Kamis, 04 Agustus 2016

Penyebab Motor Yamaha Vixion Mati Mendadak Dan Tidak Bisa Di Starter


 Penyebab Motor Vixion Mati Mendadak
Motor Vixion Mati Mendadak
Melalui Bengkel Sepeda Motor kali ini, akan membeberkan kepada setiap pengguna sepeda motor Vixion beberapa penyebab Motor Yamaha Vixion mati mendadak dan tidak bisa di starter, semua yang saya uraikan di bawah ini merupakan intisari sesuai pengalaman saya dan pada umumnya permasalahan yang ada pada motor vixion selalu berpatokan pada hal-hal dibawah ini yang menjadi penyebab motor yamaha vixion mati mendadak dan tidak bisa di starter sama sekali.

Perlu saya jelaskan terlebih dahulu, bahwa jenis motor apapun pasti suatu saat akan mengalami kerusakan dan kemungkinan motor tersebut tidak bisa hidup dan apa lagi jika tidak bisa di starter sama sekali, begitu juga dengan yamaha Vixion saudara, pasti akan terjadi hal serupa motor tersebut mati mendadak dan tidak bisa di starter sama sekali, penyebab-penyebab inilah yang akan saya beritahukan kepada pemirsa semua, supaya jika terjadi pada motor anda maka otomatis mengetahui jawabannya melalui blog saya ini.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab motor yamaha vixion mati mendadak dan tidak bisa di starter, antara lain:



1. Kehabisan Bensin (BBM)
Ini sebetulnya lucu mungkin didengar, tetapi kalau amper minyak motor vixion, rusak otomatis tidak ketahuan kalau habis bensinnya, untuk itu sebelum kita masuk ke pembahasan berikutnya, coba di cek bensinnya ada apa tidak.
2. Oil Mesin kurang di kontrol (Kehabisan OIL Mesin)
Pengaruh terbesar pada sepeda motor yang menyebabkan motor Vixion mati mendadak dan tidak bisa di starter adalah karena kehabisan oil mesinnya, yang mengakibatkan motor mati mendadak saat sedang jalan karena kelewat panas, dan kemungkinan dapat menyebabkan mesin motor ngejem, jangankan untuk distarter, diengkol saja tidak berputar mesiinya, hati-hati jika terjadi seperti ini, karena akan mengakibatkan fatal total pada motor vixion anda dan jika diperbaiki akan memakan Biaya yang banyak, dan sangat disayangkan karena kemungkinan motor tersebut untuk normal kembali tidak akan sempurna. Jadi saran saya, untuk Oil mesin motor anda mohon di ganti dengan rutin setiap bulan atau tergantung jauhnya perjalanan, maksimal ganti oil jangan lebih dari 1500 KM.
3. Selang Saluran Bensin tersumbat
Jika semua poin diatas bagus, maka kemungkinan lain penyebab motor yamaha vixion mati mendadak dan tidak bisa di starter adalah selang saluran bensinnya tersumbat, pemeriksaanya sama baik yang memakai karburator maka memakai injection, yang dilakukan adalah periksa selang saluran bensin dari tangki motor yang menuju ke karburator atau injection, usahakan perjalanan minyak bensin lancar, karena jika tidak lancar minyaknya maka sebelum motor mati mendadak atau mati total kemungkinan yang terjadi terlebih dahulu adalah perjalanan motor tersebut nyendat-nyendat dan pada akhirnya Mati mendadak atau mati total.
4. Filter Hawa
Jangan menganggap sepele dengan filter hawa motor, jika terlampau kotor karena terhisap oleh debu dan kemungkinan jarang diperiksa atau kemungkinan sama sekali tidak pernah filter hawanya di tukar
5. Pengapian
Untuk masuk ke tahap pemeriksaan pengapian ini prosesnya sama dengan postingan blog saya sebelumnya yaitu tentang proses pemeriksaan pengapian motor, kita harus mulai pemeriksaan dari kabel Coil, usahakan saat di periksa posisi kunci kontak dalam keadaan ON, jika di kick starter atau di starter tidak ada percikan api, maka ada salah satu pengapian yang lemah, Coba periksa dari mulai Spool, Regulator(kprok), kunci kontak, Skring putus, Batteray Rusak/soak, CDI, Coil dan Busi dan kemungkinan lain kalau rusah adalah ada kabel kelistrikan yang putus tengah, coba dijejaki satu per satu yang telah saya sebutkan ini dan yakinlah pasti akan ketemu penyakitnya.

Ada Beberapa Hal Penyebab Motor Vixion Anda Tidak Bisa Di Starter


Penyebab Motor Vixion Mati Mendadak dan Tidak Bisa di Starter
Sesuai dengan sub judul ini akan saya beritahukan beberapa hal penyebab motor vixion anda tidak bisa di starter, antara lain:

