Sabtu, 29 Oktober 2016

Lampu Sein Motor Tidak Menyala, Apa Penyebabnya Dan Bagaimana Proses Pemeriksaannya Sekaligus Meperbaikinya


Bengkel Sepeda Motor – Lampu sein Pada sepeda motor sangat berfungsi disaat kita mengendarai kendaraan bermotor sebagai kode atau tanda kita mau mengarah belok kiri atau belok ke kanan. Tetapi ada saatnya Lampu sein motor tidak menyala, untuk itu melalui artikel kali ini, saya akan memberitahukan tentang Penyebab lampu sein motor tidak menyala dan beberapa kelemahan yang terjadi yang berkaitan dengan kelemahan yang membuat lampu sein motor tidak menyala dan juga tidak mau berkedip, dan tentunya dengan penjelasan lengkap tahap-demi tahap pada proses pemeriksaan yang benar, sehingga dapat memudahkan anda untuk menyimpulkan tentang alat apa yang rusak sehingga lampu sein motor tersebut tidak mau nyala.

Penyebab Lampu Sein Motor Yang Menyala Tapi Tidak Berkedip
Penyebab Lampu Sein Motor Yang Menyala Tapi Tidak Berkedip
Blog Bengkel Sepeda Motor, selalu memberitahukan sesuai dengan pengalaman yang sudah dialami, karena hingga saat ini, saya menulis blog ini pun masih aktif dalam perbengkelan motor dan untuk itu Anda tidak akan sia-sia membaca hingga selesai artikel ini karena satupun tidak ada yang saya sembunyikan terhadap anda tentang cara-cara yang saya lakukan di dunia perbengkelan motor. Dan begitu juga tentang proses menghidupkan lampu sein motor tidak menyala kali ini, saya akan jelaskan dengan lengkap apa-apa saja yang menjadi penyebabnya dan sekaligus proses pemeriksaan mulai dari A sampai Z tentang permasalahan yang ada sehingga bisa saya pastikan bahwa anda dengan sangat mudah untuk mempraktekkannya.

Tentu aneh kan, kalau lampu sein motor tidak, karena akan menjadi repot sendiri saat mau belok kiri atau kanan, apalagi jika lampu sein motor tersebut menyala tetapi tidak mau berkedip-kedip. Untuk itu anda jangan kuatir, karena saya akan menjelaskan secara lengkap tentang lampu sein motor tidak menyala di sini sampai tuntas, bukan hanya menjelaskan tentang lampu seinnya tidak berkedip, tetapi saya akan memberitahukan secara detail proses pemeriksaan yang benar dari mulai tidak menyala lampu seinnya, hanya salah satu yang menyala, hanya salah satu arah lampu sein yang berkedip, dan apalagi dua-duanya tidak berkedip. Itulah maksud dari artikel saya kali ini tentang penyebab lampu sein motor yang menyala tapi tidak berkedip.

Baiklah, dibawah ini saya akan beritahukan tahap demi tahap dari mulai lampu sein motor tidak menyala sama sekali, hanya menyala salah satu lampu seinnya, hanya berkedip salah satu lampu seinnya dan sama sekali tidak berkedip lampu seinnya. Dan semuanya saya gabung dalam judul diatas tentang penyebab lampu sein motor yang menyala tapi tidak berkedip.


Penjelasan Lengkap Untuk Mengetahui Kerusakan Yang Ada Tentang Lampu Sein Motor Tidak Menyala, Apa Penyebabnya Dan Bagaimana Proses Pemeriksaan Sekaligus Memperbaikinya Yang Mudah Di Pahami dan Praktekkan


1. Penyebab Lampu Sein motor Tidak Menyala
Untuk pemeriksaan lampu sein motor sama sekali tidak menyala, maka ada hal-hal yang harus dilakukan untuk tahap-tahap pemeriksaannya, antara lain:
Otomat Lampu Sein (Flasher)
Otomat Lampu Sein (Flasher)
  • Yakinkan anda bahwa Kiprok berfungsi atau tidak, Baca tentang Artikel Kiprok disini
  • Aki paling tidaknya brfungsi dengan mengeluarkan percikan api walaupun tidak kuat
  • Pada colokan kabel yang masuk ke otomat sein motor (flasher) ada 2, yang satu kabel api masuk dan kabel api keluar, kabel masuk itu berasal dari kiprok atau aki dan kabel satunya kabel yang mengalirkan percikan api ke saklar sein motor.
  • Pada saat lampu sein sama sekali tidak hidup, yakinlah ada dua dasar untuk memastikan proses selanjutnya dalam pemeriksaannya, yaitu pastikan ada api masuk di salah satu kabel tersebut, dan jika tidak ada berarti ada kabel yang putus atau tidak nyambung, jadi pastikan dulu ya kabel tersebut berfungsi. Untuk Honda Kabel warna hitam, untuk Yamaha kabel warna coklat dan untuk Suzuki kabel warna orange.
  • Kemudian lepaskan kabel yang satunya dan gabung dengan kabel salah satu warna di motor tesebut dalam arti posisi yang kita lakukan adalah proses parallel supaya mudah dalam mengetahui kerusaknnya.
  • Setelah di gabung parallel kabel tersebut dan lampu seinnya menyala, maka berarti otomat seinnya yang rusak(flasher), saran saya Jika itu masalahnya, segera ganti otomat seinnya dengan yang baru. Dan jika setelah di paralelkan tetapi tidak hidup juga berarti bukan otomat seinnya yang rusak. Otomatis kita masuk ke tahap selanjutnya.
  • Kita langsung menuju ke saklar sein motor tersebut, di saklar sein motor setelah kita gabung paralel kabel yang ada di otomat sein tadi, coba cek api warna yang sama di saklar sein, warna kabelnya sama dengan warna kabel api keluar dari otomat sein tadi, jika tidak keluar percikan api saat kita cek berarti ada kabel yang putus antara kabel otomat sein ke saklar tadi. Dan jika keluar percikan apinya maka berarti kita masuk ke tahap selanjutnya.
  • Setelah semuanya memang benar-benar bagus hingga kabel masuk ke saklar sein dan mengeluarkan percikan api, maka sekarang periksa kabel keluar dari saklar sein motor.
  • Untuk pemeriksaannya sama, yaitu saklar sein coba arahkan ke salah satu arah kiri atau kanan, dan kemudian periksa kabel yang dituju. Jika kabelnya keluar percikan api berarti saklarnya bagus, dan usahakan ya percikan apinya keluar untuk sein kiri dan kanan. Tetapi jika tidak mengeluarkan percikan api maka berarti jangan tunda lagi langsung ganti saklar sein motor tersebut dengan yang baru. Apabila saklar seinnya berfungsi dan mengeluarkan percikan api ke kiri dan ke kanan kabel lampu sein motor dan lampu seinnya juga tidak hidup berarti hanya dua lagi permasalahannya yaitu kedudukan bola lampu sein dan atau bola lampu sein motor tersebut Putus. Saya harap proses situ sudah bisa dilanjutkan sendiri.
Dengan semua proses pemeriksaan diatas, saya yakin lampu sein motor anda sudah bisa berfungsi lagi dan menyala seperti sebelumnya rusak. Itulah cara mengetahui penyebab lampu sein motor tidak menyala.

