran putih dan warna kuning, pastikan kabenya mengeluarkan percikan api pada saat mesin diengkol atau berputar.
  • Setelah percikan di kabel colokan kiprok warna kuning dan warna putih ada percikan api, sekarang colokin soketnya ke kiprok.
  • Setelah colokan kabel kiprok terpasang ke kiprok, sekarang  cek percikan api di kabel keluar warna merah, Jika itu keluar percikan apinya berarti kiprok telah berfungsi untuk ngecas batteray motor, dan jika tidak keluar percikan apinya berarti kiproknya sudah rusak atau tidak berfungsi. Dan jika itu kejadiannya, berarti kiproknya rusak dan segera ganti dengan yang baru, karena itulah penyebab aki selalu soak atau lemah atau tidak tahan lama.
  • Kalau seandainya cahaya lampu redup dan tidak terang, untuk prakteknya, coba lepas colokan kabel kiprok dan hidupkan mesinnya sambil menghidupkan lampu, jika terang maka berarti ada konsleting di kiprok dan segera tukar dengan yang baru kiproknya.
  • Jika lampu utama motor sering putus pada saat di gas tinggi, maka kiproklah permasalahannya, segera ganti kiprok motor tersebut karena tidak berfungsi lagi untuk menahan arus lampu pada putaran tegangan tinggi.
  • Dan selesai, otomatis anda telah yakin mengetahui cara mengetahui kiprok rusak tidaknya pada sepeda motor tersebut.

Ada beberapa artikel yang telah saya persiapkan penjelasannya melalui blog Bengkel sepeda motor, dan jangan lupa membacanya ya, antara lain:
1. Penyebab Motor Mati Langsing Saat Dimasukkan Gigi 1
2. Penyebab Kompressi sepeda Motor Hilang Dan Cara Pemeriksaannya
3. Perawatan Motor Matic Yang Baik Dan Benar Agar Tetap Awet

Demikianlah Cara mengetahui kiprok rusak tidaknya pada sepeda motor anda, saya yakin setelah membaca artikel ini, pasti sudah yakinlah bahwa anda telah selesai memeriksa kiprok rusak tidaknya pada motor tersebut, dan jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk informasikan kepada yang lain informasi ini tentang cara mengetahui kiprok rusak tidaknya pada sepeda motor.

Sampai Jumpa di artikel kesempatan berikutnya!!
  1. "Kemudian coba cek percikan api di colokan kabel kiprok, kabel tersebut warna waran putih dan warna kuning, pastikan kabenya mengeluarkan percikan api pada saat mesin diengkol atau berputar."

    itu posisi kabel putih dan kuning di adu/ditempelin atau gimana

    "Setelah colokan kabel kiprok terpasang ke kiprok, sekarang cek percikan api di kabel keluar warna merah"
    kabel merah dipelototin aja apa di gesek ke body apa giaman nih, tolong penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika maksud anda mas duipee, untuk mengetahui kabel merah tersebut yang dari kiprok, berfungsi tidaknya, harus dihidupkan motornya atau diputar mesinnya, sambil menggesek kabel merah tersebut ke massa body, jika percikan apinya keluar berarti bgus kiproknya dan jika tidak keluar percikan apinya,berarti ada masalah di kirok alias rusak ya!!

      Hapus
    2. Bagai mna jika kabel kuning tidak memercikan api,hanya kabel putih yg memerlukan Cikande api

      Hapus
  2. Ane uda nyobak cara yg d atas tp gak ada percikan samaskali. Tp motor nyala tuh. Mohon solusinya

    BalasHapus
  3. Mau nanya gan...
    Motor sy beat f1 2013..
    Mati total..saat kontak on pun tidak nyala sama sekali...
    Mohon bantuannya...
    Terimkasih

    BalasHapus
  4. Kalo ditambah diode gimana?

    BalasHapus
  5. Motor Mio GT Karbu spul,kiprok,aki. Sudah diganti yang baru orsinil setelah dipasang semua nya motor hidup normal lampu stabil api yang keluar dari kabel merah kiprok normal tapi 2hari akinya habis
    Mohon solusinya
    Thank you

    BalasHapus
  6. Mau nanya boss..,
    Kalau kabel kiprok yg warna putih &kuning sebelum di starter/di engkol , tapi kalau digesek ke bdy,uda ada percikan listriknya,...apa penyebabnya..? Mohon....penjelasanya....

    BalasHapus
  7. Boss mau nanya
    Saya beli aki Ninja baru saat saya hidupin itu indikator akinya nyala dan setelah itu saya matiin trus saya hidupin lagi tidak kuat starter, lalu saya diam kan agak lama setelah itu saya starter nyala boss, tp tdk lama indikator akinya nyala lagi gk kuat lagi starternya, apa penyebabnya bos? Mohon bantuanya, trimakasih

    BalasHapus
  8. Bos mau nanya motor saya beat karbu,ko saya cas aki tapi cuma tahan 1 mingguan ya,setlh 1 minggu starter mtr saya gak mau ngangkt lgi. Kebanykn orng si bilng kiproknya tapi lampu mtr sya gk redup klo digas,aki sya juga gk pernh soak dan kalo aki yg dimtr sya saya pindhin ke mtr lain ngangkt strterny??.mohon solusinya buat yg tau mksh.

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!