1. Batteray (AKI)
Untuk menghidupkan starter motor vixion pertama sekali sebelum masuk pemeriksaan berikutnya adalah usahakan Akinya Bagus dan Kuat Perapiannya, karena jika rusak atau lemah atau soak maka kita tidak bisa lanjut ke proses pemeriksaan selanjutnya, jadi usahakan terlebih dahulu Akinya Bagus.
2. Skring penghubung Api aki
Jika akinya bagus dan tidak mau juga di starter maka selanjutnya periksalah Skring dan periksa juga kabel merah kiri kanan ya!!!, dan usahakan kedua sisi di kabel merah skring tersebut mengeluarkan percikan api, baik percikan api dari kiprok yang berfungsi untuk ngecas aki dan begitu juga kabel merah dari aki, harus sama-sama mengeluarkan percikan api.
3. Kabel di kunci kontak & Kunci kontaknya
Setelah poin 1&2 sudah benar pemeriksaannya dan terbukti mengeluarkan percikan api, maka proses selanjutnya adalah kabel merah yang menuju kunci kontak usahakan mengeluarkan percikan api, dan jika apinya ada posisikan kunci kontak dalam posisi ON, jika kunci kontaknya bagus maka dicolokan kabel kunci kontak atas yang berwarna coklat pasti mengeluarkan percikan api, dan apabila tidak mengeluarkan percikan api berarti kunci kontaknya rusak dan otomatis saluran api aki tidak tersambung ke otomat starter, mohon dipastikan bahwa kunci kontaknya berfungsi.
4. Saklar Stater
Proses selanjutnya jika semua poin diatas bagus adalah Saklar starter, usahakan berfungsi, paling tidaknya jika di tekan tombol starternya pada saat dihidupkan ada bunyi cetek-cetek, dan kalu ada berarti bagus saklarnya, dan jika jika tidak ada bunyi cetek-cetek, maka saklarnya rusak, dan wajib ganti.
5. Otomat Starter (bendik Starter)
Kabel yang terhubung dengan Otomat starter adalah Kabel Merah Tebal dari Aki dan Kabel merah Tebal satunya lagi yang menuju ke Dinamo Starter, di usahakan berfungsi. ada cara mengetahui Otomat starter Rusak tidaknya adalah pertama sekali adalah usahakan waktu di tekan tombol saklar starter ada bunyi cetek-cetek di otomat starter tetapi tidak mau di starter, jika itu terjadi kemungkinan otomat starternya rusak, cara mengetahuinya adalah hubungkan kabel merah tebal dari aki dengan kabel merah tebal satu lagi dari otomat starter yang menuju ke dinamo, jika berputar mesin dan berfungsi maka berarti otomat starternya rusak, otomat starternya ganti dengan yang baru, tetapi jika tidak berfungsi maka kita masuk ke proses selanjutnya.
6. Dinamo Starter Rusak
Ada beberapa alat yang ada pada dinamo starter antara lain: anker starter, cool starter, magnit starte dan ada klahar kecil, coba periksa satu persatu pasti ada yang rusak atau aus dan biasanya cool staternyalah yang sering rusak, ganti alatnya dengan yang baru dan yakinlah yang tadinya motor tersebut tidak bisa di starter, sekarang sudah bisa di starter.

Ada beberapa artikel dengan judul lainnya yang sangat bermanfaat bagi pembaca setia untuk menambah ilmu, antara lain:
1. Fungsi filter oli pada kendaraan bermotor
2. Cara Naik Motor Kopling Di segala Medan
3. Penyebab dan cara memperbaiki oli mesin motor yang tidak naik di kepala silinder

Demikianlah penjelasan bebrapa hal penyebab motor yamaha vixion mati mendadak dan tidak bisa di starter, semoga melalui artikel ini dapat membantu setiap pengendara sepeda motor vixion saat terjadi mati mendadak dan tidak bisa di stater motor tersebut.

Sekian dan semoga bermanfaat!! 

11 komentar:

  1. kalau motor megapro mendadak mati kenapa ya mas ?? Bensin masih full

    BalasHapus
  2. mas v ixion goe ketika jalan lampu depan di mati akan tiba tiba mesin lemas kaya gak ada api mas, dan kalau lampu depan di nyala kan mesin normal gak lemas lagi, kira kira apa ya masalah nya mas...????

    BalasHapus
  3. Mas....motor mio saya kelistrikannya mati total padahal aki baru ganti,tapi klakson hidup cmn harus di gas,starter mati,lampu apapun mati,speedometer sma pengukur bensin hidup.
    Gimana solusinya mas?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek sambungan sikringnya, terakhir ukur tegangan kiproknya.. Klo ngk bisa ngukurnya suruh bengkel aja

      Hapus
  4. Pas diperjalanan. Mesin tiba" mati. Tpi pas kontaknya di on of kan. Hidup lagi... Itu pnyebabnya apa y??

    BalasHapus
  5. mas motor vixion saya kalo dibuat jalan kok mesin mati sendiri ya. setelah gas dilepas nanti bisa nyala lagi. itu solusinya apa ya?

    BalasHapus
  6. Mas motor vixion saya kalau kontak on. Di starter cuma bunyi drek drek aja. Yg di dlm jok.
    Klw mesin hidup sya starter langsung mati. Kalau nyala lampu. Terangnya pun agak kurang. Apa solusinya mas?

    BalasHapus
  7. Kalau motor vixion saya lampu indikatornya nyala, langsung tiba tiba mati, tapi kadang bisa sampe sebulan 2bulan normal lagi, dan keulang lagi, itu kenapa ya mas kira kira ?

    BalasHapus
  8. Mau nanya mas.. di stater bisa tapi motor saya nggak hidup.. pengapian adabensin ada kenapa yah mohon jawaban nya

    BalasHapus
  9. Aki saya bagus sekring bgus tpi klo distarter aki lngsng lemah klo dimatiin hdupin lg nyala lg di starter lmah lgi itu apanya yh gan?

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!