Jumat, 14 Oktober 2016

Penyebab Kompresi Sepeda Motor Hilang dan Proses Pemeriksaan Sekaligus Cara Memperbaikinya


Bengkel sepeda motor - Penyebab kompresi sepeda motor hilang dan proses pemeriksaan sekaligus cara memperbaikinya - Pada umumnya motor tidak selama bagus, apalagi kalau perawatannya tidak rutin dilakukan otomatis pasti akan mengalami kerusakan, salah satu penyebab yang sering saya temui adalah motor tersebut kehilangan kompresi, dan bagaimanapun hebatnya mekanik kalau tidak ada pemeriksaan pada motor tersebut dan memperbaikinya dengan mengganti alat yang rusak atau menyeting bagian-bagian yang menyebabkan motor kehilangan kompresi, maka saya jamin motor tersebut dengan sekuat tenaga mengengkol, dengan sekuat tenaga menekan tombol starter untuk dihidupkan kendaraan tersebut maka tidak akan hidup.

Penyebab Kompresi Sepeda Motor Hilang
Posisi Motor kehilangan kompresi
Motor yang kehilangan kompresi merupakan hal yang sangat membingungkan jika terjadi pada kendaraan anda, dan tentu yang menyebabkan kompresi sepeda motor tersebut hilang ada yang disebabkan dengan masalah sepele yang hanya tinggal menyetel bagian yang menyebabkan kompresi motor hilang dan ada juga yang memang harus diganti alatnya baru ada kompresinya.

Untuk itu, melalui Bengkel sepeda motor kali ini akan memberitahukan apa yang menjadi penyebab kompresi sepeda motor hilang dan sekali akan menjelaskan cara mengatasi atau memperbaiki motor yang kehilangan kompresi tersebut.

Semua nanti yang saya uraikan di bawah ini, merupakan hal yang sering terjadi selama saya menggeluti dunia perbengkelan hingga saat ini, dan begitu juga pada cara mengatasi atau memperbaiki motor yang kehilangan kompresi tersebut, semuanya berasal dari pengalaman saya.

Harapan saya dengan menjelaskan artikel tentang penyebab kompresi motor hilang dan cara memperbaikinya, dapat nantinya memudahkan anda untuk mengetahui dengan tepat tentang permasalahan yang ada, dan bagaimana selanjutnya untuk mengatasinya.

Baiklah, untuk mempersingkat waktu, dibawah ini saya akan uraikan satu per satu yang menjadi penyebab kompresi sepeda motor hilang dan juga cara mengatasi atau memperbaikinya.

Beberapa Hal Yang Menjadi Penyebab Kompresi Sepeda Motor Hilang


Langkah-langkah yang saya uraikan dibawah ini, mohon dilakukan sesuai urutannya, supaya anda tidak kebingungan dalam mempraktekkannya dan sekaligus anda dapat dengan mudah mengetahui permasalahannya tentang kompresi sepeda motor yang hilang tersebut, sebagai berikut:


