Senin, 22 Agustus 2016

Proses Pemeriksaan Dan Sekaligus Cara Menghidupkan Lampu Sein Motor Yang Mati


 Pemeriksaan Lampu Sein Motor Yang Mati
Pemeriksaan Lampu Sein Motor Yang Mati
Proses pemeriksaan dan sekaligus cara menghidupkan lampu sein motor yang mati  adalah salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh setiap yang ingin menggeluti bengkel sepeda motor terkhusus mekanik bengkel motor dan sesungguhnya proses yang saya jelaskan ini pun sangat memudahkan bagi orang awam yang mau belajar bengkel dan terlebih saya garis bawahi bahwa proses yang saya jelaskan ini tidak menutup kemungkinan untuk bisa dilakukan setiap yang memiliki kendaraan bermotor pada saat mengalami kerusakan lampu sein motor yang dikendarainya tidak hidup atau mati atau kata lainnya lampu sein motor tidak berfungsi lagi.

Jujur saya katakan bahwa lampu sein untuk kendaraan bermotor sangat besar fungsinya karena akan memberikan kode atau tanda tanda peringatan pada saat mau belok kearah kiri atau kearah kanan dan dengan kendaraan kita dilengkapi dengan lampu sein merupakan salah satu hal untuk bisa mengurangi angka kecelakaan bermotor, lampu sein inilah salah satu kelengkapan kita saat mengendarai motor di jalan raya, jika lampu sein kendaraan kita tidak berfungsi atau mati maka siap-siap untuk kendaraan anda kena tilang aparat kepolisian.

Baiklah kita kembali pada inti pembahasan tentang Proses pemeriksaan dan sekaligus cara menghidupkan lampu sein motor yang mati  yang merupakan jawaban dari setiap pertanyaan-pertanyaan yang telah saya terima, dan melalui blog bengkel sepeda motor akan menguraikan satu persatu setiap proses yang dilakukan, karena saya yakin setelah anda selesai membaca  Proses pemeriksaan dan sekaligus cara menghidupkan lampu sein motor yang mati dan mempraktekkannya sesuai dengan urutan yang akan saya jelaskan di bawah ini maka saya jawab sekarang anda tidak salah baca sekarang karena 100% yang saya uraikan ini sesuai dengan pengalaman saya dalam perbengkelan motor dan anda pun bisa melakukannya.
Okey, untuk mempersingkat waktu kita langsung saja ya!!

Inilah Proses pemeriksaan dan sekaligus cara menghidupkan lampu sein motor yang mati


Proses pemeriksaan dan sekaligus cara menghidupkan lampu sein motor yang mati  antara lain:

  1. Untuk memulai proses pemeriksaan lampu sein mati, pertama sekali kunci kontak dalam posisi ON, jika akinya masih bagus maka tidak perlu dihidupkan mesin motor, tetapi kalau akinya tidak berfungsi maka mesin motor harus kita hidupin supaya prosesnya dapat kita lanjutkan.
  2. Selanjutnya, untuk mempermudah kerja kita dalam pemeriksaan lampu sein mati pada kendaraan motor tersebut kita langsung ke colokan kabel yang ada di otomat sein(FLASHER), warna kabel  colokan otomat sein jenis motor Honda, Yamaha , Suzuki berbeda-beda, untuk warna kabel di otomat sein Honda warnanya hitam      dan abu-abu     , untuk warna kabel di otomat sein Yamaha warnanya coklat      dan coklat list putih         dan untuk warna kabel di otomat sein Suzuki warnanya orange      dan coklat     , mohon kabel di colokan otomat sein tersebut di gabung ujung kabelnya supaya mempermudah kita mengetahui penyebab kerusakan lampu sein mati atau tidak berfungsi. Catatan penting : usahakan percikan api masuk di kabel colokan otomat sein(FLASHER) warna hitam      Honda, warna coklat     Yamaha, warna orange     Suzuki sudah stanbay  ada ya.
  3. Setelah kabel dicolokan otomat sein digandeng  atau digabung dan lampu seinnya hidup maka berarti otomat seinnya yang tidak berfungsi atau rusak dan tidak ada cara lain selain otomat seinnya diganti yang baru karena harganya juga tidak begitu mahal berkisar Rp 10.000 dan saya yakin jika diganti baru dan di pasang ke colokan kabel otomat seinnya langsung hidup dan hidupnya seperti lampu sein motor pada umumnya berkedip-kedip, kalau otomat seinnya tidak ada gantinya, mohon di gandeng aja dulu kabel yang tadi supaya hidup seinnya walaupun tidak berkedip-kedip. Tetapi jika tidak hidup lampu seinnya berarti bukan otomat seinya yang rusak dan sekarang kita masuk ke proses berikutnya.
  4. Proses berikutnya setelah di gandeng /di gabung kabel dari otomat sein dan tidak ada tanda-tanda kehidupan untuk lampu sein maka kita langsung ke pemeriksaan saklar sein motor tersebut. Proses pemeriksaannya sbb: buka saklarnya lalu periksa percikan api yang di saklar sein, untuk motor Honda periksa warna kabel abu-abu     di saklar sein, untuk motor Yamaha periksa warna kabel coklat list putih     , untuk motor Suzuki periksa warna kabel coklat    , jika ada percikan kabel di jenis warna kabel  tersebut sesuai dengan jenis motornya berarti kabel yang dihubungkan kesaklar melalui otomat sein berfungsi dan berarti kabelnya tidak ada yang rusak atau putus tengah, tetapi jika percikan api di warna kabel tersebut di saklar sen tidak ada berarti kabelnya ada yang putus tengah atau tidak nyambung, cara memperbaikinya : coba telusuri warna kabel tersebut dari otomat sein sampai ke saklar sein saya yakin ada yang putus tengah dan mohon di sambung bagian yang putus tersebut supaya nyambung kabelnya ke saklar sein dan jika itu penyebabnya maka otomatis lampu sein motor anda hidup. Dan jika tidak hidup juga Walaupun ada percikan apinya maka kita lanjut ke proses berikutnya.
  5. Proses berikutnya jika sudah semuanya benar seperti proses yang saya uraikan diatas dan belum hidup juga maka pemeriksaan lanjut ke kabel saklar, kabel saklar sein ada tiga dan warnanya berbeda-beda tergantung jenis motor apa, jika untuk motor Honda kabelnya warna orange     untuk saklar arah kiri, warna biru muda     arah kanan dan kabel warna abu-abu     yang berfungsi untuk menghubungkan api dari otomat sein(FLASHER), jika untuk motor yamaha kabelnya warna coklat tua     untuk saklar arah kiri, warna hijau tua     arah kanan dan kabel warna coklat lis putih      yang berfungsi untuk menghubungkan api dari otomat sein(FLASHER), jika untuk motor suzuki kabelnya warna hitam     untuk saklar arah kiri, warna hijau muda     arah kanan dan kabel warna coklat     yang berfungsi untuk menghubungkan api dari otomat sein(FLASHER). Coba gandeng kabel otomat sein tersebut ke kabel sein  saklar kiri dan kanan, jika lampu seinnya hidup berarti saklarnya yang rusak dan jika memang masih belum hidup juga maka kita masuk ke proses berikutnya karena bukan saklarnya yang rusak atau tidak berfungsi. Catatan penting jika salah satu kabelnya setelah digandeng atau disatukan ada yang hidup berarti kuningan penghubung api di saklar rusak atau aus, mohon di ampl elemen kuningan tersebut  supaya berfungsi semuanya dan kalau memang tidak bagus juga setelah dibersihkan atau di amplas atau lampu seinnya tidak juga hidup berarti mohon ganti saklar seinnya.
  6. Proses selanjutnya jika telah diperiksa sesuai yang telah saya uraikan diatas dan masih juga lampu seinnya belum hidup adalah kita masuk pada pemeriksaan ke kabel lampu seinnya dan bola lampu seinnya, ada dua kabel yang ada di colokan bola lampu sein antara lain: untuk motor Honda ada kabel massa warna hijau     kiri dan kanan dan orange     untuk lampu sein sebelah kiri dan biru mudah     untuk lampu sein sebelah kanan, untuk motor yamaha ada kabel massa warna hitam     kiri dan kanan dan coklat tua     untuk lampu sein sebelah kiri dan hijau tua     untuk lampu sein sebelah kanan, untuk motor suzuki ada kabel massa warna hitam list putih     kiri dan kanan dan dan hitam     untuk lampu sein sebelah kiri dan hijau mudah     untuk lampu sein sebelah kanan, coba periksa kabel lampu sein tersebut putus atau tidaknya, jika mengeluarkan percikan api berarti kabel seinnya bagus, tetapi jika tidak ada percikan api berarti ada kabelnya yang putus tengah antara saklar sein menuju kabel lampu sein dan begitu juga dengan kabel massanya, tolong periksa juga supaya jelas pemeriksaanya.
  7. Jika semuanya telah dilakukan dan masih juga tidak hidup lampu seinnya berarti bola seinnya yang rusak atau mati.
  8. Selamat, lampu sein motor anda hidup lagi.

Itulah  Proses pemeriksaan dan sekaligus cara menghidupkan lampu sein motor yang mati, dan saya yakin setelah pemeriksaan sesuai dengan proses diatas , maka tidak ada alasan lain lampu sein motor anda tidak hidup, silahkan klik disini untuk melihat proses dan cara pemeriksaan lampu sein motor honda dengan lengkap.

Sekian dan terimakasih Proses pemeriksaan dan sekaligus cara menghidupkan lampu sein motor yang mati, semoga artikel ini dapat membantu anda untuk menghidupkan lampu sein motor anda yang telah mati atau rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!