2. Lampu sein Menyala hanya salah satu pada motor tersebut
Pada proses pemeriksaan yang mana lampu seinnya hanya menyala salah satu pada sepeda motor, maka proses pemeriksaan kerusakan sebagai berikut:
Lamppu Sein Hanya Menyala Sebelah
Lamppu Sein Hanya Menyala Sebelah
  • Langsung kita menuju ke saklar sein motor tersebut, dan kemudian arahkan saklar ke lampu sein yang mati tadi, arahkan ke kiri atau ke kanan yang jelasnya posisikan saklar sein motor pada lampu sein yang tidak menyala tadi.
  • Kemudian periksa kabel keluar dari saklar, jelas harus kondisikan motor pada posisi kunci kontak hidup ya atau mesin motor menyala dan kemudian cek atau periksa kabelnya, jika ada percikan api berarti saklarnya bagus dan jika tidak ada percikan apinya berarti saklarnya yang rusak.
  • Jika saklarnya bagus dan percikan api keluar berarti kemungkinan yang rusak adalah kabel massa, kedudukan fhiting lampu sein atau bola seinnya putus.
Saya yakin, dengan melalui proses ini anda sudah bisa menghidupkan lampu sein motor yang tidak menyala salah satu tadi.

3. Lampu sein berkedip hanya salah satu kekiri atau kekanan.
Jika pada motor anda terjadi seperti ini, hanya salah satu lampu seinnya yang berkedip, maka ada kemungkinan penyebab yang salah atau rusak, yaitu:
  • Karena berbeda watt bola lampu sein antara depan dengan belakang
  • Bola sein motor tersebut putus salah satu antara depan dan belakang atau bola seinnya putus.
Itulah cara menormalkan kembali lampu sein motor yang menyala tapi hanya berkedip salah satu kiri atau kanan. Dan jangan ragu lagi untuk langsung mempraktekkannya.

4. Lampu sein menyala dan tidak mau berkedip
Sesuai dengan judul diatas bahwa penyebab lampu sein motor yang menyala tapi tidak berkedip, tentu tidak susah lagi untuk mengetahui kerusakannya, karena sebenarnya telah saya uraikan beberapa di atas, tapi baiklah, penyebab lampu sein motor yang menyala tapi tidak berkedip seperti ini cara pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya, antara lain:
  • Periksa bola lampu seinnya, putus atau tidaknya karena itu salah satu penyebabnya
  • Otomat seinnya Rusak (flasher)
  • Salah satu bola seinnya tidak sama wattnya.
  • Yakinlah bahwa setelah mengetahui proses poin no 1, no 2 dan no 3, saya yakin untuk proses ini tidak akan sulit lagi untuk mengetahui dan terlebih proses pemeriksaan yang menyebabkan lampu sein motor yang menyala pada setiap motor apapun jenisnya.
Artikel lain yang sangat bermanfaat tentang bengkel sepeda motor yang telah saya posting sebelumnya antara lain:
1. Lampu depan motor dalam rangkaian pemeriksaanya hingga bola hidup
2. Penyebab motor mati langsung saat dimasukkan gigi 1
3. Penyebab kompressi sepeda motor hilang dan proses pemeriksaannya

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab permasalahan pada Lampu sein motor tidak menyala, apa penyebabnya dan bagaimana proses memeriksa dan memperbaikinya secara lengkap, saya yakin anda tidak ragu lagi untuk mempraktekkannya secara langsung jika lampu sein motor anda saat ini tidak menyala atau tidak berkedip lampu seinnya.

Selamat mencoba, dan sampai ketemu pada artikel postingan berikutnya. 

1 komentar:

  1. Jika sein kiri nyala normal, tapi kalo di pencet sklar kanan flasher nya bunyi kreeeeekkkk terus, gimana. Itu ??

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!