  1. Pertama sekali yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa memang kompresi sepeda motor anda hilang, coba di engkol, kalau ringan waktu di engkol(kick starter) atau serasa tidak ada beban waktu diengkol berarti kompresi sepeda motor motor anda yang bermasalah.
  2. Untuk lebih memastikan kalau memang yang menyebabkan motor anda tidak hidup yang disebabkan
    Penyebab Kompresi Sepeda Motor Hilang
    Pemeriksaan Melalui Lubang Busi
    oleh kehilangan kompresi adalah buka/lepas businya dari mesin motor tersebut, kemudian engkol, pada saat diengkol coba tutup lubang tempat busi tersebut dengan salah satu jari anda, jika waktu diengkol bersamaan dengan lubang busi ditutup menggunakan salah satu jari kita dan tidak ada tendangan kompresi mesin nendang di lubang busi tersebut, maka berarti memang benar-benar kompresi motor anda yang bermasalah yang menyebabkan motor anda tidak hidup.
  3. Setelah kita tau pasti dengan melakukan proses poin no 1 dan 2 dan memang benar-benar tidak ada kompresinya, sekarang kita masuk pada langkah pemeriksaan salah satu kerusakan yang menyebabkan kompresi sepeda motor kesayangan anda hilang. Untuk hal pertama yang harus dilakukan adalah coba periksa pakingnya, kira kira ada yang bocor atau tidak atau ngerembes oli atau tidak, hanya dua paking yang perlu diperiksa yang menyebabkan kompressi sepeda motor hilang adalah paking silinder bawah dan paking antara silinder dengan kepala silinder. Jika bocor dan ngerembes oli maka itulah penyebabnya dan jika tidak ada yang bocor dan jika tidak ngerembes oli maka buka itu penyebab sepeda motor anda kehilangan kompresi.
  4. Selanjutnya jika poin no 3 bagus, selanjutnya adalah coba buka tutup klep atas dan bawah, dan kemudian periksa kerenggangan dan kekencangan klepnya, Pada saat melakukan stel klep, jangan
    Penyebab Kompresi Sepeda Motor Hilang
    Pemeriksaan Melalui Klep dan Top Keteng
    lupa nyetelnya pada posisi top ya!!! Dan jika pada saat anda pemeriksaan klep bergerak kiri kanan dan atas bawah, maka berarti bukan itu yang menyebabkan kompresi sepeda motor tersebut hilang, tetapi jika sebelum di stel dan kebetulan kekencangan salah satu atau dua-duanya tiang payung klep oleh baut stelan klepnya maka yakinlah bahwa itu yang menyebabkan sepeda motor anda kehilangan kompresi. Untuk mengatasinya, anda harus stel ulang baut stelan klepnya, jika motornya jenis bebek atau motor matic, kerengaangan baut stelan klep dengan tiang payung klepnya antara 0,03mm s/d 0,05 mm, dan jika motornya motor sport maka kerengganganbaut stelan klep dengan tiang payung klepnya antara 0,08mm s/d 0,012mm. Yakinlah bahwa kompresi motor anda pasti ada setelah distel klepnya dan otomatis motor anda bisa hidup dan dikendarai kembali.
  5. Dan kemudian, jika pada saat pemeriksaan jarak stelan klep dengan tiang payung klep, dan kebetulan renggang, maka berarti kita lanjut ya pada pemeriksaan berikutnya yang menyebabkan kompresi sepeda motor hilang. Proses berikutnya yang harus diperiksa dengan membuka tutup rantai keteng bagian atas yang ada di kepala silinder, kemudian lihat rantai ketengnya apakah rantai ketengnya lepas dari kedudukan gigi atas rantai keteng tersebut atau tidak, jika lepas berarti rantai ketengnya sudah aus dan kepanjangan dan itulah yang menyebabkan kompresi sepeda motor anda hilang. Coba ganti rantai ketengnya ya, dan sekalian periksa juga otomatis tunjangan temengnya. Tetapi jika Rantai ketengnya bagus dan masih terletak di kedudukan gigi rantai keteng atas yang ada di kepala silinder, maka berarti bukan itu penyebab kompresi sepeda motor anda hilang. Kita lanjut pada proses pemeriksaan kerusakan berikutnya.
  6. Tetap pada posisi rantai keteng, sekarang kita langsung pemeriksaan pada top rantai keteng dan posisi top gigi rantai keteng atas dan top magnit. Untuk memastikan bahwa bukan karena posisi rantai ketengnya lari yang menyebabkan kompresi sepeda motor hilang, caranya buka penutup lubang yang ada di bak magnit besar kecil dengan memakai kunci obeng min, setelah terbuka coba putar magnitnya dengan menggunakan kunci T 14mm Honda-T 17mm Yamaha-Suzuki T 17mm dan posisikan garis lurus yang ada huruf “T” di magnit di lubang kecil magnit yang telah kita buka tadi, setelah itu lihat gigi rantai keteng atas dan juga parit kecil yang ada di kepala silinder paling depan, kalau seandainya tepat berarti bukan itu yang menyebabkan kompresi sepeda motor anda hilang, tetapi kalau lari satu dua mata dari posisi topnya berarti itulah yang menyebabkan kompresi sepeda motor hilang dan siap-siaplah karena klepnya kemungkinan bengkok.
  7. Jika sudah dilakukan pemeriksaan diatas dan kemudian semuanya masih bagus dan masih tepat posisi rantai keteng dan juga posisi top rantai ketengnya, sekarang kita lanjut pada pemeriksaan kerusakan yang menyebabkan kompresi sepeda motor hilang. Selanjutnya lepaskan kepala silinder dari bulatan mesin motor, cara bukanya adalah buka baut dua yang ngunci gigi rantai keteng atas selanjutnya buka baut dua di leher karburator, buka knalpot, buka baut samping di sebelah tutup rantai keteng atas dan terakhir buka mur baut tiang blok tutup kepala silinder paling atas, ada 4 itu biasanya dengan memakai Mur topi, dan setelah baut dan mur sudah di buka, sekarang lepaskan bulat-bulat kepala silindernya dari mesin bulatnya. Setelah itu rangkaian alat motor  yang ada pada isi kepala silinder motor tersebut, keluarkan semua seperti pen pelatuk klep, pelatuk klep, noken as, kuku klep, topi klep, per klep,
    Penyebab Kompresi Sepeda Motor Hilang
    Pemeriksaan Pada Bagian Klep Motor
    tiang payung klep. Dan setelah dilepaskan semua, yang penting pada pemeriksaan di bagian ini yang menyebabkan kompresi sepeda motor hilang adalah tiang payung klep, coba periksa benar-benar  seperti tiang payung klepnya bengkok apa tidak, payung klepnya aus apa tidak, payung klepnya cacat apa tidak, dan jika semuanya bagus maka berarti bukan itu penyebab kompresi motor hilang, dan jika ada yang bermasalah seperti yang saya sebutkan diatas maka itulah dia penyebabnya, dan berarti anda harus ganti klep motor tersebut, dan kemudian kemungkinan lainnya adalah bocor klep, jadi mohon di skir ulang dan sekalian ganti seal klepnya yang asli dan juga sekalian periksa botol klep goyang tidaknya tiang payung klep waktu dimasukkan pada tempatnya. Kalau seandainya semuanya bagus di bagian kepala silinder maka proses pemeriksaan dan merupakan proses pemeriksaan yang terakhir adalah di bagian silinder.
  8. Dibagian silinder, inilah proses paling terakhir dan merupakan pemeriksaan yang tidak ada duanya lagi. Otomatis kita harus buka silinder blok motor tersebut, dan setelah terbuka piston dan ringnya yang menjadi sasaran penyebab terakhir yang menyebabkan kompresi sepeda motor hilang, biasanya
    Penyebab Kompresi Sepeda Motor Hilang
    Pemeriksaan Di Piston dan Ring Motor
    pistonnya sudah lobok dari boringnya (piston tidak padat lagi), ring pistonnya mati/ngejem dan otomatis jangan ragu lagi untuk mengganti alat motornya yang baru dengan piston baru opersize dengan mengantarkan silinder blok motor anda untuk di lemar atau di bubut supaya masuk piston baru opersize yang akan kita tukar.
  9. Dan selamat, karena setelah membaca artikel ini, saya yakin anda tidak sangsi lagi untuk mengetahui dalam proses pemeriksaan sekaligus cara memperbaikinya yang menyebabkan sepeda motor anda kehilangan kompresi.

