Kamis, 16 Maret 2017

Cara Benar Mengetahui Kampas Rem Motor Habis Tidaknya


Kampas Rem Motor
Kampas Rem Motor
Jika anda saat ini masih ragu atas kepastian habis tidaknya kampas rem motor kendaraan kesukaan anda, melalui artikel ini akan saya jelaskan cara benar mengetahui kampas rem motor habis tidaknya yang dengan mudah anda dapat mengambil kesimpulan untuk segera mengganti atau tidak menggantinya.

Sebelum saya lanjut pada cara benar mengetahui kampas rem motor habis tidaknya, perlu untuk diketahui terlebih dahulu apa fungsi kampas rem motor motor. Kampas rem motor berfungsi untuk memperhambat jalannya kendaraan bermotor, menghentikan kendaraan bermotor, menyetop kendaraan bermotor sesuai keinginan yang mengendarainya dan terakhir adalah untuk selalu awas pada laju kendaraan bermotor, dan juga cara untuk bisa terhindar dari kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Kita menyadari ada banyak orang yang mengalami kecelakaan gara-gara tidak memiliki rem motor yang berfungsi, tidak tertutup kemungkinan terjadi kecelakaan dalam situasi apapun, di jalan tikus, di jalan raya dan dimana saja. Saran saya, anda perlu selalu mengontrol fungsi rem kendaraan bermotor anda sebelum bepergian, berangkat kerja memakai sepeda motor atau mengendarai motor kesayangan anda dimana saja.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini melalui Bengkel sepeda motor, saya akan memberitahukan beberapa hal yang perlu diketahui untuk segera mengambil kesimpulan bagi setiap pengendara dan anda tentang apa cara yang benar mengetahui kampas rem motor habis tidaknya. Antera lain penjelasan yang akan saya tuang diartikel ini adalah:

  • Ciri-ciri kampas rem motor tromol belakang habis tidaknya
  • Ciri-ciri kampas rem motor cakram belakang habis tidaknya
  • Ciri-ciri kampas rem motor cakram depan habis tidaknya.

Di setiap poin-poin di atas, saya juga akan memberitahukan akibat yang terjadi jika kampas rem motor telah habis dan membiarkan begitu saja tanpa segera meggantinya. Klik disini jika ingin mengetahui Cara Ganti Kampas Rem Cakram Motor Vega ZR

Cara Benar Mengetahui Ciri-ciri Kampas Rem Motor Tromol Belakang Habis Tidaknya


Ada beberapa ciri-ciri kampas rem tromol belakang habis tidaknya, antara lain:
Kampas rem motor tromol belakang
  1. Direm tidak mau pakam atau tidak gigit lagi
  2. Setiap direm bunyi kaya tikus terjepit
  3. Di Mur setelan tiang rem sudah jauh kedalam
  4. Setiap di rem lengket (Paha rem tidak kembali ke asal)
  5. Setiap pedal rem kaki di mainkan untuk ngerem, jauh jarak fungsinya baru pakam.
Semua tentang ciri-ciri kampas rem motor tromol belakang  habis tidaknya tersebut diatas, semua bisa dilakukan pemeriksaan pada motor apa saja tanpa terkecuali, jika ciri-ciri tersebut diatas tidak ditemukan atau tidak terjadi berarti kampas rem motor tromol belakang anda masih bagus. Dan apabila anda sudah mengetahui kalau kampas rem motor kendaraan anda habis dan dibiarkan begitu saja tanpa menggantinya, maka siap-siap untuk mengeluarkan biaya yang banyak untuk menjadikan rem motor tromol belakang berfungsi secara normal. Biasanya tromol belakang motor tersebut akan habis , cacat dan ada goresan berbentuk parit di tromol bagian dalam. Untuk itu jangan tunda lagi untuk mengganti segera dan saat itu juga jika kampas rem motor tromol belakang anda telah habis.

Cara Benar Mengetahui Ciri-ciri Kampas Rem Cakram Belakang Habis Tidaknya


Untuk mengetahui ciri-ciri kampas rem cakram belakang habis, ada beberapa yang harus anda periksa dan
Kampas rem motor cakram belakang
yakinkan anda bahwa itu memang yang terjadi, antara lain:
  1. Pada saat di rem bunyi seperti suara tikus.
  2. Pada saat di rem bunyi kasar Persis bunyinya seperti ini “(kerrrrsek kerrrrsek kerrrrsek)”
  3. Dispad cakramnya tipis
  4. Waktu di rem, cakramnya tidak gigit dan tidak pakam
  5. Dispad cakramnya tinggal besinya saja
Ciri-ciri diatas sama semuanya pada cakram motor apa saja tanpa terkecuali, Dan jika hal diatas belum terjadi berarti kampas rem motor cakram belakang kendaraan anda masih bagus. Akibat yang terjadi pada kendaraan bermotor anda jika kampas rem cakram belakang habis dan dibiarkan tidak diganti yaitu piringan cakramnya termakan alias aus dan semakin tipis,kasar piringannya, dan otomatis walaupun anda mengganti kampas cakram yang baru maka yakinlah bahwa tidak akan berfungsi seperti sedia kala, dan ujung-ujungnya uang anda akan mengeluarkan biaya yang lumayan mahal untuk membeli kembali piringan cakram yang baru.

Cara Benar Mengetahui Ciri-ciri Kampas Rem Motor Cakram Depan Habis Tidaknya


Sebenarnya untuk mengetahui kampas rem motor cakram depan habis tidaknya, sama persis ciri-ciri yang
Kampas rem motor cakram depan
ada baik kelemahan yang ada dan juga akibat yang ada, jika anda sudah mengetahui ciri-cirinya pada cakram motor berarti anda lulus dalam mengetahui habis tidaknya rem motor tersebut. Antara lain:
  1. Pada saat di rem bunyi seperti suara tikus.
  2. Pada saat di rem bunyi kasar Persis bunyinya seperti ini “(kerrrrsek kerrrrsek kerrrrsek)”
  3. Dispad cakramnya tipis
  4. Waktu di rem, cakramnya tidak gigit dan tidak pakam
  5. Dispad cakramnya tinggal besinya saja
Periksalah dengan benar, dan gantilah jika memang saatnya diganti, jangan tunda dan menunggu hari yang pas karena kendaraan anda akan rusak.

Sampai disini saja postingan tentang cara benar mengetahui kampas rem motor habis tidaknya, mudah-mudahan dapat membantu anda mengambil kesimpulan yang berarti dari penjelasan ini tentang sikap dan keputusan kapan dan seperti apa anda mengganti kampas rem motor anda sebelum rusak. Jika penjelasan ini bermanfaat jangan lupa untuk beritahukan hal ini kepada yang lainnya, Terimakasih.