Artikel lain yang mungkin bermanfaat tentang bengkel sepeda motor, antara lain:
1. Penyebab motor berasap putih khusus 4 Tak dan cara memperbaikinya
2. Cara Pasang Rantai Keteng Motor Honda
3. Ada dua cara menyetel klep motor

Demikianlah penjelasan tentang penyebab kompresi sepeda motor hilang dan proses pemeriksaan sekaligus cara memperbaikinya. Apabila penjelasan ini bermanfaat dan dapat membantu anda maka jangan lupa memberitahukan informasi ini kepada yang lainnya.

Terimakasih, sampai jumpa di kesempatan berikutnya.
  1. mang waktu itu motor saya ngasap kemudian saya bongkar dan saya bersihin dalemannya cuman saya bersihin aja gak ada saya ganti apa" alhamdulillah setelah saya pasang kembali asap a hilang muncul masalah kedua a mang karna gak saya ganti paking jadi oli a netes nah waktu saya bongkar lagi buat ganti pakin a
    tapi setelah di pasang lagi kompres a menghilang mang gimana solusi a yah...?

    BalasHapus
  2. Malam om, mau tanya.. Motor saya tidak bisa hidup, pertama saya coba tutup lubang busi pakai jari dan masih ada tenaganya lumayan kencang. Tapi lubang busi saya doll/loss, apa itu jadi penyebab motor saya tidak bisa hidup? Terimakasih

    BalasHapus
  3. maaf nih om mau tanya kok motor saya pas di engkol tekanan yang keluar itu dari intake manifold sedangkan lubang busi malah nyedot om mohon solusinya om terimakasih

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!